Layanan Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar di SMA Negeri 1 Belimbing Kabupaten Muara Enim

Authors

  • Kris Setyaningsih Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Rabial Kanada Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Ibrahim Ibrahim Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Qulsum Qulsum Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurripen.v1i2.1062

Keywords:

Layanan, Perpustakaan, Sumber belajar

Abstract

Jenis penelitian ini tergolong Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus bertujuan meningkatkan prestasi belajar matematika melalui pendekatan kontekstual pada siswa kelas VIII SMPN 1 Sungai Kakap. Subjek penelitian siswa kelas VIII SMPN 1 sebanyak 16 orang terdiri dari 10 orang laki-laki dan tujuh orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni tes dan Teknik analisis data dalam penelitian ini digunakan secara deskriptif. Siklus pertama dilakukan setelah siswa diberikan materi dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional atau metode biasa yang diterapkan oleh guru di sekolah tersebut dan siklus II siswa diberikan metode pembelajaran kontekstual. Metode ini memberikan kesempata bagi siswa untuk berperan aktif dalam pembelajaran. . Dari data yang telah diperoleh, pada pembelajaran konvensional siswa mendapatkan rata – rata nilai 54,08 dibandingkan dengan pembelajaran kontekstual yang mendapat rata – rata nilai 83.19 dan mencapai nilai diatas KKM.

References

Adib, H. S. (2016). Metodologi Penelitian. Palembang: Noerfikri.

Atmadjati, A. (2018). Layanan Prima Dalam Praktik Saat Ini. Yogyakarta: Deepublish.

Atmodiwirjo, P., & Yatmo, Y. A. (2015). Pedoman Tata Ruang Perpustakaan Sekokah/Madrasah. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI.

Bafadhal, I. (2005). Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Bafadhal, I. (2014). Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Bela, R., & Nasir, R. (2020). Mengelola Perpustakaan Sekolah. Jawa Tengah: Lakeisha.

Darmanto, P. (2020). Manajemen Perpustakaan. Jakarta: Bumi Aksara.

Darmono. (2001). Manajemen Dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah. Jakarta: PT Grasindo.

Darmono. (2007). Manajemen Dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Grasindo.

Dini, Y. (2012). Dimensi Kualitas Layanan di Perpustakaan Perguruan Tinggi (Studi Deskriptif tentang Tanggapan Pengguna terhadap Dimensi Kualitas Layanan di Perpustakaan Universitas Airlangga. Journal Universitas Airlangga, 7-8.

Fatmawati, E. (2020). Kenyamanan Ruang Perpustakaan Dengan Prinsip Green Office. Jurnal Perpustakaan Indonesia, 23.

Hasan, M. (2021). Landasan Pendidikan. Makasar: Tahta Media Group.

Hasibuan, M. (2005). Dasar-Dasar Perbankan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Irawan, O., & Mustaji. (2012). Pengelolaan Perpustakaan Sekolah Sebagai Pusat Sumber Belajar Pada Jenjang SD/MI Di Kecamatan Lamongan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2.

Irawan, O., & Mustaji. (2012). Pengelolaan Perpustakaan Sekolah Sebagai Pusat Sumber Belajar Pada Jenjang SD/MI Di Kecamatan Lamongan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2.

Jalinus, N., & Ambiyar. (2016). Media Dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Navy, A. (2013). Manajemen Sumber Belajar Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sains. Jurnal Pendidikan Humaniora, 389.

Niswati, R., Darwis, Muhammad, Andriani, Dian, Nasrullah, M., & Salam, R. (2020). Fasilitas Perpustakaan Sebagai Media Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa. Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan, 72.

Novriliam, R., & Yunaldi. (2012). Pemanfaatan Perpustakaan Sebagai Pusat Sumber Belajar. Jurnal Ilmu informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 142.

Prastia, E. (2016). Pengaruh Peranan GUru, Fasilitas perpustakaan Dan Pelayanan Pustakawan Terhadap Minat Membaca Di Perpustakaan. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 644.

Rahma, E. (2018). Akses Dan Layanan Perpustakaan Teori Dan Aplikasi. Jakarta: Prenada Media Group.

Sopwandin, I. (2021). Manajemen Perpustakaan Perguruan Tinggi. Jawa Barat: Guepedia Group.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumantri. (2008). Panduan Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sumantri, Y. S. (2009). Ilmu Dalam Perspektif: Kumpulan Karangan Tentang Hakikat Ilmu. Jakarta: Gramedia.

Suryani, I. (2017). Pengelolaan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber BelajarSiswa Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 293.

Downloads

Published

2022-10-30

How to Cite

Kris Setyaningsih, Rabial Kanada, Ibrahim Ibrahim, & Qulsum Qulsum. (2022). Layanan Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar di SMA Negeri 1 Belimbing Kabupaten Muara Enim. JURNAL RISET RUMPUN ILMU PENDIDIKAN, 1(2), 320–328. https://doi.org/10.55606/jurripen.v1i2.1062

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)