Penerapan Pembelajaran Kontekstual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi SPLDV

Authors

  • Aisah Aisah IKIP PGRI Pontianak
  • Winda Winarti IKIP PGRI Pontianak
  • Ferry Ferry IKIP PGRI Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurripen.v1i2.687

Keywords:

Pembelajaran Kontekstual, SPLDV, PTK

Abstract

Jenis penelitian ini tergolong Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus bertujuan meningkatkan prestasi belajar matematika melalui pendekatan kontekstual pada siswa kelas VIII SMPN 1 Sungai Kakap. Subjek penelitian siswa kelas VIII SMPN 1 sebanyak 16 orang terdiri dari 10 orang laki-laki dan tujuh orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni tes dan Teknik analisis data dalam penelitian ini digunakan secara deskriptif. Siklus pertama dilakukan setelah siswa diberikan materi dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional atau metode biasa yang diterapkan oleh guru di sekolah tersebut dan siklus II siswa diberikan metode pembelajaran kontekstual. Metode ini memberikan kesempata bagi siswa untuk berperan aktif dalam pembelajaran. . Dari data yang telah diperoleh, pada pembelajaran konvensional siswa mendapatkan rata – rata nilai 54,08 dibandingkan dengan pembelajaran kontekstual yang mendapat rata – rata nilai 83.19 dan mencapai nilai diatas KKM.

 

References

Alkusaeri. 2013. Pengembangan Program Pembelajaran Matematika. Banjarnegara: Yazido Press.

Ambarmaya, N., & Aini, I. N. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Pendekatan Kontekstual. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika), 485–491.

Darma, Y., & Sujadi, I. (2012). Strategi Heuristik Dengan Pendekatan Metakognitif dan Ivestasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Kreativitas Siswa Madrasah Aliyah. 50(February), 3–10.

Dimyati dan Moedjiono. 1994. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hasan, H. (2015). Kendala Yang Dihadapi Guru Dalam Proses Belajar Mengajar Matematika Di SD Negeri Gani Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Pesona Dasar, 1(4), 40–51.

Nurhadi, dkk. 2004. Penerapan Kontekstual Dan Penerapannya Dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.

Rasiman, R., & Widayanto, W. (2008). Penerapan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika pada Materi Lingkaran Bagi Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 1 Karangawen Demak tahun pelajaran 2008/2009. Aksioma: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika UPGRIS Semarang, 1(1), 176850.

Sariningsih, R. (2014). Pendekatan kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP. Infinity Journal, 3(2), 150-163.

Setyowati, R., & Purba, R. T. (2017). Peningkatan Kreativitas Siswa Kelas 4 SD melalui Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED, 7(2), 293-307.

Ulya, I. F., Irawati, R., & Maulana, M. (2016). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis dan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 121-130.

Downloads

Published

2022-10-30

How to Cite

Aisah Aisah, Winda Winarti, & Ferry Ferry. (2022). Penerapan Pembelajaran Kontekstual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi SPLDV. JURNAL RISET RUMPUN ILMU PENDIDIKAN, 1(2), 311–319. https://doi.org/10.55606/jurripen.v1i2.687

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.