Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Sepak Bola Siswa Kelas V SD

Authors

  • Ni Kadek Keriasih SD No. 8 Ungasan

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurripen.v1i2.603

Keywords:

pembelajaran kooperatif, STAD, aktivitas belajar, hasil belajar, teknik passing permainan sepak bola

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap aktivitas dan hasil belajar pada materi teknik dasar passing sepak bola bagi siswa kelas V SD. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari tahapan: (a) Observasi awal, (b) Refleksi awal, dan (c) Perencanaan dan pelaksanaan penelitian. Pelaksanaan penelitian ini dirancang dalam dua siklus, berdasarkan tahapan-tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SD No. 8 Ungasan tahun pelajaran 2021/2022 untuk materi passing pada permainan sepak bola.

References

Anggoro, Mochammad Fajar Tri dan Kristiyandaru, Advendi. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Student Teams-Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Passing Sepak Bola (Studi Pada Siswa Kelas V SDN Karanglangit Lamongan). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Volume 07 Nomor 03, hh. 463-466

Darmiyanti, Ketut Ria; Astra, I Ketut Budaya, dan Satyawan, I Made. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Sepak Sila Dalam Permainan Sepak Takraw. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha Volume 8 Nomor 3, hh. 136-145

Juniarta, I Putu; Kanca, I Nyoman; dan Putra, Adnyana. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif STAD Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Bola Voli. E-journal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Volume 7 Nomor 1.

Kanca, I Nyoman. 2010. Metode Penelitian Pengajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Jurusan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi.Fakultas Olahraga dan Kesehatan. Universitas Pendidikan Ganesha. Singaraja.

Kadry, Ridha Hartono; Hidayat, Abdul Salam; dan Setiawan, Muhammad Arif. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievment Division) Terhadap Keterampilan Passing Sepakbola. Jurnal Literasi Olahraga Volume 2 Nomor 2, hh. 126-134

Nurhadi, dkk. 2004. Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL dan penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.

Slavin, Robert E. 2005. Cooperative Learning. Teori, Riset, and Praktik Bandung: Penerbit Nusa Media

Sudikin, dkk. 2002. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas: Penerbit Insan Cendekia

Suparmini, Made. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar. Journal of Education Action Research Volume 5, Nomor 1, hh. 67-73

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta. Prestasi Pustaka.

Downloads

Published

2022-10-15

How to Cite

Keriasih, N. K. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Sepak Bola Siswa Kelas V SD. JURNAL RISET RUMPUN ILMU PENDIDIKAN, 1(2), 284–291. https://doi.org/10.55606/jurripen.v1i2.603

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.