Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Sepak Bola Siswa Kelas V SD
DOI:
https://doi.org/10.55606/jurripen.v1i2.603Keywords:
pembelajaran kooperatif, STAD, aktivitas belajar, hasil belajar, teknik passing permainan sepak bolaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap aktivitas dan hasil belajar pada materi teknik dasar passing sepak bola bagi siswa kelas V SD. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari tahapan: (a) Observasi awal, (b) Refleksi awal, dan (c) Perencanaan dan pelaksanaan penelitian. Pelaksanaan penelitian ini dirancang dalam dua siklus, berdasarkan tahapan-tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SD No. 8 Ungasan tahun pelajaran 2021/2022 untuk materi passing pada permainan sepak bola.
References
Anggoro, Mochammad Fajar Tri dan Kristiyandaru, Advendi. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Student Teams-Achievement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar Passing Sepak Bola (Studi Pada Siswa Kelas V SDN Karanglangit Lamongan). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Volume 07 Nomor 03, hh. 463-466
Darmiyanti, Ketut Ria; Astra, I Ketut Budaya, dan Satyawan, I Made. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Sepak Sila Dalam Permainan Sepak Takraw. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha Volume 8 Nomor 3, hh. 136-145
Juniarta, I Putu; Kanca, I Nyoman; dan Putra, Adnyana. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif STAD Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Teknik Dasar Passing Bola Voli. E-journal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Volume 7 Nomor 1.
Kanca, I Nyoman. 2010. Metode Penelitian Pengajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Jurusan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi.Fakultas Olahraga dan Kesehatan. Universitas Pendidikan Ganesha. Singaraja.
Kadry, Ridha Hartono; Hidayat, Abdul Salam; dan Setiawan, Muhammad Arif. 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievment Division) Terhadap Keterampilan Passing Sepakbola. Jurnal Literasi Olahraga Volume 2 Nomor 2, hh. 126-134
Nurhadi, dkk. 2004. Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL dan penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.
Slavin, Robert E. 2005. Cooperative Learning. Teori, Riset, and Praktik Bandung: Penerbit Nusa Media
Sudikin, dkk. 2002. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas: Penerbit Insan Cendekia
Suparmini, Made. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar. Journal of Education Action Research Volume 5, Nomor 1, hh. 67-73
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta. Prestasi Pustaka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 JURNAL RISET RUMPUN ILMU PENDIDIKAN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.