Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt (Teams Games Tournament) Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ppkn Pada Siswa Kelas X Mipa 1 Sma Negeri 1 Ngrayun Ponorogo Semester I Tahun Pelajaran 2018/2019

Authors

  • Wahyuni SMA Negeri 1 Ngrayun Ponorogo, Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurripen.v1i1.1014

Keywords:

Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT

Abstract

Kenyataan yang terjadi pada Kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Ngrayun Ponorogo yaitu siswa mengobrol bersama teman sebangkunya, siswa memainkan pensil yang diputar- putar dan sesekali menggambar di buku catatannya, maka sangatlah perlu dilakukan perubahan model pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang berbasis sosial adalah model pembelajaran kooperatif Tipe TGT. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatife tipe TGT (Teams Games Tournament) dapat meningkatkan hasil belajar pada materi kedudukan warga negara dan penduduk Indonesia  di  SMA Negeri 1 Ngrayun Ponorogo ?” Rancangan penelitian yang akan dilakukan adalah menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode yang pengumpulan data melalui   tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah: (1) reduksi data, (2) penyajian data, (3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitiannya adalah: setelah dilakukan tindakan dengan menerapkan  pembelajaran  kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament)  siswa Kelas X MIPA 1  SMA Negeri 1 Ngrayun Ponorogo  perubahan hasil belajar siswa dapat dilihat dari hasil belajarnya yang cenderung meningkat dan hasil observasi aktivitas siswa. Hal itu dapat dilihat dari hasil observasi bahwa aktivitas siswa pada siklus I sebesar 66.66%, sedangkan pada siklus II sebesar 82.5%. Dengan demikian, berarti pada siklus II hasil belajar siswa sudah meningkat dibanding dengan siklus I. Hal ini juda dibuktikan dengan perolehan hasil belajar siswa pada tes pra tindakan, siklus I dan siklus II. Nilai taraf keberhasilan mengalami perubahan yang cenderung meningkat dari 60.41 pada pra tindakan, meningkat 70.63 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 84.79 pada siklus II. Dengan demikian, penerapan  pembelajaran  kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament)  dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Matematika di  Kelas X MIPA 1  SMA Negeri 1 Ngrayun Ponorogo.

References

Anariyana. (2019). Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Trigonometri Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Siswa Kelas Xii Ipa 4 Sman 3 Kotabumi Tahun Pelajaran 2018—2019. Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical, 44(8), 1–4. https://doi.org/10.1088/1751-8113/44/8/085201

Andriani, T. (2015). Sistem Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Sosial Budaya: Media Komunikasi Ilmu-ilmu Sosial dan Budaya, 12(1), 127–150.

Fitri, A. Z., & Haryanti, N. (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, Mixed method dan Research and Development. Malang: Madani Media.

Gusnita, Melisa, & Delyana, H. (2021). Kemandirian Belajar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Square (TPSQ). Jurnal BSIS, 3(2), 286–296. Diambil dari https://journal.upp.ac.id/index.php/absis/article/download/645/539

Haryanti, N. (2014). Ilmu Pendidikan islam. Malang: Gunung Samudera.

Haryanti, N., & Hidayati, Y. (2022). Inovasi Model Aplikasi Pembelajaran Online Daring di Sekolah. Purbalingga: Eurika Media Aksara.

Haryanti, N., Muhibbudin, & Junaris, I. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa ( Disleksia dan Disgrafia ) di Masa. Journal of Instructional and Development Researches, 2(1), 7–16.

Istarani, & Muhammad, R. (2014). 50 Tipe Pembelajaran Kooperatif. Medan: Media Persada.

Nurdyansyah, N., & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran. Sidoarjo: Learning Center.

Rohana, S. (2020). Model Pembelajaran Daring Pasca Pandemi Covid-19. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 192. https://doi.org/10.47498/tadib.v12i02.441

Rusman. (2010). Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Sari, A. P. A. (2019). Analisis Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran PPKN Untuk Mengembangkan Karakter Siswa Kelas IV SDN 4 Depok Kabupaten Grobogan, i–251. https://lib.unnes.ac.id/35139/1/

Slavin, R. E. (2005). Cooperative Learning; Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusamba.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R & D. Bandung: Alfabeta.

Sulistio, A., & Haryanti, N. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif. Purbalingga: Eurika Media Aksara.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2022-04-28

How to Cite

Wahyuni. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt (Teams Games Tournament) Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ppkn Pada Siswa Kelas X Mipa 1 Sma Negeri 1 Ngrayun Ponorogo Semester I Tahun Pelajaran 2018/2019. JURNAL RISET RUMPUN ILMU PENDIDIKAN, 1(1), 151–175. https://doi.org/10.55606/jurripen.v1i1.1014

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.