STRATEGI BLENDED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA NEW NORMAL

Authors

  • Awik Septyani UIN SATU Tulungagung
  • Agus Zaenul Fitri UIN SATU Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurripen.v1i2.360

Keywords:

Blended Learning, Hasil Belajar, New Normal.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pengorganisasian, penyampaian dan pengelolaan  blended learning  dalam meningkatkan hasil belajar   Pendidikan Agama Islam di Era New Normal di   SMAN 1 Trenggalek dan SMAN 2 Trenggalek. Pada penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dan studi multi situs. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: 1). wawancara, (2). observasi, (3). dokumentasi. Data yang terkumpul melalui ketiga teknik tersebut dianalisis dari situs tunggal dan analisis lintas kasus. Pada saat pengumpulan data, data yang telah diperoleh diuji dengan menggunakan metode triangulasi dan ketekunan pengamatan dan keabsahan data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa   1) Strategi pengorganisasian  blended learning  dalam meningkatkan hasil belajar   Pendidikan Agama Islam di Era New Normal   dilakukan dengan     a)  Strategi pengorganisasian  mikro dilakukan dengan metode pengorganisasian isi pembelajaran pada   Perencanaan penerapan metode blended learning meliputi perencanaan materi pembelajaran, memilih model pembelajaran yang tepat, pembuatan kelompok belajar dan perencanaan penataan kelas. b) Strategi pengorganisasian makro pembelajaran blended learning dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dilakukan dengan  membuat RPP, Promes,  Prota, silabus dan perencanaan-perencanaan lain. 2) Strategi   penyampaian   blended learning    dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam  di Era New Normal Normal   di   SMAN 1 Trenggalek dan SMAN 2 Trenggalek yang dilakukan secara daring dan luring. a) Strategi   penyampaian    secara daring dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam  di Era New Normal dilaksanakan dengan  guru menyampaikannya dengan menggunakan aplikasi model, dimana saat kegiatan berlangsung menggunakan aplikasi model. b) Strategi   penyampaian    secara luring dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam  di Era New Normal dilakukan dengan   menggunakan metode diskusi dan metode ceramah, serta dengan menggunakan alat bantu pembelajaran berupa LCD, video animasi, dan sumber belajar berupa buku paket ataupun LKS,   3) Strategi pengelolaan blended learning  dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam di Era New Normal   Normal   di   SMAN 1 Trenggalek dan SMAN 2 Trenggalek dilakukan   guru   dengan membuat catatan-catatan yang berisi tentang nilai-nilai dari keseharian siswa dan ada juga catatan yang diambil dari ulangan-ulangan siswa itu sendiri, penjadualan penggunaan strategi pembelajaran, pembuatan catatan kemajuan belajar siswa, pengelolaan motivasional  dan kontrol belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Majid, Strategi Pembelajaran, Bandung: PT Remaja Rosda Karya 2013

Abu Ahmadi dan Joko Tri Prasetyo, Strategi belajar Mengajar Bandung: Pustaka Setia, 2017

Anissatul Mufarokah, Strategi dan model-model pembelajaran, Tulungagung: STAIN Tulungagung Pres,2013

Ayusi Perdana Putri dkk, Strategi Pembelajaran Melalui Daring Dan Luring Selama Pandemi Covid-19 Di SD Negeri Sugihan 03 Bendosari, Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 2 No. 1, April 2021

Basori, Efektifitas Komunikasi Pembelajaranonline Dengan Menggunakan Media E-Learning Pada Perkuliahanbody Otomotif, JIPTEK, Vol. VII No.2, Juli 2014

Bogdan dan Taylor, Introduction to Qualitatif Research Methods: Aphenomenologikal approach to the social sciences, New York: John Willy & Sons, 1982

H.B Sutopo, pengumpulan dan pengolahan Data dalam Penelitian Kualitatif dalam (Metodelogi Penelitian Kualitatif: Tinjauan Teoritis dan Praktis), Malang:Lembaga Penelitian Universitas Islam Malang, tt

Husamah. Pembelajaran Bauran (Blended learning ). (Jakarta: Prestasi Pustaka. Raya, 2014) 16

Husamah. Pembelajaran Bauran (Blended learning ). Jakarta: Prestasi Pustaka. Raya, 2014

Jarome S. Arcaro, Pendidikan Berbasis Mutu, Jakarta: Yogyakarta, 2007

Kunandar, Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2012 .

Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006

Marzuki, Metodologi Riset, Yogyakarta: BPFE-UII, 1991 .

Munir. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta, 2010

Noeng Muhajir, Ilmu Pendidikan dan Perubahan Sosial: Teori Pendidikan Pelaku Sosial Kreatif Yogyakarta: Rake Sarasin, 2010

R.K. Yin, Studi Kasus: Desain dan Metode ,Edisi Bahasa Indonesia, Jakarta: Raja Grafindo, 2002

S. Margono, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, Cet V, 2005

Sugiono, Metode Penelitian Adminitrasi Dilengkapi dengan Metode R & D, (Bandung: Alfabeta, 2006

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D Bandung: Alfabeta, 2010

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta, 1993

Suhartono. Menggagas Pendekatan Blended learning di Sekolah Dasar. Jurnal Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru VIII, Universitas Terbuka Convention Center, UPBJJ -UT Semarang 26 November 2016, 547

Sulihin B. Sjukur, Pengaruh Blended learning Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Bealajar Siswa Tingkat SMK, Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 2, Nomor 3, 2012, 371

Suratno Arsyad Lincoln, Metodologi Penelitian Untuk Ekonomi dan Bisnis, Yogyakarta: UPP AMPYKPN,1995

Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar Jakarta: Rineka Cipta, 2017

Syaiful Bahri Djamaroh, Aswan Zain. Strategi Belajar Mengajar Jakarta: Rineka cipta. 2012

Taufiq Nur Azis, Strategi Pembelajaran Era Digital, Jurnal Islamisasi Ilmu Pengetahuan di Era Revolusi Industri 4.0 Vol 1 No 2 (2019

Wasis D. Dwiyogo. Pembelajaran Berbasis Blended learning . Depok: Raja Grafindo Persada, 2018

Y.S. Lincoln & Guban E.G., Naturalistic Inqueiry, Beverly Hill: SAGE Publication. Inc, 1985

Yatim Riyanto, Metodologi Penelitian Pendidikan, Surabaya: Penerbit SIC, 2002

Downloads

Published

2022-09-28

How to Cite

Awik Septyani, & Agus Zaenul Fitri. (2022). STRATEGI BLENDED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA NEW NORMAL . JURNAL RISET RUMPUN ILMU PENDIDIKAN, 1(2), 179–193. https://doi.org/10.55606/jurripen.v1i2.360

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.