Penggunaan Edmodo Dalam Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Biologi

Authors

  • Asmuri Asmuri SMPN 2 Gondang
  • Moh Gufron Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurripen.v2i1.1001

Keywords:

Pembelajaran Biologi, Edmodo, Daring

Abstract

Pandemi Covid-19 memiliki dampak yang signifikan pada kehidupan masyarakat Indonesia, salah satunya adalah di aspek pendidikan, pandemi Covid-19 ini mendorong pemerintah untuk mengeluarkan kebijakan pelaksanaan pembelajaran di Indonesia yang harus dilakukan secara online atau jarak jauh.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 di SMP Negeri 2 Gondang tepatnya pada kelas IX.

Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian fenomenologi, yang mendeskripsikan segala bentuk tindakan dan juga fenomena yang dilakukan oleh subjek yang diteliti dalam pelaksanaan pembelajaran daring, Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring di SMP Negeri 2 Gondang kelas IX sudah terlaksana cukup baik, peserta didik dan guru sudah memiliki peralatan dasar yang diperlukan, hal itu menggambarkan kesiapan pelaksanaan pembelajaran daring. Dalam pelaksanaan pembelajaran daring, guru menerapkan RPP dan melaksanakan pembelajaran dengan baik yaitu menggunakan media pembelajaran, strategi, metode dan pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan peserta didik. Pembelajaran online fleksibel dalam pelaksanaannya dan dapat mendorong guru untuk mengajar lebih kreatif, dan siswa juga harus mandiri dan termotivasi untuk belajar lebih aktif.

References

Ananda, Rusydi. 2019. Perencanaan Pembelajaran. Medan: LPPI

Anggraini, Silvia. 2018. Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru dalam Membuka dan Menutup Pelajaran Terhadap Minat Belajar Siswa SMK Negeri 1 Beringin. Medan: UIN Sumatera Utara

Aslami, Nuri. 2020. Potensi E-Learning Melalui Sistem Kuliah Online dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Prodi Manajemen. Skripsi. Medan: UIN Sumatera Utara

Barlian, Eri. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Padang: Sukabina

Fathiyah Isbaniah dkk. 2020. Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease (Covid-19). Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Hardani dkk. 2020. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu

Hayati, Sri. 2016. Belajar dan Pembelajaran Kooperatif Learning. Magelang: Graha Cendekia

Jaya, Farida 2019. Perencanaan Pembelajaran, Medan: UINS

Kuntarto, Eko. 2017. Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Vol. 3 No 1 Desember 2017. Jambi: Universitas Jambi

Naway, Fory.A. 2016. Strategi Pengelolaan Pembelajaran. Gorontalo: Ideas Publishing

Nurdyansyah dan Eni Fahyuni. 2016). Inovasi Model Pembelajaran, Sidoarjo: Nizamia Learning Center https//: kemdikbud.go.id

Rigianti, Henry Aditya. 2020. Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Banjar Negara. Volume 7 nomor 2 Juli 2020 . Jakarta: Universitas PGRI

Rohani. 2019. Media Pembelajaran. Medan: UINSU

Sadikin, Ali dan Afreni Hamidah. 2020. Pembelajaran Daring pada Masa Pendemi Covid-19. Jambi: Universitas Jambi

Safrizal dkk, 2020. Pedoman Menghadapi Pandemi Covid-19 Bagi Pemerintah Daerah, Jakarta: Tim Kerja Menteri Dalam Negeri

Siahaan, Amiruddin dan Rahmat Hidayat. 2017. Konsep-Konsep Keguruan dalam Pendidikan Islam. Medan: LPPI

Sidiq, Umar dan Moh. Miftachul Choiri. 2019. Metodologi Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan, Ponorogo: Binatakarya

Usiono. 2016. Pancasila dan Kewarganegaraan. Medan: Perdana Publishing

World Health Organization “Pertanyaan dan Jawaban terkait Virus Corona” www.who.int (diakses pada 21 Agustus 2021)

Downloads

Published

2023-03-20

How to Cite

Asmuri Asmuri, & Moh Gufron. (2023). Penggunaan Edmodo Dalam Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Biologi. JURNAL RISET RUMPUN ILMU PENDIDIKAN, 2(1), 151–158. https://doi.org/10.55606/jurripen.v2i1.1001

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.