Penggunaan Edmodo Dalam Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Biologi
DOI:
https://doi.org/10.55606/jurripen.v2i1.1001Keywords:
Pembelajaran Biologi, Edmodo, DaringAbstract
Pandemi Covid-19 memiliki dampak yang signifikan pada kehidupan masyarakat Indonesia, salah satunya adalah di aspek pendidikan, pandemi Covid-19 ini mendorong pemerintah untuk mengeluarkan kebijakan pelaksanaan pembelajaran di Indonesia yang harus dilakukan secara online atau jarak jauh.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 di SMP Negeri 2 Gondang tepatnya pada kelas IX.
Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian fenomenologi, yang mendeskripsikan segala bentuk tindakan dan juga fenomena yang dilakukan oleh subjek yang diteliti dalam pelaksanaan pembelajaran daring, Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring di SMP Negeri 2 Gondang kelas IX sudah terlaksana cukup baik, peserta didik dan guru sudah memiliki peralatan dasar yang diperlukan, hal itu menggambarkan kesiapan pelaksanaan pembelajaran daring. Dalam pelaksanaan pembelajaran daring, guru menerapkan RPP dan melaksanakan pembelajaran dengan baik yaitu menggunakan media pembelajaran, strategi, metode dan pendekatan pembelajaran yang disesuaikan dengan peserta didik. Pembelajaran online fleksibel dalam pelaksanaannya dan dapat mendorong guru untuk mengajar lebih kreatif, dan siswa juga harus mandiri dan termotivasi untuk belajar lebih aktif.
References
Ananda, Rusydi. 2019. Perencanaan Pembelajaran. Medan: LPPI
Anggraini, Silvia. 2018. Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru dalam Membuka dan Menutup Pelajaran Terhadap Minat Belajar Siswa SMK Negeri 1 Beringin. Medan: UIN Sumatera Utara
Aslami, Nuri. 2020. Potensi E-Learning Melalui Sistem Kuliah Online dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Prodi Manajemen. Skripsi. Medan: UIN Sumatera Utara
Barlian, Eri. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Padang: Sukabina
Fathiyah Isbaniah dkk. 2020. Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease (Covid-19). Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.
Hardani dkk. 2020. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu
Hayati, Sri. 2016. Belajar dan Pembelajaran Kooperatif Learning. Magelang: Graha Cendekia
Jaya, Farida 2019. Perencanaan Pembelajaran, Medan: UINS
Kuntarto, Eko. 2017. Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Vol. 3 No 1 Desember 2017. Jambi: Universitas Jambi
Naway, Fory.A. 2016. Strategi Pengelolaan Pembelajaran. Gorontalo: Ideas Publishing
Nurdyansyah dan Eni Fahyuni. 2016). Inovasi Model Pembelajaran, Sidoarjo: Nizamia Learning Center https//: kemdikbud.go.id
Rigianti, Henry Aditya. 2020. Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Banjar Negara. Volume 7 nomor 2 Juli 2020 . Jakarta: Universitas PGRI
Rohani. 2019. Media Pembelajaran. Medan: UINSU
Sadikin, Ali dan Afreni Hamidah. 2020. Pembelajaran Daring pada Masa Pendemi Covid-19. Jambi: Universitas Jambi
Safrizal dkk, 2020. Pedoman Menghadapi Pandemi Covid-19 Bagi Pemerintah Daerah, Jakarta: Tim Kerja Menteri Dalam Negeri
Siahaan, Amiruddin dan Rahmat Hidayat. 2017. Konsep-Konsep Keguruan dalam Pendidikan Islam. Medan: LPPI
Sidiq, Umar dan Moh. Miftachul Choiri. 2019. Metodologi Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan, Ponorogo: Binatakarya
Usiono. 2016. Pancasila dan Kewarganegaraan. Medan: Perdana Publishing
World Health Organization “Pertanyaan dan Jawaban terkait Virus Corona” www.who.int (diakses pada 21 Agustus 2021)