KEANEKARAGAMAN TANAMAN HIAS DI DESA KEDOKANBUNDER SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA KELAS X

Authors

  • Ulinniam Ulinniam STKIP Pangeran Dharma Kusuma Segeran Juntinyuat Indramayu
  • Indra Drajat Sopwan STKIP Pangeran Dharma Kusuma Segeran Juntinyuat Indramayu
  • Ahmad Muhaemin SMK Yabujah Segeran

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurripen.v1i2.351

Keywords:

Ensiklopedia, Kedokanbunder, Tanaman Hias

Abstract

Sumber belajar sangatlah penting dalam proses belajar di sekolah.  Desa Kedokanbunder memiliki keanekaragaman tanaman hias yang bisa digunakan sebagai sumber belajar materi keanekaragaman hayati biologi SMA kelas X. Untuk bisa digunakan sebagai sumber belajar perlu dikemas dalam sebuah buku berbentuk ensiklopedia yang berisi berbagai jenis tanaman hias. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman tanaman hias di desa Kedokanbunder dan mengimplementasikannya dalam sebuah buku berbentuk ensiklopedia. Metode penelitian ini mixed methods yaitu metode campuran menggunakan pendekatan penelitian yang mengombinasikan atau mengasosiasikan bentuk kualitatif dan bentuk kuantitatif. Untuk menghitung keanekaragaman yaitu menggunakan rumus Shannom-Wienner, hasil kenaekaragaman tanaman hias di desa Kedokanbunder menunjukan angka 2,5 yang masuk dalam kategori keanekaragaman sedang. Data yang peneliti temukan dikemas dalam sebuah ensiklopedia, untuk mengetahui kelayakan ensiklopedia sebagai sumber belajar, peneliti menggunakan angket kepada 4 validator sebagai ahli materi dan ahli bahasa, hasilnya semua validator menyatakan ensiklopedia ini layak digunakan dengan indikator nilai: validator 1 dosen biologi baik/68%, validator 2 dosen biologi sangat baik/86%, validator 3 guru biologi sangat baik/84% dan validator 4 guru bahasa Indonesia sangat baik/93%.

References

Creswell, John W. 2013. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Edisi 3. Terjemahan Achmad Fawaid. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fitria. 2019. Perancangan Aplikasi Ensiklopedia Ilmuwan Islam Berbasis Android dengan Metode Crochemore Perrin. Jurnal Sistem Komputer dan Informatika (JSON). STMIK Budi Darma Medan. Vol. 1, Nomor 1 (hal.1-4).

Kementrian Pertanian. 2010. Bisnis tanaman hias modal 500ribu. Jakarta: Kementrian Pertanian.

Noorvytawati, S.P. 2020. Agribisnis Tanaman Hias SMK/MAK Kelas XI. Malang: PT Kuantum Buku Sejahtera.

Nuraida, Dede & Nisa, Umi Mahmudatun. 2017. Pengembangan Ensiklopedia Morfologi, Anatomi dan Fisiologi pada Tumbuhan Berkarakter Khusus. Proceeding Biology Education Conference. Universitas PGRI Ronggolawe Tuban Vol. 14 Nomor 1. Hal 503-507.

S, Samsinar. 2019. Urgensi Learning Resources (Sumber Belajar) dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Dalam Didaktika Jurnal Kependidikan. IAIN Bone. Vol.13 Nomor 2.

Suhirman. 2018. Pengelolaan Sumber Belajar Dalam Meningkatkan Pemahaman Peserta didik. Journal Of Early Childhood Islamic Education. IAIN Bengkulu. Vol. 2 Nomor 1.

Werdhaningsih, Hendriana dkk. 2017. Prakarya dan Kewirausahaan. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Downloads

Published

2022-09-24

How to Cite

Ulinniam Ulinniam, Indra Drajat Sopwan, & Ahmad Muhaemin. (2022). KEANEKARAGAMAN TANAMAN HIAS DI DESA KEDOKANBUNDER SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI SISWA SMA KELAS X. JURNAL RISET RUMPUN ILMU PENDIDIKAN, 1(2), 151–161. https://doi.org/10.55606/jurripen.v1i2.351