Upaya Meningkatkan Metakognisi Siswa Melalui Metode E-Learning Di Era 5.0 Pada Mata Pelajaran Alquran Hadist Kelas VIII MTS PPM Al-Fath Desa Air Hitam

Authors

  • Rizki Maulana STAI Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat
  • Satria Wiguna STAI Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat
  • Nurmisda Ramayani STAI Jam’iyah Mahmudiyah Tanjung Pura Langkat

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurripen.v1i2.623

Keywords:

Metakognisi Siswa, Metode E-Learning

Abstract

Permasalahan penelitian menujukkan kepada guru Al-Qur’an hadist yang sudah menerapkan kurikulum 2013 dengan pendekatan E-Learning, namun guru tersebut cenderung hanya memperoleh hasil kognitif dari siswa dan bukan mengarah kepada soal-soal metakognitif, sehingga hasil nilai kognitif siswa di sekolah tersebut masih berada di bawah KKM yaitu 75. Jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus dan untuk tiap siklusnya terdiri dari empat tahapan diantaranya perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Metode Pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan Tes. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII dengan jumlah siswa 29 siswa. Hasil penelitian bahwa hasil analisis penelitian yang didapat, maka akan disimpulkan bahwa penggunaan metode e-larning 5.0 dapat meningkatkan metakognisi siswa khususnya mata pelajaran A-qur’an hadist. Hal ini terbukti pada pra siklus dengan nilai rata-rata 51 kemudian meningkat pada siklus I dengan nilai rata-rata 66.20 kemudian meningkat lagi pada siklus II dengan nilai rata-rata 80. Sedangkan ketuntasan hasil belajar siswa pada pra siklus 21% sedangkan pada siklus I adalah 59% kemudian meningkat lagi pada siklus II yaitu 90%. Selain meningkatkan metakognisis siswa aktivitas guru juga membantu membimbing dan mengambil kesimpulan dari materi pelajaran. Sedangkan aktivitas siswa, siswa dapat memperhatikan penjelasan guru selama proses pembelajaran berlangsung, siswa aktif dalam mengajukan pertanyaan dan menjawab pertanyaan guru.

 

 

References

Abidin. “Metakognisi Mahasiswa dalam Memahami Hakikat Belajar.” Jurnal Riset Pendidikan, 2019: Vol 1,No.1, Hlm,11-19.

Edmodo. “Ditinjau Dari Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa SMK.” Journal Electronics, Informatics, and Vocational Education, 2019: vol 2 No 1.

Dini Siswani, M., & Suwarno. (2016). PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Dengan Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Dan Penulisan Artikel Ilmiah Di SD Negeri Kalisube, Banyumas. Khazanah Pendidikan Jurnal Ilmiah Kependidikan, IX(2), 11.

Salim dan Syahrum. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Satria Wiguna, A. D. (2021). Jurnal Dirosah Islamiyah Kontribusi Pemikiran Pendidikan Az-Zarnuji Dalam Kitab Jurnal Dirosah Islamiyah. Jurnal Dirosah Islamiyah, 3, 420–427. https://doi.org/10.17467/jdi.v3i3.576

Sulastyaningrum, R., Martono, T., & Wahyono, B. (2019). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Peserta Didik Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Bulu Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi, 4(2), 1–19.

Suryana, S., Syarifah, N., & Ramadhani, F. (2021). Prosiding Seminar Nasional SMIPT 2021 Sinergitas Multidisiplin Ilmu Pengetahuan dan Teknologi , vol . 4 , nol . 1 , 2021 ISSN : 2622-0520 Pemanfaatan Mendeley dalam Penulisan Karya Tulis Ilmiah Prosiding Seminar Nasional SMIPT 2021 Sinergitas Multidisiplin Ilmu Pengetahuan dan Teknologi , vol . 4 , nol . 1 , 2021. 4, 209–217.

Wiguna, S. (2019). Implementasi Methodbuzz Group Dalam Hasil Belajarluring Akidah Akhlak Di Kelas Viii Mtsmiftahul Jannah Tanjung Pura. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 1, 150–161. https://doi.org/10.47476/reslaj.v1i2.373

Wiguna, S. (2021). Aplikasi anates dalam evaluasi pembelajaran. CV. Pena Persada.

Downloads

Published

2022-10-28

How to Cite

Rizki Maulana, Satria Wiguna, & Nurmisda Ramayani. (2022). Upaya Meningkatkan Metakognisi Siswa Melalui Metode E-Learning Di Era 5.0 Pada Mata Pelajaran Alquran Hadist Kelas VIII MTS PPM Al-Fath Desa Air Hitam. JURNAL RISET RUMPUN ILMU PENDIDIKAN, 1(2), 302–310. https://doi.org/10.55606/jurripen.v1i2.623

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.