Pengembangan E-Modul Interaktif berbasis Android Bagi Dosen dan Mahasiswa Program Studi Tadris Bahasa Inggris IAIN Sultan Amai Gorontalo

Authors

  • La Aba IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia
  • Abdul Kadir Ismail IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia
  • Nur wahidah thayib pido IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia
  • Feriyanto Adolof IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurripen.v1i2.368

Keywords:

Perkembangan Teknologi, Perkembangan.

Abstract

Perkembangan teknologi yang begitu cepat dan massive saat ini tidak dapat dihindari lagi. Setiap lini kehidupan saat ini tidak dapat dipisahkan dengan perkembangan berbagai jenis teknologi bahkan cenderung terjadi kecanduan oleh berbagai latar penggunanya. Integrasi teknologi yang dahulu diprediksi merusak sistem pendidikan oleh beberapa kalangan, justru hari ini menjadi tandem sejati yang turut dimanfaatkan oleh pelaku pendidikan itu sendiri. Sumber belajar dalam konteks penelitian ini adalah segala informasi belajar yang berkaitan dengan kajian kebahasaan dan atau pendidikan bahasa Inggris dalam pengertian yang lebih spesifik. Sumber belajar menurut Manoharan (2018) adalah para pengajar itu sendiri dan materi ajar baik berupa buku teks pelajaran atau sumber bacaan lainnya. Sumber belajar adalah segala hal yang bisa memberikan informasi mengenai proses belajar dan mengajar. Jenis penelitian ini adalah Research and Development atau R&D. Menurut Sugiyono, “R&D” sebagai penelitian yang menghasilkan produk pada akhir penelitianya dan kemudian menguji tingkat keefektifan produk tersebut. Penelitian dan pengembangan mengacu pada tahap penyelidikan serta eksperimen untuk dapat menciptakan sebuah produk baru atau untuk memperbaiki produk yang sudah ada sebelumnya, sehingga menjadi produk baru dan lebih unggul. Pembelajaranmenggunakan bahan ajar e-modul interaktif berbasis Flip Pdf Professional dilakukan pada jurusan Tadris Bahasa Inggris (TBI). Penelitian ini menggambarkan proses pembuatan e-modul menggunakan Flip Profesional PDF. Flip pdf professional adalah media interaktif yang dapat dengan mudah menambahkan berbagai jenis tipe media animatif ke dalam flipbook. Hanya dengan drag, drop atau klik, kita dapat menyisipkan video youtube, hyperlink, teks animatif, gambar, audio dan flash ke dalam flipbook

References

Astalini, Darmaji, Kurniawan, W., Anwar, K., & Kurniawan, D. A. (2019). Effectiveness of using e-module and e-assessment. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 13(9). https://doi.org/10.3991/ijim.v13i09.11016

Chun, D., Smith, B., & Kern, R. (2016). Technology in Language Use, Language Teaching, and Language Learning. Modern Language Journal. https://doi.org/10.1111/modl.12302

Darmaji, Astalini, Kurniawan, D. A., Parasdila, H., Iridianti, Susbiyanto, Kuswanto, & Ikhlas, M. (2019). E-Module based problem solving in basic physics practicum for science process skills. International Journal of Online and Biomedical Engineering, 15(15). https://doi.org/10.3991/ijoe.v15i15.10942

Febrianti, K. V., Bakri, F., & Nasbey, H. (2017). Pengembangan Modul Digital Fisika Berbasis Discovery. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika, 2(2).

Febro, J. D., Catindig, M. A. C., & Caparida, L. T. (2020). Development of e- learning module for ICT skills of marginalized women and girls for ICT4D. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 15(16). https://doi.org/10.3991/ijet.v15i16.14929

Gardner, D., & Miller, L. (2010). Beliefs about Self-Access Learning: Reflections on 15 years of change. Studies in Self-Access Learning Journal. https://doi.org/10.37237/010302

Han, Y. (2019). Exploring multimedia, mobile learning, and place-based learning in linguacultural education. Language Learning and Technology, 23(3), 29– 38.

Hasan, J. R., Habibie, A., & Ismail, A. K. (2019). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERUPA MODUL BASICS ENGLISH GRAMMAR UNTUK MAHASISWA TADRIS BAHASA INGGRIS FITK IAIN SULTAN AMAI

GORONTALO. Al-Lisan, 4(1). https://doi.org/10.30603/al.v4i1.607

Lubis, M. S., Ramadhan, S., & Juita, N. (2015). DEVELOPING A MIND MAPPING ASSISTED INDONESIAN LANGUAGE LEARNING MODULE AS MATERIAL FOR WRITING PAPER AT GRADE XI

SENIOR HIGH SCHOOLS. Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, Dan Seni, 16(1). https://doi.org/10.24036/komposisi.v16i1.7598

Mamun, M. A. Al, Lawrie, G., & Wright, T. (2020). Instructional design of scaffolded online learning modules for self-directed and inquiry-based learning environments. Computers and Education, 144. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103695

Manoharan, A., & Srinivasan, R. (2018). Harnessing open source digital tools of english language learning for engineering levels students. International Journal of Mechanical Engineering and Technology, 9(1).

Perdana, F. A., Sarwanto, S., Sukarmin, S., & Sujadi, I. (2017). Development of e-module combining science process skills and dynamics motion material to increasing critical thinking skills and improve student learning motivation senior high school. International Journal of Science and Applied Science:Conference Series, 1(1). https://doi.org/10.20961/ijsascs.v1i1.5112

Permani, A., & Priyanto, P. (2019). Pengembangan Modul Elektronik Pemrograman Berorientasi Objek untuk Siswa Kelas XI Rekayasa Perangkat Lunak dengan Model Four-D. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 4(1). https://doi.org/10.21831/elinvo.v4i1.28260

Rosell-Aguilar, F. (2018). Autonomous language learning through a mobile application: a user evaluation of the busuu app. Computer Assisted Language Learning, 31(8). https://doi.org/10.1080/09588221.2018.1456465

Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang No.20 Tahun 2003Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang No.20 Tahun 2003. Departemen Pendidikan Nasional. Departemen Pendidikan Nasional.

Sofyan, H., Anggereini, E., & Saadiah, J. (2019). Development of E-modules based on local wisdom in central learning model at kindergartens in Jambi city. European Journal of Educational Research, 8(4). https://doi.org/10.12973/eu-jer.8.4.1139

Sofyan, H., Hartati, S., Anggereini, E., Muazzomi, N., & Ramadhan, S. (2020). Developing e-module local wisdom based for learning at kindergarten in Jambi, Indonesia. Elementary Education Online, 19(4). https://doi.org/10.17051/ilkonline.2020.763331

Suastika, I. K., & Wahyuningtyas, D. T. (2020). Inquiry-based E-module for geometry learning subject. Universal Journal of Educational Research, 8(1). https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080130

Sungkono, S. (2009). PENGEMBANGAN DAN PEMANFAATAN BAHAN AJAR MODUL DALAM PROSES PEMBELAJARAN. MAJALAH ILMIAH PEMBELAJARAN, 5(1).

Surdyanto, A., & Kurniawan, W. (2020). Developing critical reading module using integrated learning content and language approach. Studies in English Language and Education, 7(1). https://doi.o

Downloads

Published

2022-10-02

How to Cite

La Aba, Abdul Kadir Ismail, Nur wahidah thayib pido, & Feriyanto Adolof. (2022). Pengembangan E-Modul Interaktif berbasis Android Bagi Dosen dan Mahasiswa Program Studi Tadris Bahasa Inggris IAIN Sultan Amai Gorontalo. JURNAL RISET RUMPUN ILMU PENDIDIKAN, 1(2), 194–203. https://doi.org/10.55606/jurripen.v1i2.368