Layanan Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar di SMA Negeri 1 Belimbing Kabupaten Muara Enim
DOI:
https://doi.org/10.55606/jurripen.v1i2.1062Keywords:
Layanan, Perpustakaan, Sumber belajarAbstract
Jenis penelitian ini tergolong Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus bertujuan meningkatkan prestasi belajar matematika melalui pendekatan kontekstual pada siswa kelas VIII SMPN 1 Sungai Kakap. Subjek penelitian siswa kelas VIII SMPN 1 sebanyak 16 orang terdiri dari 10 orang laki-laki dan tujuh orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni tes dan Teknik analisis data dalam penelitian ini digunakan secara deskriptif. Siklus pertama dilakukan setelah siswa diberikan materi dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional atau metode biasa yang diterapkan oleh guru di sekolah tersebut dan siklus II siswa diberikan metode pembelajaran kontekstual. Metode ini memberikan kesempata bagi siswa untuk berperan aktif dalam pembelajaran. . Dari data yang telah diperoleh, pada pembelajaran konvensional siswa mendapatkan rata – rata nilai 54,08 dibandingkan dengan pembelajaran kontekstual yang mendapat rata – rata nilai 83.19 dan mencapai nilai diatas KKM.
References
Adib, H. S. (2016). Metodologi Penelitian. Palembang: Noerfikri.
Atmadjati, A. (2018). Layanan Prima Dalam Praktik Saat Ini. Yogyakarta: Deepublish.
Atmodiwirjo, P., & Yatmo, Y. A. (2015). Pedoman Tata Ruang Perpustakaan Sekokah/Madrasah. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI.
Bafadhal, I. (2005). Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Bafadhal, I. (2014). Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Bela, R., & Nasir, R. (2020). Mengelola Perpustakaan Sekolah. Jawa Tengah: Lakeisha.
Darmanto, P. (2020). Manajemen Perpustakaan. Jakarta: Bumi Aksara.
Darmono. (2001). Manajemen Dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah. Jakarta: PT Grasindo.
Darmono. (2007). Manajemen Dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Grasindo.
Dini, Y. (2012). Dimensi Kualitas Layanan di Perpustakaan Perguruan Tinggi (Studi Deskriptif tentang Tanggapan Pengguna terhadap Dimensi Kualitas Layanan di Perpustakaan Universitas Airlangga. Journal Universitas Airlangga, 7-8.
Fatmawati, E. (2020). Kenyamanan Ruang Perpustakaan Dengan Prinsip Green Office. Jurnal Perpustakaan Indonesia, 23.
Hasan, M. (2021). Landasan Pendidikan. Makasar: Tahta Media Group.
Hasibuan, M. (2005). Dasar-Dasar Perbankan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Irawan, O., & Mustaji. (2012). Pengelolaan Perpustakaan Sekolah Sebagai Pusat Sumber Belajar Pada Jenjang SD/MI Di Kecamatan Lamongan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2.
Irawan, O., & Mustaji. (2012). Pengelolaan Perpustakaan Sekolah Sebagai Pusat Sumber Belajar Pada Jenjang SD/MI Di Kecamatan Lamongan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2.
Jalinus, N., & Ambiyar. (2016). Media Dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Navy, A. (2013). Manajemen Sumber Belajar Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sains. Jurnal Pendidikan Humaniora, 389.
Niswati, R., Darwis, Muhammad, Andriani, Dian, Nasrullah, M., & Salam, R. (2020). Fasilitas Perpustakaan Sebagai Media Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa. Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan, 72.
Novriliam, R., & Yunaldi. (2012). Pemanfaatan Perpustakaan Sebagai Pusat Sumber Belajar. Jurnal Ilmu informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 142.
Prastia, E. (2016). Pengaruh Peranan GUru, Fasilitas perpustakaan Dan Pelayanan Pustakawan Terhadap Minat Membaca Di Perpustakaan. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 644.
Rahma, E. (2018). Akses Dan Layanan Perpustakaan Teori Dan Aplikasi. Jakarta: Prenada Media Group.
Sopwandin, I. (2021). Manajemen Perpustakaan Perguruan Tinggi. Jawa Barat: Guepedia Group.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumantri. (2008). Panduan Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sumantri, Y. S. (2009). Ilmu Dalam Perspektif: Kumpulan Karangan Tentang Hakikat Ilmu. Jakarta: Gramedia.
Suryani, I. (2017). Pengelolaan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber BelajarSiswa Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 293.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 JURNAL RISET RUMPUN ILMU PENDIDIKAN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.