PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK TOKOPEDIA DI KALANGAN MAHASISWA

Authors

  • Annisa Febriyanti Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Syifa Pramudita Faddila Universitas Buana Perjuangan Karawang

DOI:

https://doi.org/10.55606/cemerlang.v3i3.1364

Keywords:

Citra Merek, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian

Abstract

Jual beli online telah banyak memasuki dunia kampus terdapat fakta yang menunjukkan bahwa pelanggan Tokpedia masih ada yang kurang puas dalam kesesuaian gambar dan kualitas produk sehingga tidak melakukan pembelian ulang yang tentunya akan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada tidaknya pengaruh citra merek dan kualitas produk E-Commerce Tokpedia terhadap keputusan pembelian pada mahasiswa Program studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UBP Karawang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif jenis asosiatif. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Program studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UBP Karawang yang menggunakan e-commerce Tokopedia. Sampel yang digunakan untuk penelitian ini adalah sebanyak 133 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner). Hasil dari penelitian ini yaitu ada pengaruh citra merek E-Commerce Tokopedia secara parsial terhadap keputusan pembelian pada Mahasiswa, ada pengaruh kualitas peroduk E-Commerce Tokpedia secara parsial terhadap keputusan pembelian pada Mahasiswa Program studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UBP Karawang. Citra merek dan kualitas pelayanan E-Commerce Tokpedia secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada mahasiswa Program studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UBP Karawang.

 

References

Amelia, R. D., Michael, M., & Mulyandi, R. (2021). Analisis Online Consumer Review Terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce Kecantikan. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 2(02), 274-280.

Cahyaningtyas, R., & Wijaksana, T. I. (2021). Pengaruh Review Produk dan Konten Marketing pada Tiktok terhadap Keputusan Pembelian Scarlett Whitening By Felicya Angelista. eProceedings of Management, 8(5).’

Danuri, M. (2019). Perkembangan dan transformasi teknologi digital. Jurnal Ilmiah Infokam, 15(2)

I., Elvera, & Triwardhani, D. 2021. Perilaku Konsumen. Widina Bhakti

Persada Bandung.

Hariyanto, Halila Titin. &., and Lantip Trisunarno. 2020. “Analisis Pengaruh Online

Customer Review, Online Customer Rating Dan Star Seller Terhadap

Kepercayaan Pelanggan Hingga Keputusan Pembelian Pada Toko Online Di

Shopee.” Jurnal Teknik ITS 9(2):234–39.

KataData. (2022, 4 30). Ada 204,7 Juta Pengguna Internet di Indonesia Awal

Ada 204,7 Juta Pengguna Internet di Indonesia Awal 2022.

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/23/ada-2047-juta-

pengguna-internet-di-indonesia-awal-2022

Latief, Fitriani, and Nirwana Ayustira. 2019. “Pengaruh Online Costumer Review Dan Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Di Sociolla.”

Jurnal Mirai Managemnt 4(2):122–36.

Pangastuti, T. P., Pradhanawati, A., & Nugraha, H. S. (2021). PENGARUH PROMOSI DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH PADA MARKET PLACE BUKALAPAK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI PADA PENGGUNA MARKETPLACE BUKALAPAK)/52/adbis/2021 (Doctoral dissertation, Faculty of Social and Political Science).

Santi, Rusmana, Ristauli Hutagaol, and Feby Aulia Safrin. 2022. “PENGARUH CELEBRITY

ENDORSER DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK SCARLETT WHITENING.” JOSR: Journal of Social Research Juni 2022(7):761– 72.

Siregar, Sonia Hermina, and Asron Saputra. 2022. PENGARUH KUALITAS PRODUK, PROMOSI, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN E-COMMERCE TOKOPEDIA DI KOTA BATAM.

Sulianta, F. (2020). Literasi Digital, Riset dan Perkembangannya dalam Perspektif Social Studies. Feri Sulianta.

Downloads

Published

2023-06-19

How to Cite

Annisa Febriyanti, & Syifa Pramudita Faddila. (2023). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK TOKOPEDIA DI KALANGAN MAHASISWA. CEMERLANG : Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Bisnis, 3(3), 211–221. https://doi.org/10.55606/cemerlang.v3i3.1364

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.