PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK TOKOPEDIA DI KALANGAN MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.55606/cemerlang.v3i3.1364Keywords:
Citra Merek, Kualitas Pelayanan, Keputusan PembelianAbstract
Jual beli online telah banyak memasuki dunia kampus terdapat fakta yang menunjukkan bahwa pelanggan Tokpedia masih ada yang kurang puas dalam kesesuaian gambar dan kualitas produk sehingga tidak melakukan pembelian ulang yang tentunya akan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada tidaknya pengaruh citra merek dan kualitas produk E-Commerce Tokpedia terhadap keputusan pembelian pada mahasiswa Program studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UBP Karawang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif jenis asosiatif. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Program studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UBP Karawang yang menggunakan e-commerce Tokopedia. Sampel yang digunakan untuk penelitian ini adalah sebanyak 133 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner). Hasil dari penelitian ini yaitu ada pengaruh citra merek E-Commerce Tokopedia secara parsial terhadap keputusan pembelian pada Mahasiswa, ada pengaruh kualitas peroduk E-Commerce Tokpedia secara parsial terhadap keputusan pembelian pada Mahasiswa Program studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UBP Karawang. Citra merek dan kualitas pelayanan E-Commerce Tokpedia secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada mahasiswa Program studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UBP Karawang.
References
Amelia, R. D., Michael, M., & Mulyandi, R. (2021). Analisis Online Consumer Review Terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce Kecantikan. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 2(02), 274-280.
Cahyaningtyas, R., & Wijaksana, T. I. (2021). Pengaruh Review Produk dan Konten Marketing pada Tiktok terhadap Keputusan Pembelian Scarlett Whitening By Felicya Angelista. eProceedings of Management, 8(5).’
Danuri, M. (2019). Perkembangan dan transformasi teknologi digital. Jurnal Ilmiah Infokam, 15(2)
I., Elvera, & Triwardhani, D. 2021. Perilaku Konsumen. Widina Bhakti
Persada Bandung.
Hariyanto, Halila Titin. &., and Lantip Trisunarno. 2020. “Analisis Pengaruh Online
Customer Review, Online Customer Rating Dan Star Seller Terhadap
Kepercayaan Pelanggan Hingga Keputusan Pembelian Pada Toko Online Di
Shopee.” Jurnal Teknik ITS 9(2):234–39.
KataData. (2022, 4 30). Ada 204,7 Juta Pengguna Internet di Indonesia Awal
Ada 204,7 Juta Pengguna Internet di Indonesia Awal 2022.
https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/23/ada-2047-juta-
pengguna-internet-di-indonesia-awal-2022
Latief, Fitriani, and Nirwana Ayustira. 2019. “Pengaruh Online Costumer Review Dan Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Di Sociolla.”
Jurnal Mirai Managemnt 4(2):122–36.
Pangastuti, T. P., Pradhanawati, A., & Nugraha, H. S. (2021). PENGARUH PROMOSI DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH PADA MARKET PLACE BUKALAPAK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI PADA PENGGUNA MARKETPLACE BUKALAPAK)/52/adbis/2021 (Doctoral dissertation, Faculty of Social and Political Science).
Santi, Rusmana, Ristauli Hutagaol, and Feby Aulia Safrin. 2022. “PENGARUH CELEBRITY
ENDORSER DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK SCARLETT WHITENING.” JOSR: Journal of Social Research Juni 2022(7):761– 72.
Siregar, Sonia Hermina, and Asron Saputra. 2022. PENGARUH KUALITAS PRODUK, PROMOSI, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN E-COMMERCE TOKOPEDIA DI KOTA BATAM.
Sulianta, F. (2020). Literasi Digital, Riset dan Perkembangannya dalam Perspektif Social Studies. Feri Sulianta.