PENGARUH KOREAN WAVE DAN BRAND AMBASSADOR TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (SURVEI PADA KONSUMEN SCARLETT DI MAKASSAR)

Authors

  • Hijra Hijra Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.55606/cemerlang.v2i4.407

Keywords:

Korean Wave, Brand Ambassador, Keputusan Pembelian.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh dari Korean Wave dan Brand Ambassador terhadap Keputusan Pembelian, baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian dilakukan kepada konsumen brand kecantikan Scarlett. Penentuan sampel menggunakan purposive sampling dengan syarat-syarat yang harus dipenuhi, diantaranya: merupakan pengguna Scarlett, berusia minimal 17 tahun, pernah menonton dan/atau mendengarkan drama, film, musik asal Korea Selatan, mengetahui Song Joong Ki dan girlband Twice sebagai Brand Ambassador Scarlett. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah sebanyak 65 orang. Pengumpulan data menggunakan Kuesioner secara online.

            Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda yang sebelumnya dilakukan Uji Validitas, Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas) kemudian dilakukan uji hipotesis melalui uji T, uji F dan uji koefisiensi deteminasi.  Hasil penelitian menujukkan bahwa Korean Wave dan Brand Ambassador berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian produk Scarlett.

 

References

Adi, Galuh Kinanthi Herhayu (2019). Korean Wave (Studi Tentang Pengaruh Budaya Korea pada Penggemar K-Pop di Semarang). Universitas Diponegoro.

Akramiah, Nurul, Sri Hastari, Asny M.S. (2021). The Effect of Brand Ambassador and Celebrity Endorser on Consumers Purchase Interest of Le Minerale on Students Faculty of Economics, Merdeka University, Pasuruan. Dinasti International Journal of Digital Business Management. ISSN: 2715-4203, 3(1).

Aliffia, Salwa, Hadi Purnama. (2022). Pengaruh Brand Ambassador Song Joong Ki Terhadap Brand Image Scarlett Whitening. E-Proceeding of Management. ISSN: 2355-9357, 9(2).

Andries, Alfa Loudy. (2014), The Influence of Korean’s Celebrity Endorsement and Youth Buying Behaviour on Youth Apparel Purchase Decision in Manado. Jurnal EMBA. ISSN 2303-1174, 2(4).

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Asrori

Assael, H. (2004), Consumer Behavior & Marketing Action (6th ed.), Cincinnati, Ohio: South-Westerrn College Publishing

Azmi, Ulul. (2019). Dampak Korean Wave (Halyu) Terhadap Perilaku Konsumen pada Mahasiswa STIE NOBEL Indonesia Makassar.

Bovee, C. L. & Thill, J. V. (2011). Business in Action : with real time updates. 5th ed. Pearson. United States.

Compas. 2021. 10 Produk Perawatan Tubuh Terlaris Shopee dan Tokopedia: Krim Pemutih Masih Populer. Compas.co.id.

Doucett, E. (2008). Creating Your Library Brand: Communicating Your Relevance and Value to Your Patrons. American Library Association.

Febrina, Mila. (2017). Pengaruh Brand Ambassador dan Hallyu Terhadap Keputusan Konsumen Melakukan Brand Switching dan Implikasinya Terhadap Kepuasan Konsumen Kosmetik di Jakarta.

Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran (Dasar dan Konsep). CV. Penerbit Qiara Media.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Multivariate dengan Program IMB SPSS 25 edisi 9. Badan Penerbit Unuversitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Greenwood, Gaynor Lea. (2012). Fashion Marketing Communications. USA: Wiley.

Hendayana, Yayan, Ni’matul Afifah, (2020). Pengaruh brand ambassador dan korean wave terhadap minat belanja online melalui marketplace tokopedia. Jurnal Ekonomi dan Bisnis 3(1) – Desember 2020

Hong, Yee Vonn and Yazdanifard, Rashad, (2015). How Does Sponsorship Marketing in Korean Drama Bring in Lucrative Business? International Business Research, 8(1).

Hyejung, Ju. (2010). Glocalization Of The Korean Popular in East Asia: Theorizing Of The Korean Wave. Dissertation Publishing (UMI)

Kara, Chan., Yu, Leung., Edwin, K.Luk. (2013). Impact of Celebrity Endorsment in Advertising on Citra Merek Among Chinese Adolescent. Young Consumers 14(2).

Kerlinger, Fred, N. (1973). Foundation of Behavioral Research, Holt, Rinerart.

Kertamukti, Rama. (2015). Strategi Kreatif dalam Periklanan: Konsep, Media, Branding Anggaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid 1. Penerbit Erlangga.

Kotler, Philip & Kevin Lane Keller. (2016). Marketing Management Global Edition. Pearson Education

Lestari, H (2018). Pengaruh brand ambassador dan Korean wave terhadap citra merek serta dampaknya pada keputusan pembelian (Survei online pada konsumen Innisfree di Indonesia dan China).

Lita, Rahmiati, Yoon Cho. (2012). The Influence of Media on Attitudinal and Behavioral Changes: Acceptance of Curture and Products. Korea: KDI School of Public Policy and Management.

Liya, Inda. et al. (2021). Pengaruh Hallyu Wave, Brand ambassador, Brand image dan WOM Terhadap Keputusan Pembelian Pada Mie Sedap Selection Korean Spicy Chicken. Jurnal Manajemen Bisnis Islam. ISSN: 2715825X. 2(1).

Malholtra, Naresh K. (2009). Riset Pemasaran Pendekatan Terapan. Jilid 1. Jakarta: PT. Index.

Margono, (2004). Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.

Muslim, Sarah Amalia, (2020). Pengaruh Penggunaan Brand Ambassador Dan Brand Image Idol K-Pop Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Perusahaan E-Commerce Tokopedia). Skripsi.

Nguyen. X. T. (2020). Faktor that Influence the Intentions to Revisit Korea of Vietnamese Tourists. The Journal of Asian Finance, Economic, and Business, 7(4).

Nguyen, X. T. (2018). The Impact of Hallyu 4. 0 and Social Media on Korean Products Purchase Decision of Generation C in Vietnam. Journal of Asian Finance, Economics, and Business, 5(3).

Nofiawaty, Fitrianto & Lisnawati. (2020). Brand Ambassador and the Effect to Consumer Decision on Online Marketplace in Indonesia. Sriwijawa International Journal of Dynamic Economic and Business.

Rahmadani, Amarilis, Yunita A. (2021). Pengaruh Korean Wave dan Brand Ambassador pada Pengambilan Keputusan Konsumen. Telaah Bisnis, 22(1).

Royan, Frans M. (2005). Marketing Selebrities. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sadat, Andi M. (2009). Brand Belief (Strategi Membangun Merek Berbasis Keyakinan). Jakarta: Salemba Empat.

Sagia, A., & Situmorang, S. H. (2018). Pengaruh Brand Ambassador, Brand Personality dan Korean Wave terhadap Keputusan Pembelian Produk Nature Republic Aloe Vera. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 5(2).

Sarwono, Jonathan. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Schiffman, Leon G., & Kanuk, L. (2008). Consumer Behavior. 8th ed.Pretince-Hall. New Jersey, USA.

Sekaran, Uma dan Roger Bougie. (2009). Metode Penelitian untuk Bisnis, pendekatan pengembangan keahlian. Edisi 6 Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.

Shim, Doobo. (2011). Waxing The Korean Wave. Asia Research Institute. No.58

Simamora, Bilson. (2004). Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia

Siskhawati, L., & Maulana, H. A. (2021). The Influence of Brand Ambassador and Korean Wave on Purchase Decision for Neo Coffee Products. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 24(1).

Spry, A., Pappu, R. and Cornwell, T.B. (2011). Celebrity endorsement, brand credibility and brand equity. European Journal of Marketing, 45 (6), 882-909.

Sumiati. (2019). Dampak Etnosentrime dan Budaya Populer Terhadap Sikap Konsumen serta Implikasinya Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan. 4 (2) : 27-31.

Sugiyono, (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D), Alfabeta Bandung.

Syahidah M, Asminah Rachmi. (2021). Pengaruh Brand Ambassador (Duta Merek) dan Brand Image (Citra Merek) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Tokopedia. Jurnal Aplikasi Bisnis. E-ISSN: 2407-5523, 7(1).

Yoon J, T, and Jin Y, D. (2014). The Korean Wave : Evolution, Fandom and Transnationality. Lexington Books.

Downloads

Published

2022-10-25

How to Cite

Hijra Hijra. (2022). PENGARUH KOREAN WAVE DAN BRAND AMBASSADOR TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (SURVEI PADA KONSUMEN SCARLETT DI MAKASSAR). CEMERLANG : Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Bisnis, 2(4), 01–15. https://doi.org/10.55606/cemerlang.v2i4.407

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.