PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO INDOSAMAJAYA UTAMA TANAH GROGOT

Authors

  • Ibnu Khayath Farisanu Sekolah Tingi Ilmu Ekonomi Widya Praja Tanah Grogot
  • Achmad Syahruddin Sekolah Tingi Ilmu Ekonomi Widya Praja Tanah Grogot
  • Atminah Atminah Sekolah Tingi Ilmu Ekonomi Widya Praja Tanah Grogot

DOI:

https://doi.org/10.55606/cemerlang.v1i1.808

Keywords:

Bauran Promosi, Keputusan Pembeli, Tanah Grogot.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari bauran promosi yang meliputi variabel periklanan (X1), penjualan tatap muka (X2), promosi penjualan (X3), dan publisitas (X4) terhadap keputusan pembelian (Y).

Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field work research), penelitian ini meliputi konsumen yang membeli pada toko Indosamajaya Utama Tanah Grogot. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik aksidental maksudnya yakni teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan ditemui dan cocok sebagai sumber data.

Berdasarkan analisis di peroleh  nilai koefisien korelasi (R) 0,707, yang artinya terdapat keeratan hubungan yang kuat antara variabel periklanan, penjualan tatap muka promosi penjualan dan Publisitas terhadap keputusan pembelian pada toko Indosamajaya Utama Tanah Grogot. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,500 atau 50%, artinya bahwa variabel keputusan pembelian (Y) dapat dijelaskan oleh variabel periklanan, penjualan tatap muka, promosi penjualan, dan publisitas sebesar 50% sedangkan sisanya 50%  adalah pengaruh variabel lainnya diluar penelitian ini.

Pengujian secara parsial diketahui bahwa variabel periklanan (X1) memberikan pengaruh dominan, hal ini dibuktikan oleh nilai thitung  terbesar dibandingkan dengan variabel bebas lainnya, sesuai dengan hasil SPSS pada tabel 14 yaitu 7,159. Dan t hitung  >  t tabel  yakni 7,159 > 1,6669, dan di dukung oleh tingkat signifikansi 0,000 < 0,05 serta standardizerd coefficient beta yaitu 0,638.

References

Swastha, Basu dan Irawan. 2005. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty. Offset.Yogyakarta.

Swastha, Basu. 2007. Azaz-azaz Marketing Liberty Offset Yogyakarta.

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran PT. Indeks Kelompok Gramedia Jakarta.

. Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi ke-12. PT. Macanan Jaya Cemerlang jakrta.

Assauri, Sofjan. 2007. Manajemen Pemasaran Edisi kesatu Cetakan ke-8 PT. RajaGrafindo Persada Jakarta.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian PT. Rineka Cipta Jakarta

Tjiptono, Fandi 2001. Strategi Pemasaran. Edisi kedua. Cetakan ke-lima. Andi Yogyakarta

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Bisnis. Cetakan Ke-15. Alfabeta Bandung.

Sugiyono, Wibowo Eri. 2001. Statistika Penelitian Alfabeta Bandung.

Sumarni, Murti dan Suprihanto John. 2005. Pengantar Bisnis. Edisi ke-lima. Liberty Offset Yogyakarta.

Swastha, Basu dan Handoko. 2008. Manajemen Pemasaran (Analisis Prilaku Konsumen). Edisi Pertama. Cetakan Ke-empat. BPFE Yogyakarta.

Hair F Joseph Jr, Anderson E Ralph, Tathan L Ronald, Black C William, 1998 Multivariate Data Analysis, Fifth Edition, Frentice International Inc, Upper Saddle River, New Jersey USA.

Downloads

Published

2021-02-26

How to Cite

Ibnu Khayath Farisanu, Achmad Syahruddin, & Atminah Atminah. (2021). PENGARUH BAURAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO INDOSAMAJAYA UTAMA TANAH GROGOT. CEMERLANG : Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Bisnis, 1(1), 44–57. https://doi.org/10.55606/cemerlang.v1i1.808

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.