PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP PERILAKU PEMBELI MIE INSTAN PRODUK INDOFOOD (Pada Toko Ina di Tanah Grogot)

Authors

  • Wahyudi Wahyudi Sekolah Tingi Ilmu Ekonomi Widya Praja Tanah Grogot
  • Achmad Syahruddin Sekolah Tingi Ilmu Ekonomi Widya Praja Tanah Grogot
  • Ira Marni Sekolah Tingi Ilmu Ekonomi Widya Praja Tanah Grogot

DOI:

https://doi.org/10.55606/cemerlang.v1i3.794

Keywords:

Bauran Pemasaran, Perilaku Pembeli, Mie Instan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran (produk, harga, promosi dan tempat) terhadap perilaku pembeli mie Instan Produk Indofood, serta untuk mengetahui diantara variabel bebas (produk, harga, promosi dan tempat) yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap perilaku pembeli mie Instan Produk Indofood pada Toko Ina Tanah Grogot.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang berbelanja mie instan produk indofood pada toko Ina selama penelitian. Sampel yang diambil adalah  sebagian dari populasi yaitu 80 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik metode sampling insidental. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu produk, harga, promosi dan tempat/distribusi, sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini yaitu perilaku pembeli.

Untuk metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Dengan menggunakan program SPSS 15 dapat diperoleh Fhitung > Ftabel ( 30.738  > 2.34) dengan hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat  bersama-sama berpengaruh terhadap perilaku pembeli. Selanjutnya dengan melihat besarnya koefisien determinasi (R2) Adjusted Squere diperoleh hasil sebesar 0.601 atau 60,1 % sedangkan sisanya sebesar 39.9 % dipengaruhi oleh variabel lain. Berdasarkan hasil uji – t diketahui bahwa variabel yang dominan mempengaruhi perilaku pembelian adalah variabel promosi (X3), dapat dilihat dari nilai unstandardized coefficients variabel promosi 0.530 atau nilai t hitung tertinggi yaitu 8,578 dibandingkan dengan variabel lainnya.

References

Buchari, Alma. 2009. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta. Bandung.

Kotler & Amstrong. 2001. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1. Erlangga. Jakarta.

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran di Indonesia, Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Salemba Empat. Jakarta.

Sugiyono.2010. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta. Bandung.

________2009. Metode Statistika. Tarsito. Bandung.

Suprapto, J. 2001. Statistik. Erlangga. Jakarta.

Swastha, Basu dan Irawan. 2007. Manajemen Pemasaran Modern. Edisi ke dua. Cetakan ke dua belas. Liberty. Yogyakarta.

Manajemen Pemasaran Modern. Edisi ke dua. Cetakan ke tiga belas. Liberty. Yogyakarta.

Sumarwan Ujang. 2003. Perilaku Konsumen. Cetakan Pertama. Gahlia Indonesia. Jakarta Selatan.

Downloads

Published

2021-08-21

How to Cite

Wahyudi Wahyudi, Achmad Syahruddin, & Ira Marni. (2021). PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP PERILAKU PEMBELI MIE INSTAN PRODUK INDOFOOD (Pada Toko Ina di Tanah Grogot). CEMERLANG : Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Bisnis, 1(3), 26–38. https://doi.org/10.55606/cemerlang.v1i3.794

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.