Analisis SWOT Dalam Penentuan Risiko Bisnis Pada UMKM Kedai Kopi

Authors

  • Didit Hadayanti Universitas Al Ghifari

Keywords:

Analysis SWOT, Risiko Bisnis, UMKM

Abstract

Analisis SWOT digunakan dalam penentuan risiko bisnis pada UMKM Kedai Kopi. Melalui analisis ini, kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dari bisnis ditentukan, sehingga dapat diidentifikasi risiko yang mungkin muncul dan diambil tindakan untuk mengatasinya. Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk mengetahui informasi melalui wawancara dan observasi kepada pemilik usaha UMKM imami kopi. Dari hasil penelitian terdapat faktor strength dan opportunities dari usaha UMKM imami kopi yang dapat menjadi rekomendasi bagi UMKM agar dapat mengetahui manajemen risiko pada operasional UMKM agar dapat bertahan dalam menjalankan usaha yaitu pendapatan usaha masih stabil serta sudah memiliki segmentasi pelanggan yang tetap. Analisa risiko dari faktor weaknesses dan treats adalah pada proses pembayaran yang masih menggunakan pembayaran langsung, media pemasaran yang belum menerapkan pemasaran digital dan penambahan kursi bagi konsumen. Dari hasil analisis risiko bisnis maka dapat direkomendasikan strategi bagi usaha UMKM yaitu penambahan fasilitas bagi konsumen, baik fasilitas tempat duduk maupun fasilitas untuk alternatif pembayaran secara online khususnya penggunaan dompet digital dan QRIS.

References

Assauri, S. (2015). Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama Penerbit. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Benzaghta, M. A., Elwalda, A., Mousa, M. M., Erkan, I., & Rahman, M. (2021). SWOT analysis applications: An integrative literature review. Journal of Global Business Insights, 6(1), 55–73.

Chotimah, C. C., Haryadi, H., & Roestijawati, N. (2019). Pengaruh Pengetahuan, Motivasi Dan Persepsi Risiko Terhadap Perilaku Penggunaan Alat Pelindung Diri Dasar Yang Dimoderasi Faktor Pengawasan Pada Civitas Hospitalia RSGMP UNSOED. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi, 21(3).

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2). https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175

Jikrillah, S., Ziyad, M., & Stiadi, D. (2021). Analisis Manajemen Risiko Terhadap Keberlangsungan Usaha UMKM di Kota Banjarmasin. JWM (Jurnal Wawasan Manajemen), 9(2), 134–141.

Koperasi, K. (2014). Kriteria Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Menurut UU NO. 20 Tahun 2008 tentang UMKM. Diakses Di: Https://Koperasi. Kulonprogokab. Go. Id.

Muzdalifah, L., Novie, M., & Zaqiyah, S. (2020). Pemberdayaan Pelaku UMKM Menuju UMKM Go-Digital di Era Pandemi Covid 19 dan Era New Normal Bagi Pelaku UMKM Sidoarjo. Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF), 4, 2200–2208.

Prayitno, P., & Sutrisno, S. (2019). Knowledge Of Communication Adaptation As Stabilization Of Performance On Industrial District. IJIBE (International Journal of Islamic Business Ethics), 4(1), 595–600.

Siswanti, I., Sitepu, C. N. B., Butarbutar, N., Basmar, E., Saleh, R., Sudirman, S., Mahyuddin, M., Parinduri, L., & Prasasti, L. (2020). Manajemen Risiko Perusahaan. Yayasan Kita Menulis.

Sudipa, I. G. I., Astria, C., Irnanda, K. F., Windarto, A. P., Daulay, N. K., Suharso, W., & Wijaya, H. O. L. (2020). Application of MCDM using PROMETHEE II Technique in the Case of Social Media Selection for Online Businesses. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 835(1), 12059.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, 2015.

Suryaningrat, Y., Sutrisno, S., & Ratih, S. D. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Penetapan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Air Minum Isi Ulang. Ilmu Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi, 2(2), 117–130.

Sutrisno, S. E. (2018). Analisis Beberapa Faktor Yang Mempengaruhi Pengusaha Membuka Home Industri Paving Di Kecamatan Balen Bojonegoro. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Sosial, 1(1), 1–9.

SUTRISNO, S. E. (2019). ANALISIS PENGEMBANGAN INDUSTRI KREATIF KAP LAMPU DAN PANCI DI KECAMATAN GAYAM KABUPATEN BOJONEGORO. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Sosial, 2(1), 53–72.

Teoli, D., Sanvictores, T., & An, J. (2019). SWOT analysis.

Violin, V. (2019). PENGARUH HARGA POKOK PRODUKSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT. SEMEN BOSOWA MAROS. Jurnal BISNIS & KEWIRAUSAHAAN, 8(2).

Wijayantini, B. (2012). Model pendekatan manajemen risiko. Jurnal Ekonomi Akuntansi Dan Manajemen, 11(2).

Downloads

Published

2022-02-22

How to Cite

Hadayanti, D. (2022). Analisis SWOT Dalam Penentuan Risiko Bisnis Pada UMKM Kedai Kopi. CEMERLANG : Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Bisnis, 2(1), 42–49. Retrieved from https://prin.or.id/index.php/cemerlang/article/view/844

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.