URGENSI PEMANFAATAN E-MARKETING PADA KEBERLANGSUNGAN UMKM DI KOTA MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.55606/cemerlang.v3i1.732Keywords:
E-marketing, Pemanfaatan, UMKMAbstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui bagaimana urgensi pemanfaatan e-marketing pada keberlangsungan UMKM di Kota Medan yang dilakukan dengan metode penelitian kualitatif fenomenologi yaitu dengan menggunakan fenomena yang terjadi di kesadaran peneliti yang kemudian dipaparkan dengan nyata. Kemajuan telekomunikasi telah membuat hubungan manusia dalam hal komunikasi tidak terbatas dan tanpa hambatan, terutama jarak. Internet merupakan salah satu kemajuan teknologi komunikasi yang berkembang pesat. Keberlangsungan hidup UMKM tergantung kepada kepekaan UMKM tersebut akan fenomena yang sedang terjadi. Hasil penelitian yaitu beberapa cara yang dilakukan oleh pihak UMKM di Kota Medan untuk keberlangsungan usahanya, yaitu dengan cara melakukan pendaftaran bisnis, melakukan promosi, dan berinteraksi dengan baik kepada konsumen. Kemudian, cara yang dilakukan oleh UMKM di Kota Medan dalam melakukan pemanfaatan e-marketing untuk keberlangsungan bisnis dilakukan dengan penjualan produk secara offline dan online, melakukan promosi produk secara digital serta mengikuti hal yang sedang trend di masyarakat.
References
Awali, H. (2020). Urgensi Pemanfaatan E-Marketing Pada Keberlangsungan Umkm Di Kota Pekalongan Di Tengah Dampak Covid-19. BALANCA : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.35905/balanca.v2i1.1342
Grace, M. H.-F., & Syarief, A. I. (2022). STRATEGI PEMASARAN Konsep, Teori dan Implementasi. Pascal Books.
Hanim, L. (2018). UMKM (Usaha Mikro, Kecil, & Menengah) & BENTUK-BENTUK USAHA. UNISSULA PRESS.
Harini, C., & Sri, Heru wulanarini, C. (2021). Digital Marketing Bagi UMKM. Media Sains Indonesia.
Harto, D., Pratiwi, S. R., Utomo, M. N., & Rahmawati, M. (2019). Penerapan Internet Marketing Dalam Meningkatkan Pendapatan Pada UMKM. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(1), 39. https://doi.org/10.30595/jppm.v3i1.3033
Hasanah, N., Muhtar, S., & Muliasari, I. (2020). MUDAH MEMAHAMI USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM). Uwais Inspirasi Indonesia.
Hendrawan, A., Sucahyowati, H., Cahyandi, K., Indriyani, & Rayendra, A. (2019). Pengaruh Marketing Digital Terhadap Kinerja Penjualan Produk UMKM Asti Gauri di Kecamatan Bantasari Cilacap. Jurnal Administrasi Dan Kesekretarisan, 4(1), 53–60.
Krisna, putu A. S. (2021). TATA KELOLA MANAJEMEN & KEUANGAN USAHA MIKRO KECIL MENGENGAH. CV. CAHAYA BINTANG CEMERLANG.
Nawawi, Z. M., Humairoh, J., Pascasarjana Ekonomi Syariah, P., & Sumatera Utara, U. (2022). Strategi Peningkatan Ekonomi dan Tinjauan Ekonomi Islam Masa Covid 19 (Studi Kasus: UMKM di Kota Medan). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(02), 2027–2035.
Oktaviani, L., Suaidah, Aldino, A. A., & Lestari, Y. T. (2022). Penerapan Digital Marketing Pada E-Commerce Untuk Meningkatkan Penjualan UMKM Marning. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 379–385.
Raco, J. (2010). No TitlMetode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannya. PT. Grasindo.
Vhikry, M., & Mulyani, A. S. (2023). MENCERMATI DAMPAK DIGITALISASI BAGI UMKM PASCA PANDEMI COVID 19. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(8), 7287–7290.
Yuliana, Y., Falahi, A., Safina, W. D., & Hsrahap, N. (2023). Implementasi E-Marketing Kelompok Budidaya Trigona Batu Katak. Remik: Riset Dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 7(1), 24–31.
Yusuf, M. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Prenadamedia Group.