PEMBERDAYAAN DIGITAL MARKETING MENINGKATKAN PEMASARAN PRODUK TEH PADA DESA TOBASARI SIMALUNGUN
DOI:
https://doi.org/10.55606/cemerlang.v2i2.633Keywords:
Pemasaran, Digital Marketing, Produk, dan UsahaAbstract
Perkembangan teknologi yang pesat menyebabkan terjadinya perubahan dalam berbagai sektor kebutuhan manusia salah satunya pada bidang bisnis. Adanya perubahan ke arah digital memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk dapat menjual serta memasarkan produknya secara online dengan digital marketing. Problematik yang dihadapi usaha itu yakni yaitu kurangnya pemahaman mengenai pemanfaatan digital marketing sebagai media pemasaran produk. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwasannya pelaku usaha belum mengerti, akan adanya pemberdayaan digital marketing sebagai media pemasaran produknya secara maksimal. Oleh karena itu, perlu dilakukan adanya edukasi serta pelatihan agar pemahaman digital marketing dapat terealisasikan secara optimal.
References
Ayu Ramadhani, Lailia,dkk., 2022, Pelatihan Digital Marketing Sebagai Pengembangan Wisata Belanja Kampung Kelor di Kelurahan Banjar Sugihan, JURNAL JPPMI, Vol. 1 (5),93-98
Herlambang, E. S., Hubeis, M., & Palupi, N. S. (2011). Kajian perilaku konsumen terhadap strategi pemasaran teh herbal di Kota Bogor. MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 6(2), 85-93.
Khadijah, TS, Irnad, I., & Utama, SP (2016). Strategi Pemasaran Teh Hitam Merek “Alam Dempo” pada CV. Karya Alam Sejahtera Pagar. Jurnal AGRISEP: Kajian Masalah Sosial Ekonomi Pertanian dan Agribisnis , 15 (2), 213-222.
Kurniawan Gultom,dedek,dkk., 2019,Penggunaan Internet Marketing Guna Peningkatan Daya Saing Pada Usaha Mikro Handycraft Di Kota Medan, JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat) Vol. 4(1),339-347
Lyana Prilandewi, Kadek., dkk.2021. PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI MEDIA PEMASARAN PRODUK KERAJINAN BATOK KELAPA DI DESA BATUBULAN, Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, Vol.5 (2),171-180
Martina, S. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Teh Hijau di Indonesia (Doctoral dissertation, Podomoro University).
Mudrifah, 2022,PENDAMPINGAN DIGITAL MARKETING PADA UMKM PKK KARANGPLOSO VIEW-NGENEP (PROGRAM BEMO “Belajar Marketing Online”), Studi Kasus Inovasi Ekonomi Vol. 06 (1),51-58
Pasaribu, Munawir. 2021.Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Memasarkan Produk Teh Di Desa Manik Maraja, Proceding Seminar Nasional Kewirausahaan, Vol.2 (1). 769-782
Prasanti, Elfira,dkk., 2020, Pembinaan Digital Marketing Produk UMKM Teh Celup Daun Tin Melalui Aplikasi Shopee, KARYA UNGGUL : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol.1(2)
Putri, CS (2019). Strategi Bauran Pemasaran Industri Teh Hitam Asli Teh Gondang Sari Kemuning Karanganyar.
Saputra, H. (2008). Analisis Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Teh Celup Sariwangi Oleh Konsumen Rumah Tangga Di Kota Medan.
Widiawati, K. (2019). Penerapan Digital Marketing Sebagai Pendukung Sociopreneur Teh Bunga Telang (Butterfly Pea Tea). Jurnal Administrasi Kantor, 7(2), 215-224.
Yusuf, Muhammad Saleh., Dkk. 2019. Konsep dan Strategi Pemasaran. CV Sah Media: Makassar.