ANALISIS CITRA MARKET PLACE PT TOKOPEDIA DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN KONSUMEN PASCA KEBOCORAN DATA PENGGUNA
DOI:
https://doi.org/10.55606/cemerlang.v3i1.682Keywords:
PT.Tokopedia,Market Place Image,TrustAbstract
The purpose of this study was to review the market place of PT Tokopedia in maintaining the image and trust of consumers after the leakage of customer data. The research method used in this study is a qualitative method, the data I use is in the form of writing I & I, not numbers. I have reviewed this data. Based on Ijournals, my mother, Iwebsite, and other official documents, PT Tokopedia informs about user data leaks. Tokopedia requires the necessary policies. Utilizing a new data security method, namely blockchain, as well as establishing special laws for the protection of personal data, is necessary to minimize the amount of business personal data. a significant impact on consumer confidence thereby influencing consumer purchasing power for sales made on the PT Tokopedia marketplace.
References
Adlin, H. (2022). Perlindungan Konsumen Terhadap Hak Atas Informasi Harga Menu Makanan Perspektif UU. No. 8 Tahun 1999 (Studi Kasus Jl. Bukit Barisan, Kecamatan Tenayan Raya, Kelutahan Tangkerang Timur, Kota Pekanbaru). Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau .
Andira, A. (2021). ANALISIS SWOT USAHA KREDIT PADA BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) DI DESA PATTONGKO KECAMATAN TELLULIMPOE KABUPATEN SINJAI. Doctoral dissertation, INSTITUT AGAMA ISLAM MUHAMMADIYAH SINJAI.
Apriyanti, Putri Djasuro Surya, dan Lutfi. 2017. Analisis Kualitas Layanan dan Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening (Studi Empirik Nasabah Tabungan Tandamata Bank BJB Cabang Serang). Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Tirtayasa: Vol. 1 No 2.
Budiarta, Kustoro. 2020. Ekonomi Bisnis Digital. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Desi Sommaliagustina. 2018. "Perlindungan Hukum terhadap Konsumen E-Commerce di Indonesia", Jurnal Equitable, Vol. 3, 2.
Dianne, E. R. (2022). Monograf hukum dan era digital.
Endra, R. Y., & Hermawan, D. 2017. Analisis dan Uji Kualitas Pengguna Website Tokopedia. Com Menggunakan Metode Webqual (case: Pengguna Tokopedia. com di Universitas Bandar Lampung).
Faidol, Moh Juddi. 2019. Komunikasi Budaya Dan Dokumentasi Kontemporer. Sumedang: Unpad Press.
Kriyantono, Rachmat. 2014. Teori public relations perspektif barat dan lokal: Aplikasi penelitian dan praktik. Jakarta: Kencana Predana Media Group.
LUBIS, P. R. (2022). PERLINDUNGAN HAK ASASI MANUSIA ATAS DATA PRIBADI DI ERA DIGITAL DALAM PRINSIP NEGARA HUKUM BERDASARKAN PANCASILA. (Doctoral dissertation).
M. Yahya Harahap. 2016. Hukum Perseroan Terbatas. Sinar Grafika. Jakarta
Mutiara, U. &. (2020). Perlindungan Data Pribadi Sebagai Bagian Dari Hak Asasi Manusia Atas Perlindungan Diri Pribadi. Indonesian Journal of Law and Policy Studies , 42-54.
Naufal, R. A. (2020). Tanggung Jawab Pt Tokopedia Dalam Kasus Kebocoran Data Pribadi Pengguna. 56.
Salmiah, Salmiah. 2020. Online Marketing. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Sinta Dewi, dkk. 2018 .“Perlindungan Privasi dan Data Pribadi dalam Ekonomi Digital Indonesia”, Veritas et Justitia Vol. 4 No. 1. Universitas Parahyangan.
Siswanto, Agus B. 2019. Manajemen Proyek. Semarang: CV. Pilar Nusantara.