PENGARUH GREEN MARKETING DAN KEMAJUAN TEKNOLOGI TERHADAP MINAT BELI GREEN PRODUCT PADA MAHASISWA FEBI UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI

Authors

  • Welly Angga Pratama Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi
  • Titin Agustin Nengsih Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi
  • Putri Apria Ningsih Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.55606/cemerlang.v2i4.543

Keywords:

Kemajuan Teknologi, Green Marketing, Green Product, Minat, FEBI.

Abstract

Penelitian ini memilki tujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari Green Marketing dan Kemajuan Teknologi terhadap minat beli Green Product pada mahasiswa FEBI UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif  sampel yang dipilih pada penelitian ini adalah Mahasiswa FEBI angkatan 2018, 2019, dan 2020 sebanyak 100 mahasiswa sebagai sampel. untuk memperoleh data peneliti melakukan penyebaran kuisioner skala likert kepada responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, uji regresi berganda dan uji hipotesis. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwasanya Green Marketing memiliki pengaruh yang positif terhadap minat beli Green Product untuk kemajuan teknologi juga memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat beli Green Product  dan juga memiliki pengaruh secara simultan antara variabel Green Marketing dan Kemajuan Teknologi terhadap variabel  minat beli Green Product yang berdasarkan dari hasil uji F, untuk besar pengaruh dari variabel Green Marketing dan Kemajuan Teknologi terhadap variabel  minat beli Green Product berdasarkan hasil uji koefisien determinasi  adalah sebesar 38,4% dan 61,6% lainya dipengaruhi variabel yang tidak diteliti oleh peneliti.

 

References

Buku

“Al-Qur`an Tajwid dan Terjemahan Surat Al-Qasas ayat 77”

A.Muri Yusuf, Metode Penelitian kuantitatif. Kualitatif & Penelitian Gabungan, (Jakarta, kencana, 2014).

Amirin, Menyusun rencana Peneliztian, (Jakarta, rajawali, 1986). Ahmad Yani, Pahami Menjadi Teknisi Komputer, (Bandung, PT Agromedia Pustaka).

Budi Setiawan, Teknik Praktis Analisis Data Penelitian Sosial dan Bisnis, (yogyakarta, Andi, 2015).

Bungin, Metode Penelitian Kuantitatif,(Jakarta,Kencana, 2006).

Departemen Agama RI, Al-Qur`an dan Terjemahan Dengan Transliterasi Arab-Latin (Bandung: PT Sygma Examedia Arkanleema).

Departemen Agama RI,Al-Qur`an dan Terjemahan Dengan Transliterasi Arab-Latin (Bandung: PT Sygma Examedia Arkanleema).

Echo perdana, Olah Data Skripsi Dengan SPSS 22, (Bangka Belitung, LAB KOM MANAJEMEN FE UBB, 2016).

John Grant, “The Green Manifesto”, (London England: The Atrium, 2007).

Komarudin, Dr. Sarkadi, Evaluasi Pembelajaran, (Yogyakarta, RizQita Publisihing, 2017).

Kotler, Dan Gary Armstrong, Prinsip-Prinsip Pemasaran. jilid 1, (jakarta, Erlangga 2001).

Kotler, Manajemen Pemasaran, (Jakarta: PT. Prehallindo, 2007).

Kotler, Philip & Amstrong, Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid 1 Edisi 13, (Jakarta: Erlangga, 2009).

Mowen dan Michael Minor, Perilaku Konsumen, Jilid2, (Jakarta: Erlangga, 2002).

Nuryadi, Dasar-Dasar Statistik Penelitian (yogyakarta, Si Buku Media, 2017).

Rusman, Pembelajaran Berbasis teknologi informasi dan kominikasi (Grfindo Persada, Jakarta, 2012)

Samsu, Metode Penelitian Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, kuantitatif, Mixed Methods, Serta Research & Development, (Jambi, Pusat Studi Agama Dan Kemasyarakatan (Pusaka), 2017).

Schifman, Leon, dan Lesslie lazar Kanuk, Perilaku Konsumen, (Jakarta : PT.Indeks, 2007).

Sofhan Yusa Nurrahman, Pengaruh Green Product Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Produk Air Conditioner Panasonic Inverter Econavi Di Jakarta Pusat). 2014.

Sugiyono, metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan kombinasi mixed methods, (Bandung, Alva Beta CV, 2017).

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D, (Bandung, Alva Beta CV, 2013)

Suyono, Analisis Regresi Untuk Penelitian, (Jakarta,CV Budi Utama, 2018 ).

Swastha, Basu dan Hani Handoko, Manajemen Pemasaran : Analisa Perilaku Konsumen, (Yogyakarta: Liberty Offset, 2000).

Syahrun, Metodologi Penelitian Kuantitatif, (Bandung, Citrapustaka Media, September 2014).

Tineke Wolok, Green Marketing : Pemasaran & Pembelian, (Gorontalo : Athra Samudra. 2019).

Tri Rachmadi, Pengantar Teknologi Informasi, (Tiga Ebook, 2020).

Titin Agustin Nengsih, Fadlul Mubarak, Vinny Yuliani Sundara, “Pemograman R Dasar” (Forum Pemuda Aswaja : NTB, 2020).

Tulus Winarsunu, Statistika dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan, (Malang: Universitas Muhammadiyah Malang, 2006).

Jurnal

Alvin Pranoto, Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Kosumen Terhadap Preferensi Pembelian Antara Produk Kosmetik Ramah Lingkungan Dan Konvensional, Jurnal Universitas Machung. Vol 19. No. 2, (2018).

Asrianto Balawera, “Pengaruh Green Marketing dan Corporate Social Responsibility Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Produk Organik Di Fresh Mart Kota Manado”, Jurnal EMBA, Vol 1. No. 4, (2013): hlm. 2127.

Choudary,Aparna & Samir Gokarn, Green marketing: A means for sustainable development, Journal of Arts, Science & Commerce, Volume IV Issue 3.

Cobb-Walgren, Cathy, Chyntia A, Ruble, dan Naveen Donthu, Brand Equity, Brand Preference, and Purchase Intent, Jurnal of Marketing Research, Vol 19. (1995).

Desi Natalia Gultom, “Pengaruh Green Marketing Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan pembelian (Studi Pada Konsumen Produk Tepung Bogasari Di DKI Jakarta)”, jurnal Pemasaran, Vol 5. (2021).

Dwi Oktaviani, “Pengaruh Green Marketing Mix Terhadap Minat Beli produk Love Beauty And Planet di Jakarta”, Jurnal Syntax Vol 3, (2021).

Faisal, Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen Baby Crab, Vol 1, (2021).

Fani Firmansyah, Puji Endah Purnamasari, & Muhamad Djakfar, Religiusitas lingkungan dan pembelian green product pada konsumen Generasi Z, Iqtishoduna: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam vol 15, (2019).

Fani Firmansyah, Religiuitas, Lingkungan, dan Pembelian Green Product Pada Konsumen Generasi Z. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, Vol 15. (2019).

Ferdinand Augusty, Pengembangan Minat Beli Merek Ekstensi. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis Universitas Diponegoro, (2002).

Fika Riskiana Sukma, " Pengaruh Green Marketing, Inovasi Produk, Dan Brand ImageTerhadap Minat Beli (Studi Pada Mahasiswa dan Mahasiswi FE UST Konsumen KfC)”, Jurnal Manajemen Kesatuan, Vol 9. (2021).

Maharti, strategi Promosi Jasa Servis Berkala Pada PT Nasmoo karangjati Motor, (2019).

Mayang Pradma Putripeni, The Effect of Green Marketing on Brand Image and Purchase Decisions (Studies on Consumers of The Body Shop Mall Olympic Garden Malang), Jurnal Administrasi Bisnis, (2014).

Medina Azizah, Pengaruh Kemajuan Teknologi Terhadap Pola Komunikasi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Jurnal Sosiologi Nusantara, Vol 6. (2020).

Michael Jay Polonsky, Transformative Green Marketing: Ipediments and Oportunities, Journal of Business Research, (18 ferbuary 2011).

Muhamad Ngafifi, Kemajuan Teknologi dan Pola Hidup Manusia DALAM Perspektif Sosial dan Budaya, Jurnal Pembangunan Dan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, Vol 2. (2014).

Nazilatul Maziyah, “Pengaruh Kemudahan Penggunaan dan Kemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Minat Beli Pada E-COMMERCE (Studi Pada Pengguna Shopee di Kota Malang)”, jurnal, Vol 10. 2021.

Nurika Herul Utami, “Pengaruh Green Marketing dan Brand Image Terhadap Minat Beli Produk Zorlien Led Yang dimoferasikan Dengan Teknologi”, Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, Vol 5. No. 2, (2022): hlm. 2644.

Pradeep Kautish, & Rajesh Sharma , Value orientation, green attitude and green behavioral intentions: An empirical investigation among young consumers, Young consumer, (2019).

Rahayu Triastity, Green Management Sebagai Pelaksana Etika Bisnis Upaya Kelangsungan Hidup Perusahaan Jangka Panjang, Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan Vol 11. (2 Oktober 2011).

Rosa Maria Dangelico, & PierPaolo Pontrandolfo, From green product definitions and classifications to the green option matrix, Journal of Cleaner. Production, (2010).

Siti Khoiriyah , & Muh Juan Suam Toro, Faktor-faktor yang mempengaruhi kesediaan membeli produk hijau, Jurnal Bisnis dan Manajemen.(2014)

Titin Agustin Nengsih & Fani Kurniawanz, “Analisis Perbandingan Keputusan Membeli di pasar Tradisional dan Modern”, Jurnal of Islamic Economics And Busines, Vol 6. (2021).

Titin Agustin Nengsih dkk., “ Determining The Number Of Components In PLS Regression On Incomplete Data Set”, Statistical Applications In Genetics and Molecular Biology, 18 (2019).

Titin Agustin Nengsih, Arsa, Pradita Sari putri, “Determinan Minat Menabung Masyarakat Di Bank Syariah : Studi Empiris Dikota Jambi”, Vol 11. (Oktober 2021).

Ugeng Budi Haryoko, “Pengaruh Green Marketing dan brand image Terhadap Minat Beli Air Mineral Dalam Kemasan (AMDK) Merek Ades (Studi Kasus Pada Mahasiswa Prodi Manajemen SI regular C Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang)”, Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol 1, (2018).

Website

Blog Glints, Diakses pada 8 maret 2022, https://glints.com/id/lowongan/perusahaan-go-green/#.YiixI3pBzIU.

IDX Channel, Diakses 22 november 2021, https://www.idxchannel.com/economics/indonesia- penyumbang- sampah -terbesar-kedua-di-dunia-limbah.

Sahid Raharjo, “Makna Koefisien Determinasi (R Square)”, SPSS Indonesia, Di Akses 26 Desember 2021, https://www.spssindonesia.com/2017/04/makna-koefisien-determinasi-r-square.html.

Downloads

Published

2022-11-17

How to Cite

Welly Angga Pratama, Titin Agustin Nengsih, & Putri Apria Ningsih. (2022). PENGARUH GREEN MARKETING DAN KEMAJUAN TEKNOLOGI TERHADAP MINAT BELI GREEN PRODUCT PADA MAHASISWA FEBI UIN SULTHAN THAHA SAIFUDDIN JAMBI. CEMERLANG : Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Bisnis, 2(4), 244–258. https://doi.org/10.55606/cemerlang.v2i4.543

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.