Pengaruh Kualitas Website, Variasi Produk, Dan Persepsi Harga, Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Marketplace Bukalapak
(Studi Pada Pengguna Bukalapak Di Kabupaten Demak)
DOI:
https://doi.org/10.55606/cemerlang.v4i1.2468Keywords:
website quality, product variety, price perceptions, buying interestAbstract
Penelitian ini bertujuan guna mengetahui pengaruh kualitas website, variasi produk, dan persepsi harga terhadap minat beli konsumen pada pengguna marketplace Bukalapak di Kabupaten Demak. Dalam penelitian ini populasi yang dipilih adalah pengguna atau pelanggan marketplace Bukalapak di Kabupaten Demak. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini mengunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis datanya mengunakan analisis regresi linier berganda dimana datanya diolah melalui SPSS versi 25. Jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 96 responden. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa kualitas website memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen. Variasi produk mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen. Serta persepsi harga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen.
References
Afriyanti, T., & Rahmidani, R. (2019). Pengaruh Inovasi Produk, Kemasan, Dan Variasi Produk Terhadap Minat Beli Ice Cream Aice Di Kota Padang. Jurnal Ecogen, 2(3), 270. https://doi.org/10.24036/jmpe.v2i3.7333
Agustin, N., & Amron, A. (2022). Pengaruh Influencer Marketing Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Skincare Pada Tiktok Shop. Kinerja, 5(01), 49–61. https://doi.org/10.34005/kinerja.v5i01.2243
Amin, M. F., & Husna, K. (2020). Analisis Persepsi Harga, Kualitas Website, Dan Kepercayaan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Tokopedia.Com. Academica : Journal of Multidisciplinary Studies, 4(1), 117–132. https://doi.org/10.22515/academica.v4i1.3159
Apriadi, D., & Saputra, A. Y. (2017). Jurnal Resti. Resti, 1(1), 19–25.
Faradisa, I., H, L. B., & Minarsih, M. M. (2016). Analisis Pengaruh Variasi Produk, Fasilitas, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen pada Indonesian. Journal of Management, 2(2), 1–13. http://jurnal.unpand.ac.id/index.php/MS/article/view/517/503
Ferdinand, A. (2014). Metode penelitian manajemen: pedoman penelitian untuk penulisan skripsi, tesis, dan disertasi. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Ika, N., Fitriyah, Z., & Dewi, N. C. (2020). Impulse Buying di E-Commerce Shopee. Jurnal Ilmu Administrasi Dan Manajemen, 3(1), 57–62.
Indriyani, F., & Helling, L. S. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Website , Kepercayaan, Promosi Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Tokopedia. Jurnal Riset Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha Program Magister Manajemen, 5(1), 56–68. https://doi.org/10.32477/jrm.v5i1.42
Iprice Group. 2023. "Peta E-Commerce Indonesia". Diakses dari https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/ pada tanggal 2 Oktober 2023.
Kotler, Phillip dan Kevin Lane.(2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2.Jakarta: PT. Indeks.
Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2016. Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid 1. Edisi Ke. 9. Jakarta: Erlangga
Lestari, B., & Novitaningtyas, I. (2021). Pengaruh Variasi Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Ulang Konsumen pada Coffeeville-Oishi Pan Magelang. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 2(3), 150–159. https://doi.org/10.47747/jnmpsdm.v2i3.374
Maskuri, M. A., Kurniawan, E. N., Wardani, M. K., & Andriyani, M. (2019). Kepercayaan, Kemudahan Penggunaan Dan Electronic Word of Mouth Terhadap Minat Beli Online (Studi Pada pada Mahasiswa Program Studi Manajemen STIE Pelita Bangsa). Jurnal Manajemen Kewirausahaan, 16(2), 139.
Mendur, M. E. M., Tawas, H. N., & Arie, F. V. (2021). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk Dan Atmosfer Toko Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Immanuel Sonder. Jurnal Emba, 9(3), 1077–1086. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/35296/33013
Octavia, D., & Tamerlane, A. (2017). The Influence of Website Quality on Online Purchase Intentions on Agoda.Com with E-Trust as a Mediator. Binus Business Review, 8(1), 9. https://doi.org/10.21512/bbr.v8i1.1680
Pembangunan, I., Ipm, M., Provinsis, D. I., & Tengah, J. (2021). Oikos: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, ISSN Online: 2549-2284 Volume V Nomor 2, Juli 2021. Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 5(2), 99–106.
Ramadhina, A., & Mugiono, M. (2022). Pengaruh Desain Kemasan, Variasi Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Manajemen Pemasaran Dan …, 01(1), 59–67. https://jmppk.ub.ac.id/index.php/jmppk/article/view/21
Rifki, M., Wicaksana, A., & Santosa, S. B. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Ulang Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pelanggan Jne Di Kota Semarang). Diponegoro Journal of Management, 11(1), 1–12. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr
Sandala, F. D., Tumbel, A. L., & Tampenawas, J. L. A. (2021). Pengaruh Kelompok Referensi, Persepsi Harga Dan Store Atmosphere Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Umkm Beenji Cafe Di Sario Kecamatan Sario. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(1), 878–886.
Schiffman dan Kanuk. 2014. Perilaku Konsumen. Edisi Kedua. Jakarta: PT. Indeks Gramedia
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.
Williams, D. (2023). The marketplace of rationalizations. Economics and Philosophy, 39(1), 99–123. https://doi.org/10.1017/S0266267121000389
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Savira Kusuma Wardani, Witjaksono Eko Hartoto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.