Korelasi Event Tanggal Kembar Terhadap Daya Minat Beli Masyarakat di Shopee
DOI:
https://doi.org/10.55606/cemerlang.v3i1.711Keywords:
E-commerce, Event Tanggal Kembar, Daya Minat beli.Abstract
Teknologi menjadi bukti kemajuan zaman yang pada hakikatnya diciptakan guna mempermudah aktivitas manusia. Salah satu aktivitas manusia yang biasa dilakukan adalah berbelanja. Aktivitas belanja ini dilakukan untuk menunjang kebutuhan hidupnya. Melihat adanya hal tersebut kini mulai banyak muncul inovasi pada bidang ini yang bertransformasi beralih menjadi versi digital atau dikenal sebagai e-commerce. Dari banyaknya e-commerce yang ada di Indonesia shopee menjadi salah satu e-commerce yang banyak peminatnya, dengan demikian tujuan dari penelitian yang berjudul “Korelasi Event Tanggal Kembar Terhadap Daya Minat Beli Masyarakat di Shopee” adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara program tanggal kembar yang diadakan shopee terhadap daya minat beli masyarakat. Dalam eksekusinya metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan instrumen yang digunakan berupa kuesioner model skala likert. Kuesioner yang berisi pertanyaan ditujukan untuk seluruh masyarakat yang aktif bertransaksi menggunakan shopee. Dari penyebaran pertanyaan kuesioner didapat 31 responden sebagai populasi dengan uji sampel yang kami lakukan untuk menganalisis data menggunakan SPSS. Berdasarkan pengolahan dan analisis data yang dilakukan hasilnya menunjukan bahwa nilai signifikansi sebesar 0.012, dimana nilai signifikansi ini lebih kecil dari 0.05 yang digunakan sebagai indikator dalam penggunaan software SPSS sehingga ditemukan adanya korelasi antara variabel event tanggal kembar terhadap variabel daya minat beli masyarakat. Dalam proses pengolahan dan analisis data didapat juga hasil nilai pearson correlation sebesar 0.446 yang artinya memiliki korelasi dengan derajat hubungan korelasi sedang dan bentuk hubungan kedua variabelnya adalah positif, yang artinya semakin sering diadakannya event tersebut berbanding lurus dengan minat beli masyarakat.
References
Cendahani, dkk. (2019). Analisis Kualitas Layanan E-Commerce Terhadap Kepuasan
Pelanggan Menggunakan Metode E-Servqual (Studi Kasus: Website Sale Stock Indonesia). Jurnal Script. 7(2). 203-212.
Dewi, N.L.P.S.A.,dkk. (2021). Respon dan Pengalaman Konsumen Berpartisipasi Pada Mega Sale
Tanggal Kembar: Studi Kasus Pada E-commerce Shopee 9.9 Super Shopping Day. Prosiding SINTESA. 4. 305-312.
Fauziyah, A.R., dkk. (2021). Hubungan Akses E-commerce, Minat Beli, dan Perilaku Konsumtif
Terhadap Promo Tanggal Kembar. Jurnal Sistem Informasi dan Manajemen. 9(3). 306-315.
Janna, N.M. (2021). Konsep Uji Validitas dan Reliabilitas Dengan Menggunakan SPSS.
Maryuliana dkk. (2016). Sistem Informasi Angket Pengukuran Skala Kebutuhan Materi Pembelajaran
Tambahan Sebagai Pendukung Pengambilan Keputusan di Sekolah Menengah Atas Menggunakan Skala Likert. Jurnal Transistor Elektro dan Informatika. 1(2). 1-12.
Munisa. (2021). Pengaruh Flash Sale dan Tagline Gratis Ongkos Kirim Terhadap
Keputusan Pembelian Kosmetik di Marketplace Shopee Pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Antasari Banjarmasin. (SKRIPSI). Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Universitas Islam Negeri Antasari.
Mutia Annur, C. (2022). Ini situs E-Commerce Dengan Pengunjung Terbanyak (Agustus 2022).
[Online]. Diakses dari: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/09/20/ini-situs-e-commerce-dengan-pengunjung-terbanyak-per-agustus-2022
NST Helmi, Mhm Sukri. (2015). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen
Pada CV. Master Pasir Pengaraian Kabupaten Rokan Hulu. (ARTIKEL ILMIAH). Universitas Pasir Pengaraian.
Sari, S.P. (2020). Hubungan Minat Beli Dengan Keputusan Pembelian Pada Konsumen.
(1). 147-155
Wahidmurni. (2017). Pemaparan Metode Penelitian Kuantitatif.
Zein, S., dkk. (2019). Pengolahan dan Analisis Data Kuantitatif Menggunakan Aplikasi
SPSS JTEP-Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran. 4(1). 2-7.