Menjelajahi Etika: Tinjauan Literatur Terbaru tentang Prinsip-prinsip Etika, Konflik Moral, dan Tantangan dalam Kehidupan Kontemporer

Authors

  • Hendy Juni Ar Rasyid Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
  • Hariman Juni Ar Rahman Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
  • Ahmad Fatihul Azzam Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
  • Bantar Febrian Sabila Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
  • Denny Oktavina Radianto Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya

Keywords:

Kehidupan Kontemporer, Konflik moral, Prinsip Etika

Abstract

Etika memiliki peran yang penting dalam kehidupan manusia, terutama dalam konteks kehidupan kontemporer yang semakin kompleks dan dinamis.  Etika juga berhubungan erat dengan konsep moralitas, yang merupakan seperangkat norma, nilai, dan keyakinan yang mengatur perilaku manusia. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif berupa tinjauan literatur terbaru. Metode penelitian ini dilakukan dengan cara mengumpulkan dan menganalisis data dari sumber-sumber tertulis seperti jurnal ilmiah, buku, artikel, dan dokumen lainnya yang terkait dengan topik penelitian. Berdasarkan hasil kajian literatur, terdapat berbagai macam prinsip etika yang berkembang dalam kehidupan kontemporer, seperti utilitarianisme, deontologi, etika hak asasi manusia, etika lingkungan, dan etika profesional. Konflik moral sering terjadi dalam kehidupan kontemporer, baik dalam lingkungan kerja, kehidupan pribadi, maupun dalam konteks sosial dan politik. Konflik moral dapat disebabkan oleh perbedaan nilai atau prinsip etika yang berbeda antara individu atau kelompok, serta situasi yang kompleks dan sulit dipahami. Tantangan dalam kehidupan kontemporer menuntut individu untuk memiliki pemahaman yang mendalam tentang prinsip-prinsip etika dan kemampuan untuk menerapkannya dalam situasi yang kompleks.

References

Böhm, S., Carrington, M., Cornelius, N., de Bruin, B., Greenwood, M., Hassan, L., . . . Shaw, D. (2022). Ethics at the centre of global and local challenges: Thoughts on the future of business ethics. JBE. Journal of Business Ethics, 180(3), 835-861.

Faizah, U. (2020). Etika lingkungan dan aplikasinya dalam pendidikan menurut perspektif aksiologi. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(1), 14-22.

Marpaung, S. F., Lestari, A. R. A. E., Monalisa, F. N., Hasibuan, L. H., & Fadla, S. L. (2023). Implementasi Pendidikan Etika Dan Prilaku Moral Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di Sd Pab 18 Sampali. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (Jpdk), 5(1), 4311-4324.

Munarsih, E., Nurcholifah, I., S EI, M. M., Humaidah Muafiqie, S. E., Kardini, N. L., Ani Mekaniwati, S. E., ... & Tarigan, W. J. (2022). Etika Profesi Manajemen. CV Rey Media Grafika.

Rakib, M., Taan, H., Abdussamad, Z. K., Sahabuddin, A., Fitria, U., Hayati, A. I., ... & Ridwan, M. S. (2023). Pengantar Etika Bisnis. Penerbit Tahta Media.

Ridwan, M., Suhar, A. M., Ulum, B., & Muhammad, F. (2021). Pentingnya penerapan literature review pada penelitian ilmiah. Jurnal Masohi, 2(1), 42-51.

Saepullah, A. (2020). Konsep Utilitarianisme John Stuart Mill: Relevansinya terhadap Ilmu-ilmu atau Pemikiran Keislaman. Aqlania: Jurnal Filsafat Dan Teologi Islam, 11(2), 243-261.

Sari, A. F. (2020). Etika Komunikasi. Tanjak: Journal Of Education And Teaching, 1(2), 127-135.

Siburian, T. (2015). Prinsip Etika Global untuk Kota Modern Multikultural. Societas Dei: Jurnal Agama dan Masyarakat, 2(1), 209-209.

Sudarmanto, E., Heriyani, N., Batubara, H. D. A., Prasetya, A. B., Fajrillah, F., Purba, B., ... & Dharma, E. (2020). Etika Bisnis. Yayasan Kita Menulis.

Sudarso, A., Chandra, E., Manullang, S. O., Purba, B., Simarmata, H. M. P., Butarbutar, M., ... & Gandasari, D. (2021). Etika Bisnis: Prinsip dan Relevansinya. Yayasan Kita Menulis.

Surajiyo, S. (2023, March). TEORI-TEORI ETIKA DAN PRINSIP ETIKA BISNIS. In SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain dan Aplikasi Bisnis Teknologi) (Vol. 6, pp. 259-265).

Tumanggor, R. O. (2021). Kajian Filosofis atas Etika Profesi Psikologi. Refleksi 30 Tahun HIDESI, 176.

Weruin, U. U. (2019). Teori-Teori Etika Dan Sumbangan Pemikiran Para Filsuf Bagi Etika Bisnis. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 3(2), 313-322.

Wildan, A. I. (2020). Kajian Kepustakaan Mengenai Etika Dan Moral Dalam Bisnis (Doctoral Dissertation, Universitas Sangga Buana Ypkp Bandung).

Downloads

Published

2023-05-03

How to Cite

Hendy Juni Ar Rasyid, Hariman Juni Ar Rahman, Ahmad Fatihul Azzam, Bantar Febrian Sabila, & Denny Oktavina Radianto. (2023). Menjelajahi Etika: Tinjauan Literatur Terbaru tentang Prinsip-prinsip Etika, Konflik Moral, dan Tantangan dalam Kehidupan Kontemporer. CEMERLANG : Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Bisnis, 3(2), 229–237. Retrieved from https://prin.or.id/index.php/cemerlang/article/view/1183