STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN DALAM MENINGKATKAN KEPUTUSAN NASABAH PADA PEMILIHAN JENIS TABUNGAN DI BANK PERKREDITAN RAKYAT NBP 32 KARAWANG

Authors

  • Annisa Fitri Muhaemin Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Syifa Pramudita Faddila Universitas Buana Perjuangan Karawang

DOI:

https://doi.org/10.55606/cemerlang.v3i3.1369

Keywords:

BPR, , TAKESRA, PUNDI.

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena strategi pemasaran yang perlu dikembangkan dalam perusahaan yang akan membuat nasabah semakin percaya dengan PT BPR NBP 32 Karawang, tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan minat nasabah dalam menentukan jenis produk tabungan.penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang  di lakukan oleh penulis saat sesudah menjalani kerja praktik , lokus penelitian ini di beberapa pasar yang penulis kunjungi bertemu dengan  nasabah BPR NBP 32 Karawang,informan dari penelitian ini adalah 4 nasabah laki-laki yang berada di pasar rengasdengklok , dan 3 nasabah perempuan yang berada di pasar karawang (Tuparev), 3 orang perempuan yang berada di pasar Johar. Data dikumpulkan melalui wawancara dan survey lapangan. penulis mengamati bahwa yang mempengaruhi nasabah dalam mengambil keputusan jenis tabungan yaitu salah satunya adalah suku bunga jenis tabungan tersebut. Selain itu kepercayaan  nasabah  kepada perusahaan salah satu kunci nasabah untuk menyimpan uang nya dikarena kan legalitas perusahaan yang sudah di awasi OJK sehingga nasabah  merasa aman dalam menabung.Oleh karena itu nasabah menyimpan uang untuk dipergunakan sebagai modal usaha tanpa harus melakukan proses yang rumit saat pencairan. selain tabungan takesra ada pula tabungan pundi yang mana dipilih oleh nasabah sebagai tabungan berhadiah. Karena tabungan pundi ini memiliki undian mobil dan motor disetiap per enam bulan sekali. Sudah banyak sekali nasabah BPR karawang yang memenangkan undian tersebut. Oleh karena itu nasabah percaya dan tertarik untuk memilih tabungan pundi.

References

Haines et al, 2019, goleman, daniel; boyatzis, Richard; Mckee, A.,Analisa Marketing Mix. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Amstrong, K. dan. (2019). Memperkuat Manajemen Pemasaran Dalam Konteks. Jurnal Kebangsaan, 2(4), 1–9.

Mardiaynto, E. (2021). Implementasi Marketing Mix Dalam Pemasaran Perbankan Syariah. Al Iqtishod: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Ekonomi Islam, 9(1), 93–103.

Sumaryanto, A. (2021). Kuliah Kerja Praktek (KKP).

Karim, Z. (2019). Strategi Pemasaran Bank Syariah. Jurnal, 11, 3–7.

http://bprnbp32.com/laporan/PUBLIKASIDES22.pdf

http://bprnbp32.com/

Downloads

Published

2023-06-19

How to Cite

Annisa Fitri Muhaemin, & Syifa Pramudita Faddila. (2023). STRATEGI PEMASARAN PRODUK TABUNGAN DALAM MENINGKATKAN KEPUTUSAN NASABAH PADA PEMILIHAN JENIS TABUNGAN DI BANK PERKREDITAN RAKYAT NBP 32 KARAWANG. CEMERLANG : Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Bisnis, 3(3), 285–291. https://doi.org/10.55606/cemerlang.v3i3.1369