Pengaruh Advertising Dan Personal Selling Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Memakai Kartu Perdana Simpati Di Kalangan Mahasiswa Stie Widya Praja Tanah Grogot

Authors

  • Karlina Karlina Sekolah Tingi Ilmu Ekonomi Widya Praja Tanah Grogot
  • Nuriyah Nuriyah Sekolah Tingi Ilmu Ekonomi Widya Praja Tanah Grogot
  • Fika Indah Juwita Sari Sekolah Tingi Ilmu Ekonomi Widya Praja Tanah Grogot

DOI:

https://doi.org/10.55606/cemerlang.v2i1.798

Keywords:

Adversting, Personal Selling, Keputusan Konsumen.

Abstract

Pengaruh Advertising dan Personal Selling Terhadap Keputusan Konsumen dalam memakai Kartu Perdana Simpati Di Kalangan Mahasiswa STIE Widya Praja Tanah Grogot.

Apakah variabel advertising (X1) dan personal selling (X2) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen (Y) dalam memakai Kartu Perdana Simpati Di Kalangan Mahasiswa STIE Widya Praja Tanah Grogot.

Dalam penelitian ini penulis melakukan penelitian pada Mahasiswa STIE Widya Praja Tanah Grogot. Seluruh responden berjumlah 100 orang responden. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui nilai R sebesar 0, 671, ini berarti terdapat hubungan yang kuat dari variabel advertising (X1) dan personal selling (X2) terhadap variabel keputusan konsumen (Y), sedangkan nilai koefisien determinasi sebesar 0,439  atau 43,9% artinya variabel keputusan konsumen (Y) dijelaskan variabel advertising (X1) dan personal selling (X2) sebesar 0, 439 atau 43,9% sedangkan sisanya sebesar 56,1% dijelaskan oleh variabel lain.

Nilai F hitung sebesar 39,757, sedangkan nilai F tabel sebesar 3,0902, maka F hitung > F tabel 39,757 > 3,0902. Hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya secara bersama-sama variabel bebas berpengaruh positif terhadap variabel tidak bebas.

Dari hasil analisis terhadap dua variabel bebas yang terdiri dari variabel X1 advertising (X1) dan personal selling (X2) bahwa X1 berpengaruh dominan terhadap variabel Y (keputusan konsumen), dengan nilai t hitung sebesar 8,607 dan t tabel sebesar 1,6607, hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dan nilai persamaan regresi sebesar 0 ,989 serta koefisien beta sebesar 0, 687.

References

Anwar Prabu Mangkunegara, 2002, Perilaku Konsumen, Edisi Revisi, Refika, Bandung.

Buchari Alma, 2002, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Edisi Revisi, Bandung.

Bilson Simamora, 2004, Riset Pemasaran (Falsafah, Teori, dan Aplikasi), Cetakan Kedua, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

, 2002, Panduan Riset Perilaku Konsumen, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Basu Swastha DH dan Irawan, 2001, Manajemen Pemasaran Modern, Edisi Kedua, Liberty, Yogyakarta.

, 1999, Azas-Azas Marketing, Edisi Ketiga, Liberty, Yogyakarta.

Fandy Tjiptono, 1997, Strategi Pemasaran, Edisi Kedua, Cetakan Ketiga, Andi Offset, Yogyakarta.

, 2000, Manajemen Jasa, Edisi kedua, Andi, Yogyakarta.

, 2002, Strategi Bisnis Modern, Andy Offset, Yogyakarta.

Freddy Rangkuti, 1997, Riset Pemasaran, Cetakan Ketiga, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

J. Paul Peter dan Jerry C. Olson, 1999, Consumer Behavior (perilaku konsumen dan strategi pemasaran), Jilid 1, Erlangga. Jakarta.

Lingga, P.C.M. Strategic Marketing Plan, PT. Gramedia Pustaka Utama, 2004. Jakarta.

Philip Kotler dan kutipan A.B. Susanto, Manajemen Pemasaran di Indonesia, Salemba Empat Pearson Education Asia Pte. Ltd. Prentice-Hall. Inc. 2000, Jakarta.

, Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol, Edisi Bahasa Indonesia, Jilid I, Alih Bahasa Hendra Teguh dan Ronny Rusli, PT Prenhallindo, Jakarta.

, 2000, Manajemen Pemasaran, Edisi Millenium, Jilid 2, Alih Bahasa Hendra Teguh, Ronny A. Rusli dan Benjamin Molan, Pearson Education Asia Pte. Ltd dan PT Prenhalindo, Jakarta.

, 2003, Marketing Management, The Millenium Edition, Prentice Hall, Inc.Upper Saddle River, New Jersey.

Sugiyono, 1999, Statistika Untuk Penelitian, Alfabeta, Bandung.

Downloads

Published

2023-01-19

How to Cite

Karlina Karlina, Nuriyah Nuriyah, & Fika Indah Juwita Sari. (2023). Pengaruh Advertising Dan Personal Selling Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Memakai Kartu Perdana Simpati Di Kalangan Mahasiswa Stie Widya Praja Tanah Grogot. CEMERLANG : Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Bisnis, 2(1), 30–41. https://doi.org/10.55606/cemerlang.v2i1.798

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.