Pengaruh Kepribadian Merek Dan Pengalaman Merek Terhadap Ikatan Emosional Merek Kedai Kopi

Authors

  • Erica Adriana Universitas Ma Chung
  • Uki Yonda Asepta Universitas Ma Chung
  • Louis Febriano Sujono Universitas Ma Chung

DOI:

https://doi.org/10.55606/cemerlang.v3i2.1117

Keywords:

Ikatan emosional merek, Kepribadian merek, Pengalaman merek

Abstract

Riset ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh dari kepirbadian merek dan pengalaman yang dihasilkan merek pada pembentukan ikatan emosional merek pada merek Starbuck. Penyelenggaran survey dilakukan secara daring kepada 272 pelanggan Starbucks di kota Malang. Data hasil survey dianalisis menggunakan metode regresi linear ganda pada SPSS 2022. Hasil analisis memperlihatkan bahwa faktor kepribadian merek dan pengalaman merek secara parsial berpengaruh terhadap pembentukan ikatan emosional merek. Diantara keduanya, kepribadian merek ditemukan lebih dominan berdampak pada ikatan emosional merek. Namun, kedua variabel hanya memiliki dampak sebesar 29,8% terhadap ikatan emosional merek. Hal ini berarti faktor kepribadian merek lebih berperan pada pembentukan ikatan emosional merek pada pelanggan Starbuck di Malang. Hasil studi juga menyarankan agar Starbucks perlu lebih memahami kebutuhan pelanggan yang berusia 21-35 tahun. Adanya pergeseran generasi konsumen dari Milenial ke generasi Z dapat menghasilkan perbedaan kebutuhan dan persepektif terhadap kepribadian merek dan pengalaman merek, yang pada akhirnya akan dapat menciptakan peningkatan pada ikatan emosional merek.

References

Amraei, M. J., & Tirtashi, N. K. (2018). Investigating the Impact of Brand Personality Dimensions on Customer Responses. Jurnal Manajemen, 1-2. DOI: 10.31219/osf.io/sn5xm.

Andika, R. D., & Prisanto, G. F. (2019). Pengaruh Brand Personality dan Brand Experience Terhadap Emotional Brand Attachment Pada Merek Vespa. Inter Komunika : Jurnal Komunikasi, 4(2), 179-188. DOI: http://dx.doi.org/10.33376/ik.v4i2.

Balakrishnan, B. K., Lee, S., Md.Shuaib, A. S., & Marmaya, N. H. (2009). The Impact of Brand Personality on Brand Preference and Loyalty: Empirical Evidence From Malaysia. Business Educationa & Accreditation, 109-119 Available at: https://scholar.google.co.id/scholar?q=The+Impact+of+Brand+Personality+on+Brand+Preference+and+Loyalty&hl=en&as_sdt=0&as_vis=1&oi=scholart.

Bambang, Lubis, A., & Darsono, N. (2017). Pengaruh Brand Image, Brand Personality, Brand Experience terhadap Brand Love Dampaknya pada Brand Loyalty Gayo Aceh Coffee PT. Oro Kopi Gayo Kabupaten Aceh Tengah. Jurnal Perspektif Manajemen dan Perbankan, 8(3), 158-184. Available at: https://jurnal.usk.ac.id/JPMP/issue/view/1097.

Brakus, J., Schmitt, B., & Zaranto, L. (2009). Brand Experience:What Is It? How Is It Measured? Does It Affect Loyalty? Journal of Marketing, 52-68. DOI: https://doi.org/10.1509/jmkg.73.3.052.

Devia, A., Aisjah, S., & Puspaningrum, A. (2018). The Influence of Brand Experience and Service Quality to Customer Loyalty Mediated by Customer Satisfaction in Starbucks Coffee Malang. Management and Economics Journal Vol. 2(2), 161-170. DOI: https://doi.org/10.18860/mec-j.v0i1.5195.

Diani, N., & Hirawati, H. (2022). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian di Restoran Mie Kiro Kebumen. AKSIOMA: Jurnal Manajemen, 1(2), 63-79. DOI : https://doi.org/10.30822/aksioma.v1i2.1768.

Ghorbanzadeh, D., & Rahehagh, A. (2020). Emotional Brand Attachment and Brand Love: The Emotional Bridges in the Process of Transition from Satisfaction to Loyalty. Emerald Insight, 16-38. DOI: https://doi.org/10.1108/RAMJ-05-2020-0024.

Gumulya, D., & Helmi, I. (2017). Kajian Budaya Minum Kopi Indonesia. Trijurnal Dimensi Volume 13 Nomor 2, 153 - 172. DOI: https://doi.org/10.25105/dim.v13i2.1785.

Hermanto, L., & Rodhiah. (2019). Pengaruh Brand Personality Terhadap Purchase Intention Produk The Body Shop. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, 1(4), 820-829. DOI: https://doi.org/10.24912/jmk.v1i4.6569.

Huaman-Ramires, R., & Merunka, D. (2019). Brand Experience Effects on Brand Attachment: The Role of Brand Trust, Age, and Income. Europian Business Review, 31(5), 610-645. doi:https://doi.org/10.1108/EBR-02-2017-0039

Igiasi, T. (2017). Kedai kopi Sebagai Ruang Publik: Studi Tentang Gaya hidup Masyarakat Kota Tanjungpinang. Jurnal Masyarakat Maritim Volume 1 Nomor 1, 19-28. DOI: https://doi.org/10.31629/jmm.v1i1.1660.

Interbrand.com. (2023). Best Global Brand 2022. Available at: https://interbrand.com/best-global-brands/starbucks/, diakses tanggal 2 Januari 2021.

Khairunnisa, S. N. (2020) Sejarah Masuknya Kopi di Indonesia, Belanda Bawa Benih Arabika ke Jawa. Available at: https://www.kompas.com/food/read/2020/10/01/ 170700475/sejarah-masuknya-kopi-di-indonesia-belanda-bawa-benih-arabika-ke-jawa?page=all, diakses tanggal 17 Januari 2023.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2020). Principles of Marketing, 18th Global Edition. Essex, England: Pearson Education.

Kusuma, Yohanes Surya. (2014). Pengaruh Brand Experience Terhadap Brand Loyalty Melalui Brand Satisfaction dan Brand Trust Harley Davidson di Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra Vol.2, No.1, (2014) 1-11, 2-4. Available at: https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-pemasaran/issue/view/88.

Mahmudan, A. (2022). Berapa Konsumsi Kopi Indonesia pada 2020/2021?: https://dataindonesia.id/sektor-riil/detail/berapa-konsumsi-kopi-indonesia-pada-20202021, diakses tanggal 19 Januari 2023.

Malar, L., Hoyer, W. D., & Nyffenegger, B. (2011). Emotional Brand Attachment and Brand Personality: The Relative Importance of the Actual and the Ideal Self. American Marketing Association: Journal of Marketing, 75(3), 35-52. DOI: https://doi.org/10.1509/jmkg.75.4.35.

Martiyanti, D., Dharmmesta, B. S., Nugroho, S. S., & Aritejo, B. A. (2021). Brand Attachment Vs. Brand Love: To What Extent are They Identical? Jurnal Dinamika Manajemen, 12(2), 225-244. DOI: https://doi.org/10.15294/jdm.v12i2.

Prakosa, A. (2019). Brand Personality and Brand Quality Rating in the Coffee Industry. International Conference on Technology, Education and Science, 114-121 Available at: https://www.researchgate.net/publication/338032996_Brand_ Personality_and_Brand_Quality_Rating_in_the_Coffee_Industry/citations.

Putra, T., & Keni. (2020). Brand Experience, Perceived Value, Brand Trust untuk Memprediksi Brand Loyalty: Brand Love sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 4(1), 184-193. DOI :https://doi.org/10.24912/ jmieb.v4i1.7759

Rahmadianto, S. A. (2019). Kajian Brand Strategi Roadmap (Studi Kasus Pada Starbucsk Coffee). Jurnal Desain Komunikasi Visual dan Intermedia Citra Dirga, 1(1) DOI: https://doi.org/10.33479/cd.v1i01.

Ren, Y., Choe, Y., & Song, H. (2022). Antacendents and Consequences of Brand Equity: Evidence from Starbucks Coffee Brand. International Journal of Hospitality Management, 1-10. doi:https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2022.103351

Ruhulessin, M. F. (2022). Starbucks Resmi Punya 500 Gerai di Indonesia. Available at: https://www.kompas.com/properti/read/2022/08/29/143000821/starbucks-resmi-punya-500-gerai-diIndonesia#:~:text=Starbucks%20Resmi%20Punya% 20500%20Gerai%20di%20Indonesia, diakses tanggal 3 Februari 2023.

Starbucks.com. (2023). Company Profile. Available at: https://stories.starbucks.com/ press/2019/company-profile/, diakses tanggal 3 Februari 2023.

Statista.com. (2022). Number of Coffee Shop Outlets in Indonesia Between August 2019 to April 2020, By Brand. Available at: https://www.statista.com/statistics/1034500/ indonesia-coffee-shop-outlets-number-by-brand/, diakses tanggal 19 Januari 2023.

Sung, Y., & Kim, J. (2010). Effect of Brand Personality on Brand Trust and Brand aAffect. Psychology and Marketing, 27(7), 121-132. DOI: https://doi.org/10.1002/mar.20349.

Supratiknya, A. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif & Kualitatif Dalam Psikologi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Suryani, C., & Kristiyani, D. (2021). Studi Fenomenologi Pada Gaya Hidup Baru Anak Muda Sebagai Pengunjung Coffee Shop di Kota Salatiga. PRecious: Public Relations Journal, 177-201. Available at: https://ejournal.uksw.edu/ precious/article/view/4769.

Vicky Hanggara, R. K. (2015). Pengaruh Brand Personality Teh Javana Terhadap Purchase Intention Melalui Pendekatan Self-Image Congruence. Jurnal Manajemen Pemasaran, 3-5, Available at: https://publication.petra.ac.id/ index.php/manajemen-pemasaran/article/view/3648.

Wulandari, D. (2019). Inilah 7 Faktor Pendorong Bisnis Kedai Kopi di Indonesia. Avalaiable at: https://mix.co.id/marcomm/news-trend/inilah-7-faktor-pendorong-bisnis-kedai-kopi-di-indonesia/, diakses tanggal 19 Januari 2023.

Yugantara, P., Susilo, R., & Sulismadi. (2021). Gaya Hidup Ngopi Sebagai Perilaku Konsumsi. Al-Mada: Jurnal Agama Sosial dan Budaya, 4(1), 126-137. DOI: https://doi.org/10.31538/almada.v4i1.1096

Downloads

Published

2023-04-19

How to Cite

Erica Adriana, Uki Yonda Asepta, & Louis Febriano Sujono. (2023). Pengaruh Kepribadian Merek Dan Pengalaman Merek Terhadap Ikatan Emosional Merek Kedai Kopi. CEMERLANG : Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Bisnis, 3(2), 114–130. https://doi.org/10.55606/cemerlang.v3i2.1117