PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP PEMAHAMAN AKUNTANSI

Authors

  • Suratman Suratman Universitas Semarang
  • Nanang Ari Utomo Universitas Semarang

Keywords:

intellectual intelligence, emotional intelligence, spiritual intelligence and accounting understanding.

Abstract

This study aims to determine the effect of intellectual intelligence, emotional intelligence, and spiritual intelligence on accounting understanding. The sampling method is purposive sampling and the sample used is 134 students from the Semarang University in 2018. The data collection technique is by distributing questionnaires. Analysis of the data in this study with linear regression with software smartPLS 3.2.9. The results of this study indicate that Intellectual Intelligence, Emotional Intelligence and Spiritual Intelligence have a simultaneous effect on Accounting Understanding. Partially, Intellectual Intelligence and Emotional Intelligence have no effect on Accounting Understanding, while Spiritual Intelligence has no effect on Accounting Understanding.

 

References

Aulia, P.G dkk. 2020. “Tingkat Pemahaman Akuntansi Berdasarkan Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual”. Journal of Business, Vol.2, No.1, 242-255.

Gayatri, N.P.L., & Wirawati, N.G.P. 2019. “Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual dan Perilaku Belajar Terhadap Pemahaman Akuntansi”. E-Jurnal Akuntansi, Vol.28.2:1377-1404.

Laksmi, R.A & Sujana, I.K 2017. “Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Pemahaman Akuntansi”. E- Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, Vol.21.2, 1373-1399.

Mikoshi, Medelyn Sonya., dkk. 2020. Pengaruh Gender, Locus of Control da Equity Sensitivity terhadap Perilaku Etis Mahasiswa Akuntansi Universitas Andalas. Jambi : LP2M Universitas Batanghari

Pontoh, W. 2015. Akuntansi Konsep dan Aplikasi. Tersedia di repo.unsrat.ac.id/id/eprint/845. Diakses pada: bulan Januari 2021.

Pratiwi, S.Y dkk. 2021. “Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Emosional, Spiritual Terhadap Pemahaman Akuntansi Keuangan Mahasiswa Universitas Bhayangkara Surabaya”. UAJ: UBHARA Accounting Journal, Vol.1, No.2:246-254.

Rimbano, D & Putri, M.S.E. 2016. “Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi”. Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis, Vol.15.

Rusmiani, N.K.A & Widanaputra, A.A.G.P. 2017. “Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman AkuntansI”. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, Vol.20.2:959-985.

Wardani, N.R.W., & Ratnadi, N.M.D. 2017. “Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual dan Perilaku Belajar Pada Tingkat Pemahaman Akuntansi”. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, Vol.20.2:1133-1161.

Wijaya, S.A., & Asana, G.H.S. 2019. “Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa Program Studi Akuntansi di STIE TRIATMA MULYA”. Journal Research Accounting (JARAC), Vol.01, No.02:30-44.

Downloads

Published

2021-02-27

How to Cite

Suratman Suratman, & Nanang Ari Utomo. (2021). PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP PEMAHAMAN AKUNTANSI. CEMERLANG : Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Bisnis, 1(1), 01–17. Retrieved from https://prin.or.id/index.php/cemerlang/article/view/266

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.