PENERAPAN PENDETEKSIAN MODEL ANTRIAN SEBAGAI UPAYA MENJAGA EFEKTIVITAS FASILITAS PELAYANAN KASIR PADA TOSERBA YOGYA GRAND KARAWANG

Authors

  • Dela Vida Rochani Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Sungkono Sungkono Universitas Buana Perjuangan Karawang

DOI:

https://doi.org/10.55606/cemerlang.v3i3.1371

Keywords:

Sistem Antrian, Kasir yang efektif

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Toserba Yogya Grand Karawang. Toserba Yogya merupakan salah satu mall supermarket yang ada di Kota Karawang dengan jumlah pelanggan yang cukup banyak. Toserba Yogya Grand karawang dalam melayani konsumen yang mengantri untuk melakukan transaksi pembayaran di kasir selama ini memerlukan waktu yang relatif lama sehingga antrian menjadi panjang. Jika antrian panjang, akibatnya konsumen akan merasa tidak nyaman. Analisis dengan menggunakan sistem antrian metode tingkat aspirasi menunjukan bahwa jumlah kasir di Toserba Griya Yogya Grand Karawng ini harus ditambah, yaitu dari yang semula hanya ada pelayanan dengan 7 kasir, menjadi 12 kasir pada waktu-waktu sibuk yaitu pada hari Sabtu dan Minggu dari pukul 17.00 hingga pukul 21.00. Hasil penelitian ini merekomendasikan kepada Toserba Yogya untuk menambah 4 pelayanan kasir menjadi 12, dengan tujuan agar pelayanan kepada pelanggan dapat lebih efektif.

References

Bataona, B. L., Nyoko, A. E., & Nursiani, N. P. (2020). Analisis Sistem Antrian Dalam Optimalisasi Layanan Di Supermarket Hyperstore. Journal of Management Small and Medium Enterprises (SMEs), 12(2), 225-237.

Perasetia, D. C. (2018). ANALISIS PENERAPAN TEORI ANTRIAN PADA SISTEM PEMBAYARAN SUPERMARKET “X” (Doctoral dissertation, Program Studi Manajemen S1 Universitas Widyatama).

Hardiyani, Rini. "Analisis Penerapan Teori Antrian Pada Sistem Pembayaran Supermarket Di Golden Market Jember." (2013).

Kamila, R. (2021). Peranan Frontliner dalam Upaya Meningkatkan Pelayanan Terhadap Nasabah Pada Pt. Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten (Persero), Tbk. Kantor Cabang Pembantu Indihiang (Doctoral dissertation, Universitas Siliwangi).

Bungkaes, H. R., Posumah, J. H., & Kiyai, B. (2013). Hubungan efektivitas pengelolaan program raskin dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat di Desa Mamahan Kecamatan Gemeh Kabupaten Kepualauan Talaud. Acta Diurna Komunikasi, 2(2).

Downloads

Published

2023-06-19

How to Cite

Dela Vida Rochani, & Sungkono Sungkono. (2023). PENERAPAN PENDETEKSIAN MODEL ANTRIAN SEBAGAI UPAYA MENJAGA EFEKTIVITAS FASILITAS PELAYANAN KASIR PADA TOSERBA YOGYA GRAND KARAWANG. CEMERLANG : Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Bisnis, 3(3), 292–298. https://doi.org/10.55606/cemerlang.v3i3.1371

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.