DISIPLIN KERJA PADA DINAS PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA (DPPKB) KABUPATEN KARAWANG

Authors

  • Fajar Siddiq Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Puji Isyanto Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Dini Yani Universitas Buana Perjuangan Karawang

DOI:

https://doi.org/10.55606/cemerlang.v3i3.1359

Keywords:

Disiplin Kerja, Pegawai Dinas, DPPKB.

Abstract

Kantor Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Karawang merupakan instansi pemerintahan yang memiliki peran penting dalam pengendalian jumlah penduduk yang ada di kabupaten karawang melalui program keluarga berencana (KB). Kerja Praktik dilaksanakan dengan cara magang kerja disuatu instansi atau perusahaan didaerah Karawang terkait dengan tujuan memberi wawasan kepada mahasiswa tentang dunia kerja yang sebenarnya. Laporan Kerja Praktik ini bertujuan untuk mengetahui Disiplin Kerja pada Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana. Salah satu indikasi rendahnya kualitas Pegawai Negeri Sipil Daerah tersebut adalah adanya pelanggaran disiplin yang banyak dilakukan oleh Pegawai Negeri Sipil Daerah. Metode dasar dalam memperoleh data yaitu dengan cara wawancara langsung, pengamatan, serta observasi langsung ke lapangan. Hasil laporan Kerja Praktik ini menunjukkan bahwa kondisi tingkat kedisiplinan pegawai pada Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Karawang sudah cukup baik, walaupun didapati beberapa pegawai yang masih belum menjalankan tugasnya sesuai dengan job desk, dan terdapat beberapa pegawai datang dan pulang tidak sesuai dengan jam dan waktu yang sudah ditentukan oleh Dinas. Kendala yang dihadapi oleh seorang Pegawai Negeri Sipil dalam Peningkatan Disiplin Pegawai Negeri Sipil adalah Kurang tegasnya Sanksi yang diberikan oleh Pejabat yang berwenang serta lunturnya Kedisiplinan Pegawai Negeri Sipil. Adapun penyelesaian permasalahan tersebut ialah dengan memberikan sanksi dan tindakan yang lebih tegas terhadap setiap pelanggaran agar setiap pegawai bisa lebih Disiplin lagi dalam segala hal dan dapat memberikan efek jera agar Pegawai yang lain tidak meniru atau melakukan pelanggaran serupa atau lebih berat lagi.

References

Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana. (2021-2026). Rencana Strategis (RENSTRA) Kabupaten Karawang

Hakim, L. N., & Hdayat, L. S. (2023). ANALISIS PENGARUH MOTIVASI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI (STUDI PADA BAGIAN PROTOKOL PEMDA KABUPATEN LAMPUNG SELATAN). KALIANDA HALOK GAGAS, 6(1), 46-60.

Yanti, D. (2023). DISIPLIN KERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL DI DINAS PEBERDAYAAN MASYARAKAT KABUPATEN PASAMAN PROVINSI SUMATERA BARAT (Doctoral dissertation, IPDN).

Setiawan, N. A., Kusumadewi, R., & Hidayat, A. (2022). Disiplin Kerja Pegawai di Direktorat Pembinaan Masyarakat Polda Jawa Barat. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(2), 4897-4906.

Susan, E. (2019). Manajemen sumber daya manusia. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 952-962.

Syafruddin, S. E., Periansya, S. E., Farida, E. A., Nanang Tawaf, S. T., Palupi, F. H., ST, S., ... & Satriadi, S. (2022). Manajemen Sumber Daya Manusia. CV Rey Media Grafika.

Sofa, N. (2020). DESKRIPSI DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. KARUNIA BERLIAN MAKMURREALME REGION BANJARMASIN (Doctoral dissertation, Universitas Islam Kalimantan MAB).

Downloads

Published

2023-06-19

How to Cite

Fajar Siddiq, Puji Isyanto, & Dini Yani. (2023). DISIPLIN KERJA PADA DINAS PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA (DPPKB) KABUPATEN KARAWANG. CEMERLANG : Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Bisnis, 3(3), 155–166. https://doi.org/10.55606/cemerlang.v3i3.1359

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.