Strategi Retensi Pegawai PT Sinkona Indonesia Lestari dalam Meningkatkan Employee Engagement

Authors

  • Christina Amanda Savitri Politeknik Ketenagakerjaan
  • Moch. Aly Taufiq Politeknik Ketenagakerjaan
  • Marsha Shabilla Iskandar Politeknik Ketenagakerjaan

DOI:

https://doi.org/10.55606/cemerlang.v2i3.331

Keywords:

Employee Engagement, Pegawai, Retensi

Abstract

Perusahaan perlu mengelola pegawai dengan baik, sehingga perusahaan tidak kehilangan pegawai, terutama pegawai yang kompeten. Salah satu caranya yaitu dengan mengembangkan strategi retensi yang tepat. Faktor utama keberhasilan strategi retensi pegawai yaitu employee engagement. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi retensi pegawai PT Sinkona Indonesia Lestari (SIL) yang berhasil dalam meningkatkan employee engagement. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Populasi pada penelitian ini melibatkan 7 informan yang terdiri dari 6 pegawai dan 1 dari pihak manajemen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 5 strategi retensi yang berhasil membuat pegawai bertahan di PT SIL hingga puluhan tahun, sehingga dapat meningkatkan employee engagement yang terdiri dari 1) lingkungan kerja, 2) kompensasi, 3) kesejahteraan pegawai, 4) kepemimpinan, dan 5) hubungan kerja. Namun terdapat hambatan dalam implementasikan strategi retensi di PT SIL yaitu karena adanya keberagaman generasi yang ada saat ini, serta adanya pergantian kepemimpinan, sehingga implementasi strategi retensi di PT SIL mengalami perbedaan dengan pemimpin sebelumnya.

References

Buku

Armstrong, Gary & Philip, Kotler. 2012. Principles of Marketing. New Jersey: Prentice Hall.

Mello, Jeffrey A. 2006. Strategic : Human Resource Management. USA: Towson University.

Mondy, R. W. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Erlangga.

Patilima. 2004. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2003. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Tampubolon, Hotner. 2016. Strategi Manajemen Sumber Daya Manusia dan Perannya Dalam Pengembangan Keunggulan Bersaing. Depok Timur: Papas Sinar Sinanti.

Jurnal

Agnes. W. H., & Setiawan, Roy. 2017. Pengaruh Employee Engagement Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Tirta Rejeki Dewata. Agora, Vol. 5, No.1.

Anitha, J. 2014. Determinants of Employee Engagement and Their Impact on Employee Performance. International Journal of Productivity and Performance Management, Vol. 63, Issue. 3, 308-323.

Donny. A. H., & Chandra. W. 2020. Faktor yang Mempengaruhi Turnover Karyawan dan Strategi Retensi Sebagai Pencegahan Turnover Karyawan : Sebuah Tinjauan Literatur. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, Vol. 16, No. 1, 13 – 23.

Maniam, Balasundram., Leavell, Handley., & Pustejovsky, Stephanie. 2016. Family Friendly Work Practices in The Us Revisited. International Journal of Economics and Financial Issues, Vol. 6, Issue: S6, 55-59.

Martin, C. A. 2005. From High Maintenance to High Productivity: What managers need to know about Generation Y. Industrial and Commercial Training, Vol. 37, No.1, 39-44.

Maslow, A. H. 1943. A Theory of Human Motivation. Psychological Review, Vol. 50, No. 4, 370-396.

Ni. W. P. O. W., & Eddy. S. G. 2018. Retention Strategies PT. Coca-Cola Distribution Indonesia-Balinusa Dalam Meningkatkan Employee Engagement (Studi Kasus : Level Manajer). Jurnal Manajemen dan Bisnis Universitas Pendidikan Nasional, Vol. 15, No. 4, 1-23.

Rombaut, E., & Guerry, M-A. 2020. The Effectiveness of Employee Retention Through an Uplift Modeling Approach. International Journal of Manpower, Vol. 41, Issue. 8, 1199-1220. doi: 10.1108/IJM-04-2019-0184.

Singh, Diwakar. 2019. A Literature Review on Employee Retention with Focus on Recent Trends. Int J Sci Res Sci Technol, Vol. 6, Issue 1, 325-431.

Terjesen, Siri., & Frey, R-V. 2008. Attracting and Retaining Generation Y Knowledge Worker Talent. Smart Talent Management: Building Knowledge Assets for Competitive Advantage, 66-90.

Skripsi

Nova. K. N. 2021. Employee Engagement di Shafira Tour and Travel. Skripsi, Dakwah dan Komunikasi. Surabaya: UIN Sunan Ampel Surabaya.

Praditia, Ajif. 2013. Pola Jaringan Sosial Pada Industri Kecil Rambut Palsu di Desa Karang Banjar Kecamatan Bojongsari Kabupaten Purbalingga. Skripsi, Ilmu Sosial. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Internet

Bersin, J. 2014. Why Companies Fail to Engage Today’s Workforce: The Overwhelmed Employee. Forbes. https://www.forbes.com/sites/joshbersin/2014/03/15/why-companies-fail-to-engage-todays-workforce-the-overwhelmed-employee/#34880e894726, diakses tanggal 05 Maret 2022.

Undang-Undang Ketenagakerjaan No 13 Tahun 2003. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/43013, diakses tanggal 19 September 2022.

Undang-Undang No. 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/149750/uu-no-11-tahun-2020, diakses tanggal 19 September 2022.

Peraturan Pemerintah No. 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan bahwa pegawai diberikan gaji diatas Upah Minimum Kabupaten/ Kota (UMK). https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/161909/pp-no-36-tahun-2021, diakses tanggal 19 September 2022.

Downloads

Published

2022-08-20

How to Cite

Savitri, C. A., Moch. Aly Taufiq, & Marsha Shabilla Iskandar. (2022). Strategi Retensi Pegawai PT Sinkona Indonesia Lestari dalam Meningkatkan Employee Engagement. CEMERLANG : Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Bisnis, 2(3), 321–335. https://doi.org/10.55606/cemerlang.v2i3.331

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.