Analisis Kebutuhan Mahasiswa Terhadap Bahan Ajar Sebagai Acuan Untuk Mengembangkan E-Module Pembelajaran Koperasi

Authors

  • Mutiya Oktariani Universitas Musamus

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurripen.v2i1.1046

Keywords:

pembelajaran koperasi, e-module, bahan ajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan mahasiswa terhadap bahan ajar yang digunakan dalam kegiatan perkuliahan Pembelajaran Koperasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif dengan subjek penelitian adalah mahasiswa pendidikan ekonomi semester enam FKIP Universitas Musamus sebanyak 25 orang mahasiswa. Data penelitian diperoleh dari kegiatan observasi awal dan pengisian angket kebutuhan terhadap bahan ajar yang diinginkan. Hasil observasi awal menunjukkan bahwa pada materi perkuliahan Pembelajaran Koperasi akan lebih banyak melakukan praktik dalam membuat perhitungan SHU namun dikarenakan waktu perkuliahan yang terbatas hanya dua sks disetiap pertemuan membuat dosen kesulitan untuk memberikan penjelasan materi secara rinci kepada mahasiswa. Hasil analisis angket mahasiswa menunjukkan bahwa mahasiswa lebih membutuhkan bahan ajar jenis digital berupa modul agar dapat menjadi penunjang dalam kegiatan perkuliahan mahasiswa dan dapat digunakan mahasiswa dalam kegiatan perkuliahan secara mandiri maupun dengan pendampingan dosen mata kuliah.

References

Anggraeni, D., Zahra, L. A., & Shoheh, R. A. (2020). Pembelajaran blended learning berbasis schoology pada mata kuliah Pendidikan Agama Islam. TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 7(1), 56-69.

Febrina Tasya, Leonard, Maya Masitha Astriani. 2020. Pengembangan Modul Elektronik Matematika Berbasis Web. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika) Vol.6 No.1 (2020). Hal 27-36. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/

Hendri, S., Handika, R., Kenedi, A. K., & Ramadhani, D. (2021). Pengembangan modul digital pembelajaran matematika berbasis science, technology, enginiring, mathematic untuk calon guru sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2395-2403.

Indariani, Artisa, Surya AP, Sika F. 2018. Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Pembelajaran Matematika (Bahan Ajar Digital Interaktif Pada Materi Pertidaksamaan Nilai Mutlak Linear Satu Variabel). Jurnal Eduma Vol.7 No.2. November 2018. Hal 89- 98.

Najuah, Pristi Suhendro Lukitoyo, Winna Wirianti. 2020. Modul Elektronik: Prosedur Penyusunan dan Aplikasinya. Penerbit: Yayasan Kita Menulis.

Pertiwi Putri & Masugino. 2018. Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Problem Based Learning Pada Kompetensi Merawat Sistem Rem Sepeda Motor Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Kejuruan (JIPTEK) Vol. 11 No.2 (2018) hal 1-10. https://jurnal.uns.ac.id/jptk/article/view/21878/17598

Prasmala ER dan Tanggu ED. 2020. Analisis Kebutuhan Pengembangan Modul Sistem Pencernaan dengan Model Pembelajaran Make a Match Berbasis Digital Daily Assestment. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v9i1.266.

Purwaningtyas, Dwiyogo Wasis, Hariyadi Imam. 2017. Pengembangan Modul Elektronik Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas XI Berbasis Online Dengan Program Edmodo. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan Vol.2 Nomor: 1 Bulan Januari Tahun 2017 Hal.121-129.

Setiawan, Agung & Iin Wariin. 2017. Desain Bahan Ajar yang Berorientasi Pada Model Pembelajaran Student Team Achievement Division Untuk Capaian Pembelajaran Pada Ranah Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMP Negeri 1 Plered Kabupaten Cirebon. Jurnal Edunomic Vol.5 No.01 Tahun 2017. P-ISSN 2337-571X e-ISSN 2541-562X. Hal 17-32.

Triyono, M. Bruri. (2015). The Indicators of Instructional Design for E-learning in Indonesian Vocational High Schools. Procedia – Sosial and Behavioral Science Journal, 204, 54-61. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.08.109

Downloads

Published

2023-04-10

How to Cite

Mutiya Oktariani. (2023). Analisis Kebutuhan Mahasiswa Terhadap Bahan Ajar Sebagai Acuan Untuk Mengembangkan E-Module Pembelajaran Koperasi. JURNAL RISET RUMPUN ILMU PENDIDIKAN, 2(1), 196–202. https://doi.org/10.55606/jurripen.v2i1.1046

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.