PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN KARYAWAN UNTUK MEMPERCEPAT PENCAPAIAN VISI, MISI PERUSAHAAN

Authors

  • Heri Sasono STIE Dharma Bumiputera, Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.55606/nusantara.v1i4.539

Keywords:

kompetensi hard skill, soft skill dan SDM profesionalisme

Abstract

Kompetensi sumber daya manusia (SDM) senantiasa harus ditingkatkan, guna menghadapi persaingan yang semakin ketat  di Era 4.0. Peningkatan komptensi dapat melalui hard skill maupun soft skill dan intergrasi di antara keduanya, hard skill dan soft skill.

Pendidikan dan pelatihan (Diklat) pegawai PT. Bumida Kantor Pusat dan Kantor Cabang DKI Jakarta, baik pendidikan formal melalui peningkatan jenjang pendidikan ke Strata-1 atau Strata-2 dan non formal, berupa peningkatan kompetensi hard skill atau soft skill.

Manfaat dari peningkatan kompetensi hard skill dan kompetensi soft skill sangat dibutuhkan dalam dunia kerja, karena kedua hal ini adalah saling melengkapi dan menyatukan kompetensi hard skill dan soft skill untuk keberlangsungan (survive) perusahaan dan kesuksesan seorang pegawai menjadi seorang professionalisme.

 

References

Aritonang, L. R. (2010). Riset Pemasaran Teori dan Praktik. Bogor: Ghalia Indonesia. Elfindri dkk. (2011). Soft Skill Untuk Tenaga Pendidik. Jakarta: Baduose Media. Ghozali, I. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate Program IBM SPSS 20. Semarang: Badan Penerbit

Universitas Diponegoro. Hasibuan, M.S.P. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara. Hendarman, A.F. & Tjakraatmadja, J.H. (2012). Relationship among Soft skills, Hard skills, and

Innovativeness of Knowledge Workers in the Knowledge Economy Era. Procedia –Social

Behavioral Sciences, 52, 35–44. Ibrahim, R., Boerhannoeddin, A., Bakare, K.K. (2017). The effect of soft skills and training methodology

on employee performance, European Journal of Training Development, 41(4), 71–84. Islami, F.A. (2012). Analisis Pengaruh Hard Skill, Soft Skill, dan Motivasi Terhadap Kinerja Tenaga Penjualan (Studi pada Tenaga Kerja Penjualan PT. Bumiputera Wilayah Semarang).

http://eprints.undip.ac.id/35849/1/SKRIPSI _ISLAMI.pdf Mangkunegara, A. P. (2011). Evaluasi Kinerja SDM. Bandung: Refika Aditama. Muspah, E.Y., Gani, A. & Ramlawati. (2021). Pengaruh Hard skill dan Soft skill Terhadap Kinerja

Pegawai pada Kantor Camat Galesong Utara di Kabupaten Takalar. Paradoks: Jurnal Ilmu

Ekonomi, 4 (1), 133-142. Muslimat, A. (2020). Pengaruh Kompetensi terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Gramedia di Jakarta.

Jurnal Ekonomi Efektif, 2 (4), 586-592. Neff, J.M., Thomas J., Citrin. (1999). Lesson From The Top. New York: Currency Doubleday. Nuryana, I. & Triwahyudiyanto. (2016). Pengaruh Softskill dan Hardskill terhadap Kinerja Siswa Prakerin

SMK Modern Al–Rifa‘ie (Studi pada Siswa Prakerin SMK Modern Al-Rifa’ie Gondanglegi).

http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPIG/article/view/1446 /1136 Pallant, J. (2017). SPSS Survival Manual: A Step by Step Guide to Data Analysis Using SPSS for

Windows. Berkshire: McGraw-Hiel and Open University Press. Purnami, R.S. & Rohayati. (2013). Implementasi Metode Experiental Learning Dalam Pengembangan

Softskill Mahasiswa yang Menunjang Integrasi Teknologi, Manajemen dan Bisnis. Jurnal Penelitian

Pendidikan, 13 (1), 98-104. Rasid , Z., Tewal, B. & Christoffelkojo. (2018). Pengaruh Hard Skill dan Soft skill terhadap Kinerja

Karyawan Perum Damri Manado. Jurnal EMBA, 6 (2), 1008 – 1017. Rokhayati, A., Kambara, R. & Ibrahim, M. (2017). Pengaruh Soft skill dan Perencanaan Karir terhadap

Kinerja Karyawan Dengan Kualitas Pelatihan sebagai Variabel Moderator (Studi empiris pada PT. Krakatau Tirta Industri Cilegon). Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Tirtayasa (JRBMT), 1 (2), 107-124.

Setiani, F. & Rasto. (2016). Mengembangkan Soft skill Siswa Melalui Proses Pembelajaran. Journal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1 (1), 160-166.

Siahaan, N.S. d& Sihombing, H. (2017). Pengaruh Hard skill dan Soft Skill terhadap Kinerja Karyawan PT Telkom Sumatra. Jurnal Plans. Penelitian Ilmu Manajemen & Bisnis, 12 (2), 143- 153.

Sinarwati, N.K. (2012). Apakah Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Mampu Meningkatkan Soft Skill dan Hard skill Mahasiswa?. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Humanika, 3 (2), 1208-1231.

Anak Agung Gde Mantra Suarjana Pengaruh Kompetensi terhadap Kinerja Dalam Upaya Mewujudkan Integrasi Kompetensi Hard skill, Soft Skill Lulusan Akuntansi

Hamida.”Peningkatan Soft skills Tanggung Jawab dan Disiplin Terintegrasi Melalui Pembelajaran Praktik Patiseri”. Jurnal Pendidikan Karakter, Universitas Negeri Yogyakarta Vol.1 No.2, Juni 2012

Manara, Utung, M. 2014 “Hard skills dan Soft skills pada Bagian Sumber Daya Manusia di Organisasi Industri” Jurnal Psikologi Tabularasa Volume 9, No.1, April 2014: 37-47

Nitta.”Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Peningkatan Kinerja Karyawan Pada Balai Pelatihan Teknis Pertanian

Kalasey”. Jurnal EMBA Fakultas Ekonomi, Universitas Samarinda Ratulangi Manado. ISSN 2303-1174 Vol.1 No.3 Juni 2013

Sinarwati,N.2013”Apakah Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Mampu Meningkatkan Soft skills Dan Hard skills Mahasiswa”

Stepanus.”Pengaruh Budaya Organisasi, Gaya Kepemimpinan, Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai”. Jurnal Studia Dinas Kehutanan, Kab. Barito Selatan. ISSN: 2337-6112 Vol.1 No.1: 2014

Sudiana. 2010. Peningkatan Kualitas Lulusan Melalui Pengembangan Soft skills di Perguruan Tinggi. Makalah disajikan dalam Loka Karya Soft skills Impementasi PHK-I STIE Triatma Mulya Dalung Badung, 29 Januari.

Sudiardhita R. Ketut. 2009. “Soft Skill Sebagai Kebutuhan Dunia Kerja Dalam Menciptakan Sumber Daya Manusia Unggulan” ISSN:1693-1661

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Wahyuni. 2016. “Pengaruh Hard Skill Dan Soft Skill Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan”

Widayanti, R. 2010” Pengaruh Hard skill Dan Soft skill Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Pt. Telkom Kandatel Malang)” Jurnal Dinamika Dotcom Vol 3. No. 1

Soetrisno, A.P. dan Gilang, A. (2018). Pengaruh Kompetensi terhadap Kinerja Karyawan (Studi di PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk Witel Bandung). Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, VIII (1), 62-76. Stepanus (2014). Pengaruh Budaya Organisasi, Gaya Kepemimpinan, dan Motivasi Kerja terhadap

Kinerja Pegawai. Jurnal Studia Dinas Kehutanan, 1 (2). Sumiharjo, T. (2008). Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Melalui Pengembangan Daya Saing

Berbasis Potensi Daerah. Bandung: Penerbit Fokusmedia. Syawal, G. (2009). Implementasi Soft Skills dalam Pembelajaran: Upaya yang Strategis dalam

Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Medan : Universitas Negeri Medan. Wahyuni (2016). Pengaruh Hard skill dan Soft skill terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Pendidikan

Provinsi Sulawesi Selatan. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/2006/1/ SKRIPSI%20WAHYUNI.pdf Widayanti, R. (2014). Pengaruh Hard skill dan Soft skill Terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada

PT.Telkom Kandatel Malang). Jurnal Dinamika Dotcom, 3 (2), 137-152.

[1] Anglin, K. A. Stolman, J. J. Gentry, J. W. (1990) , The Congruence of Manager Perception of Salesperson Performance and Knowledge–Based Maesture of Adaptive Selling. Journal of Personal Selling &Sales Management Vol X.p 81-90

[2] Arikunto, S. 2016. Metode penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Aristrarini, L., dkk, 2014. Pengaruh Pengalaman Kerja, Kompetensi Sosial dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada bagian Pemasaran pada PT Ardira Finance Singaraja. Jurnal Jurusan Manajemen 2 (1).

Baldauf, A., Cravens, D.W., Piercy (2001)

Eximining Business Strategy Sales Management and Salesperson Antecedent of Sales Organisation Effectiveness. Journal of Personal Seliing & Sales Management, Vol XX1.No 2. P 109-122

Basir, S. 2011. Soft skill vs Hard skill. Jakarta Timur. Kantor Akuntansi Publik Syarif Basir dan Rekan.

Affan, M. W., Saputri, N. A., & Haryanti, A. D. (2022). Pelatihan dan Pendampingan

Pelaporan Keuangan Keuangan SMP Muhammadiyah 8 Kota Batu. Jurnal Pengabdian dan Peningkatan Mutu Masyarakat. 3(1), 64-

https://doi.org/10.22219/janayu.v3i1.20312.

Effendi, B. (2018). Penguatan Pemahaman Siswa Kelas XII Ak Melalui Bimbingan dan

Pelatihan Akuntansi dan Pajak. Internasional Journal of Community Service Learning,

(4), 302-308.

Hery. (2015). Pengantar Akuntansi. Jakarta: Penerbit PT Grasindo.

Jensen, M. C. & Meckling, W. H. (1976). Theory Of The Firm : Managerial Behaviour,

Agency Costs And Ownership Structure. Journal of Financial Economics, 3, 305–360.

Kasmir. (2013). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Khairunnisa, N., Ramadan, D., Rahmawati, D., & Amalia, L. (2021). Asyik Belajar

Akuntansi Untuk Mengelola Keuangan MilenialDi Era Baru Bersama Anak Panti Asuhan Ar Ridho Tingkat SMP dan SMK. Prosiding Dedikasi: Pengabdian

Mahasiswa Kepada Masyarakat, 1(2), 235-241.

Setyawati, I., Meini, Z., Subiyanto, B., & Setioningsih, R. (2022). Pelatihan

Downloads

Published

2021-11-25

How to Cite

Heri Sasono. (2021). PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN KARYAWAN UNTUK MEMPERCEPAT PENCAPAIAN VISI, MISI PERUSAHAAN. NUSANTARA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 27–38. https://doi.org/10.55606/nusantara.v1i4.539

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.