Kemandirian Ekonomi : Pembiasaan Menabung di SDS IT Asy- Syifa Qolbu Bogor
DOI:
https://doi.org/10.55606/nusantara.v3i1.773Keywords:
Kemandirian Ekonomi, Menabung, Edukasi, Kebiasaan, SDS IT Asy- Syifa Qolbu BogorAbstract
Istilah “kemandirian” berasal dari kata dasar “diri” yang mendapat awalan “ke” dan akhiran “an”, kemudian membentuk satu kata keadaan atau kata benda. Karena kemandirian berasal dari kata “diri”, maka pembahasan mengenai kemandirian tidak bias lepas dari pembahasan tentang perkembangan diri itu sendiri, yang dalam konsep Carl Rogers disebut dengan istilah self, karena diri itu merupakan inti dari kemandirian.Kemandirian dapat diartikan sebagai usaha seseorang untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya dengan melepaskan diri dari orangtua atau orang lain untuk mengerjakan sesuatu atas dorongan diri sendiri dan kepercayaan diri tanpa adanya pengaruh dari lingkungan dan ketergantungan pada orang lain, adanya kebebasan mengambil inisiatif untuk mengatur kebutuhan sendiri dan mampu memecahkan persoalan dan hambatan yang dihadapi tanpa bantuan orang lain. Kemampuan demikian hanya mungkin dimiliki jika seseorang berkemampuan memikirkan dengan seksama tentang sesuatu yang dikerjakan atau diputuskannya, baik dalam segi manfaat maupun dari segi negatif dan kerugian yang akan dialaminya.Pelaksanaan program ini diwali dengan memberikan perlabelan nama kepada anak anak ketika mereka memasuki ruangan sebagai tanda pengenal, kemudian melakukan sesi perkenalan dan penyampaian materi yang akan di bahas dan materi yang akan disampaikan sudah kami siapkan dari mentor tim PKM-STIMIK ESQ, materi tersebut hasil dari pemikiran para mentor mengenai cara agar mencapai sebuah Kemandirian Ekonomi untuk anak - anak. Bagaimana mereka dapat membeli yang mereka inginkan tanpa harus meminta kepada orang tua. Pemaparan materi mengenai cara mengalokasi uang, Tips 3 H (Hemat, Harus pintar memilih mana yang ingin dan mana yang butuh, Hindari berutang) Skema menabung, dan video kartun mengenai kemanfataan menabung
References
Agustina, D., Nugraha, R., Nurullah, M. I., Achmad, N. I., Maqbul, N. A., Thoriq, M. R., Studi Manajemen, P., Tinggi, S., Manajemen, I., & Komputer, I. (t.t.). PROBABINSA (PROGRAM BANTU BINA DESA) DAN PENGEMBANGAN DESA PASCA ERUPSI GUNUNG SEMERU 2021 PROBABINSA (HELPING VILLAGE DEVELOPMENT PROGRAM) AND VILLAGE DEVELOPMENT POST ERUPTION OF MOUNTAIN SEMERU 2021 (Vol. 2, Issue 1). http://prin.or.id/index.php/nusantara1
Haris Muchtar, A., Pertiwi, A., Kostrada, M. A., Ismalia, H., Salamah, I., & Thoriq, M. R. (t.t.). PENGEMBANGAN SYSTEM E-LEARNING SMA PERGURUAN CIKINI DEVELOPMENT OF THE CIKINI HIGH SCHOOL HIGH SCHOOL E-LEARNING SYSTEM (Vol. 2, Issue 3). http://prin.or.id/index.php/nusantara119
Maulidizen, A., Fitri Rukmana, H., Thoriq, M. R., Tinggi, S., Manajemen, I., & Komputer, I. (2022). REVEALING THE EXISTENCE OF MONEYLENDERS IN TRADING ACTIVITIES AT PARUNG MARKET BASED ON ISLAMIC ECONOMIC PRINCIPLES. Jurnal Ekonomi, 11(03). http://ejournal.seaninstitute.or.id/index.php/Ekonomi
Maulidizen, A., Sofian, E., Divas, E., Alawiyah, A., Nuha, F. A., Pangestu, J., Putri, G., Mikhail, M., Perdana, K., & Thoriq, M. R. (2022). PENERAPAN TEKONOLOGI PEMASARAN UNTUK MENDORONG TINGKAT PENJUALAN UMKM DALAM PENERAPAN PEMASARAN MELALUI MEDIA E-COMMERCE SHOPEE&GOFOOD IMPLEMENTATION OF MARKETING TECHNOLOGY TO SUPPORT MSME SALES LEVEL IN MARKETING IMPLEMENTATION THROUGH E-COMMERCE SHOPEE & GOFOOD MEDIA. 2(3).
Maulidizen, A. T. M. R. (2022). Moneylender and the Welfare of Traders in Parung Market: Theological and Economic Approach. Journal of International Conference Proceedings, 136–149. https://doi.org/10.32535/jicp.v5i4.1929
Maulidizen, A., Winanto, S., Indrajaya, D., Muchtar, A. H., Safa’ah, A., & Thoriq, M. R. (2022). Pelatihan dan Workshop “Yuk Beli Saham Syariah, miliki Indonesia” Sebagai Upaya Meningkatkan Literasi Keuangan Syariah Generasi Muda DKI Jakarta. Society : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(5), 291–300. https://doi.org/10.55824/JPM.V1I5.146
Maulidizen, A., Winanto, S., Safaah, A., & Thoriq, M. R. (2022). Edukasi Scale-Up UMKM Dan Pemilihan Investasi Era Endemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 73–83. https://doi.org/10.55606/JPKM.V1I3.22
Ramdhan, D., Riskinanto, A., Ramadhan, G. B., Mardhiyyah, A., Thoriq, M. R., & Alfriadi, M. (t.t.). DIGITALISASI MARKETING PADA UMKM CHEESE ME BIDANG KEGIATAN : PKM PENGABDIAN MASYARAKAT DIGITALIZATION OF MARKETING AT CHEESE ME MSMES FIELD OF ACTIVITY: COMMUNITY EMPOWERMENT PKM (Vol. 2, Issue 3). http://prin.or.id/index.php/nusantara100
Winanto, S., Maulidizen, A., Thoriq, M. R., Safa’ah, A., Tinggi, S., Manajemen, I., & Komputer, I. (2022). Peranan Spiritual Quotient Terhadap Peningkatan Kinerja Perusahaan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(14), 326–345. https://doi.org/10.5281/ZENODO.6994879