PENGENALAN APLIKASI TIKTOK SEBAGAI PLATFORM PEMASARAN BARU UNTUK PELAKU UMKM

INTRODUCTION TO THE TIKTOK APPLICATION AS A NEW MARKETING PLATFORM FOR MSMES

Authors

  • Ahmad Maulidizen STIMIK ESQ Jakarta
  • Erza Sofian STIMIK ESQ Jakarta
  • Riyad Ramadhan STIMIK ESQ Jakarta
  • Rachmat Hidayat STIMIK ESQ Jakarta
  • Ali Alatas STIMIK ESQ Jakarta
  • Muhammad Mikhail Khalifah Perdana STIMIK ESQ Jakarta
  • Muhammad Rafi Thoriq STIMIK ESQ Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.55606/nusantara.v2i1.482

Keywords:

TikTok, UMKM, Tji Liwoeng Coffee, Pemasaran

Abstract

Pandemi yang belum tahu kapan akan berakhir ini menjadikan semua pihak menyiapkan diri untuk tetap beraktivitas dengan tetap patuh pada protokol kesehatan harus membatasi jumlah pengunjung dan karyawan yang akhirnya dibagi dalam beberapa shift waktu. Langkah yang dapat dilakukan dalam memasarkan produk di dalam media sosial yang berupa TikTok ini tidak lain dan tidak bukan yaitu membuat hal semenarik mungkin yang tentunya sedikit menaruh bumbu-bumbu produk ke dalam kreativitas video tersebut. sebuah fenomena yang pernah terjadi ketika seorang pria berniat untuk mengiklankan produknya namun yang terjadi malah daya tarik video tersebut melebihi isi dari produk yang ia promosikan. Aktivitas utama dari pemasaran melalui TikTok Shop ini untuk memperluas cakupan konsumen dan bisa lebih dikenal lagi di kalangan masyarakat dengan tidak mengabaikan tujuan awal dari Tji Liewoeng Coffee itu sendiri. Pada tahap ini kegiatan yang dilakukan adalah membuat akun TikTok terlebih dahulu dan langsung mengarah kepada fasilitasnya yaitu TikTok Shop yang sesuai dengan konsep Tji Liwueng Coffe. TikTok Shop berisikan fitur dimana produk kita bisa dengan mudah dipasarkan dengan beberapa cara tentunya. Output dari kegiatan pemasaran aplikasi TikTok melalui TikTok Shop yang dijalankan ini adalah untuk menaikan citra dan brand dari Tji Liwoeng Coffee dengan tidak mengubah total. Kemudian dengan adanya TikTok Shop ini berharap target pasar akan semakin meluas dan juga penjualan meningkat dan juga bisa berpotensi untuk merangkul potensi pasar yang baru.

 

 

References

Aida, N. R. (2022). Cara Beli Barang di TikTok Shop, Mudah Tanpa Keluar Aplikasi. Kompas.Com. https://www.kompas.com/tren/read/2022/04/14/110000065/cara-beli-barang-di-TikTok-shop-mudah-tanpa-keluar-aplikasi?page=all

Glints. (2021). TikTok Shop : Apa Cara Belanja. https://glints.com/id/lowongan/TikTok-shop-adalah/#.Y1-2IHZBzIV

Parapuan. (2022). Live Streaming Sales di TikTok, Tren Berjualan yang Kini Digemari Brand Lokal - Semua Halaman - Parapuan. Parapuan.Com. https://www.parapuan.co/read/533135594/live-streaming-sales-di-TikTok-tren-berjualan-yang-kini-digemari-brand-lokal

Downloads

Published

2022-02-24

How to Cite

Ahmad Maulidizen, Erza Sofian, Riyad Ramadhan, Rachmat Hidayat, Ali Alatas, Muhammad Mikhail Khalifah Perdana, & Muhammad Rafi Thoriq. (2022). PENGENALAN APLIKASI TIKTOK SEBAGAI PLATFORM PEMASARAN BARU UNTUK PELAKU UMKM: INTRODUCTION TO THE TIKTOK APPLICATION AS A NEW MARKETING PLATFORM FOR MSMES . NUSANTARA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 19–23. https://doi.org/10.55606/nusantara.v2i1.482

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)