Pendampingan Digital Marketing Pada UMKM Salome Bunda Som Sebagai Penunjang Kegiatan Promosi Dan Pemasaran

Authors

  • Nurfitratun Hasanah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi STIE Bima
  • Fhebizarima Putri Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi STIE Bima
  • Tari Juliati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi STIE Bima
  • Syahraini Nabila Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi STIE Bima
  • Ita Purnama Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi STIE Bima

DOI:

https://doi.org/10.55606/nusantara.v4i1.2502

Keywords:

UMKM , Digital Marketing, Promotion

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mempunyai peranan yang penting dalam pertumbuhan perekonomian Indonesia. Pada saat sekarang perkembangan teknologi serta digitalisasi di berbagai bidang, UMKM merupakan jenis usaha yang memiliki pengaruh yang sangat besar dalam perkembangan perekonomian juga perlu mengalami kemajuan dibidang teknologi khususnya dalam memasarkan prodak. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk mengembangkan UMKM dalam hal digital marketing juga memperluas jaringan pemasaran UMKM. UMKM Salome Bunda Som merupakan salah satu contoh UMKM yang membutuhkan pendampingan digital marketing. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian Masyarakat terbafi menjadi empat tahapan yaitu tahapan survei, sosialisasi digital marketing,   pendampingan digital marketing, serta tahapan pemeliharaan dan evaluasi. Bentuk pengabdian kepada Masyarakat dengan tujuan mengembangkan dan turut serta dalam pendampingan digital marketing terhadap UMKM Salome Bunda Som agar dapat memiliki jaringan pemasaran yang tidak terbatas pada pasar lokal saja.

References

(Ainurriyah & Sugeng, 2023; Candraningrat et al., 2020; Muhardono & Satrio, 2021; Robby Aditya & R Yuniardi Rusdianto, 2023; Rokhmah, Betty Eliya, 2020) (Candraningrat et al., 2020)

Ainurriyah, & Sugeng, P. (2023). Digital Marketing Assistance For UMKM Meatballs And Mixed Ice “Family” As A Support For Promotional And Marketing Activities. 3(3), 138–147.

Candraningrat, Januar, W., & Rudi, S. (2020). PEMBUATAN DIGITAL MARKETING DAN MARKETING CHANNEL UNTUK UKM PJ COLLECTION. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 05(01), 82–91.

Muhardono, A., & Satrio, D. (2021). Pelatihan Dan Pendampingan Digital Marketing Bagi Pelaku Umkm Di Desa Kertoharjo Kelurahan Kuripan Kertoharjo. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 359–368.

Robby Aditya, & R Yuniardi Rusdianto. (2023). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2), 96–102.

Rokhmah, Betty Eliya, I. Y. (2020). Tantangan, Kendala, Dan Kesiapan Pemasaran Online Umkm Di Desa Nglebak, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar. Jurnal Manajemen Zakat Dan Wakaf, 1(1), 20–31.

Downloads

Published

2024-01-18

How to Cite

Nurfitratun Hasanah, Fhebizarima Putri, Tari Juliati, Syahraini Nabila, & Ita Purnama. (2024). Pendampingan Digital Marketing Pada UMKM Salome Bunda Som Sebagai Penunjang Kegiatan Promosi Dan Pemasaran. NUSANTARA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 216–225. https://doi.org/10.55606/nusantara.v4i1.2502

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.