DIGITALISASI MARKETING PADA UMKM CHEESE ME BIDANG KEGIATAN : PKM PENGABDIAN MASYARAKAT

Authors

  • Dadan Ramdhan STIMIK ESQ Jakarta
  • Anggar Riskinanto STIMIK ESQ Jakarta
  • Gian Bisyahri Ramadhan STIMIK ESQ Jakarta
  • Anisah Mardhiyyah STIMIK ESQ Jakarta
  • Muhammad Rafi Thoriq STIMIK ESQ Jakarta
  • Muhammad Alfriadi STIMIK ESQ Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.55606/nusantara.v2i3.486

Keywords:

UMKM, Pemasaran Digital, Bisnis Online

Abstract

Sejak pandemi melanda pada awal tahun 2020, berbagai sektor perekonomian merasakan dampaknya. Dengan total 64,19 juta pelaku UMKM, sektor ini menempati 99,92% dari seluruh sektor usaha yang ada. Berdasarkan survei dari Katadata Insight Center yang dilakukan pada 206 pelaku UMKM di Jabodetabek, hanya 5,9% yang mengalami pertumbuhan positif. Sementara 82,9% lainnya merasakan dampak negatif berupa penurunan omzet.Output yang ditargetkan setelah adanya program Digitalisasi Marketing pada UMKM ini adalah meningkatkan insight serta awareness owner terhadap potensi jangka panjang dari pengaruh digitalisasi pada UMKM Cheese MeDengan adanya program Digitalisasi Marketing telah tercapai beberapa platform digital yang sudah bisa dioperasikan untuk kelangsung penjualan produk dalam UMKM Cheese Me yaitu Instagram, Grabfood, dan Tokopedia. Adapun packaging yang berubah dengan tujuan peningkatan produk yang ada. Selain itu, program ini juga memberikan beberapa ilmu dan strategi baru terhadap owner. Platform digital yang sudah tersedia nantinya akan tetap di monitoring oleh tim dan diawasi oleh ketua tim agar kualitasnya terus meningkat kedepannya.Program ini bertujuan untuk membantu meningkatkan proses penjualan dari segi teknis dan profit melalui digitalisasi marketing. Bermodalkan dengan pengetahuan tim tentang dunia digital, kami membuat beberapa platform online yang akan membantu dimulai dari proses marketing sampai proses penjualan secara online. Indikator keberhasilan jalannya program ini nanti akan dilihat dari perbedaan penjualan sebelum dan sesudah adanya program ini, serta peningkatan follower secara berkala, yang artinya masyarakat mulai lebih aware dengan adanya UMKM Cheese Me.

 

 

References

Maulidizen, A. (2022). Peran Pemimpin Dalam Manajemen Strategi. In Suwandi (Ed.), Konsep dan Implementasi Manajemen Strategi (1st ed., pp. 19–28). CV Eureka Media Aksara.

Maulidizen, A., Winanto, S., Safaah, A., & Thoriq, M. R. (2022). Edukasi Scale-Up UMKM Dan Pemilihan Investasi Era Endemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 73–83.

Winanto, S., Maulidizen, A., Thoriq, M. R., & Safaah, A. (2022). Peranan Spiritual Quotient Terhadap Peningkatan Kinerja Perusahaan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(14), 326–345. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.6994879

Downloads

Published

2022-08-28

How to Cite

Dadan Ramdhan, Anggar Riskinanto, Gian Bisyahri Ramadhan, Anisah Mardhiyyah, Muhammad Rafi Thoriq, & Muhammad Alfriadi. (2022). DIGITALISASI MARKETING PADA UMKM CHEESE ME BIDANG KEGIATAN : PKM PENGABDIAN MASYARAKAT. NUSANTARA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 100–107. https://doi.org/10.55606/nusantara.v2i3.486

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)