MEMANCING MINAT BELAJAR MAHASISWA TERHADAP MATERI PERKULIAHAN MELALUI GAME EDUKASI

Authors

  • Herlina Herlina Universitas Bina Insan
  • Astri Riance Universitas Bina Insan
  • Sinta Sinta Institut Sains dan Bisnis atma Luhur

DOI:

https://doi.org/10.55606/nusantara.v2i4.513

Keywords:

minat, belajar, bahasa Inggris, game edukasi.

Abstract

Memasuki zaman era digital, bahasa Inggris merupakan kebutuhan yang sangat penting di Indonesia. Terbukti dalam perkembangan sistem pendidikan saat ini, bahasa Inggris telah digunakan sebagai salah satu bahasa pengantar pembukaan dalam perkuliahan. Oleh karena itu, sangatlah penting bagi pengajar dan mahasiswa untuk menguasai bahasa Inggris. Penguasaan bahasa Inggris menjadi tuntutan yang harus dipenuhi oleh mahasiswa baik secara lisan maupun tertulis. Berdasarkan observasi pada perkuliahan di perguruan tinggi Universitas Bina Insan, mahasiswa belum terbiasa berkomunikasi sehari-hari pada kegiatan kampus dengan menggunakan bahasa Inggris. Kebiasaan tersebut tentunya terkendala karena mahasiswa yang belum mampu membangun sebuah kemampuan untuk mempraktikkannya. Salah satu faktor penyebab dari permasalahan mahasiswa tersebut adalah kurangnya termotivasi latihan dan praktik yang efektif sehingga belum terbiasa untuk berkomunikasi dengan berbahasa Inggris. Berdasarkan hasil kegiatan pengabdian menunjukkan bahwa mahasiswa semester satu prodi perikanan telah terinspirasi dan termotivasi tentang pentingnya belajar bahasa Inggris melalui game edukasi sebagai upaya dapat memotivasi untuk lebih meningkatkan kemampuan agar dapat membiasakan latihan sehingga dapat terbiasa dengan mudah berkomunikasi sehari-hari pada kegiatan kampus dengan menggunakan bahasa Inggris. Selain itu juga, dengan kegiatan ini mahasiswa dapat menjadi lebih berani. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pada program pengabdian ini mahasiswa telah terpancing minat belajarnya untuk memiliki keterampilan dan pengalaman dalam berbahasa Inggris secara efektif dan pada akhirnya mahasiswa dapat mengembangkan kemampuan bahasa Inggris lebih lanjut lagi.

References

Depdiknas, Kurikulum Sekolah Dasar Berbasis Kompetensi. Jakarta: Depdiknas, 2003.

Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Purwaningsih, D. 2018. Strategi Pembelajaran Bahasa dalam Pembelajaran Speaking. Pontianak: Universitas Nahdatul Ulama Kalimantan Barat, Program Studi Bahasa Inggris.

Rebecca, L. 1990. Language Learning Strategy. USA: Heinle Publishers.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 20.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.

Undang-Undang No. 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi Indonesia Pasal 62.

Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi Pasal 45.

Downloads

Published

2022-11-08

How to Cite

Herlina Herlina, Astri Riance, & Sinta Sinta. (2022). MEMANCING MINAT BELAJAR MAHASISWA TERHADAP MATERI PERKULIAHAN MELALUI GAME EDUKASI. NUSANTARA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(4), 123–128. https://doi.org/10.55606/nusantara.v2i4.513

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.