Melatih Komunikasi Bahasa Inggris Untuk Pemasaran Bagi Kelompok Usaha Bersama Batik Batu Mangga Di Kabupaten Kediri
DOI:
https://doi.org/10.55606/nusantara.v2i4.497Keywords:
Pelatihan, peran bahasa Inggris, bahasa Inggris untuk pemasaran.Abstract
Bahasa Inggris merupakan bahasa global yang penggunaanya telah diakui oleh masyarakat dunia untuk komunikasi antar bangsa. Dalam bidang bisnis atau usaha, bahasa memiliki peran sebagai alat komunikasi paling penting utamanya dalam berbagai jenis pemasaran. Bahasa yang digunakan dalam memasarkan hasil usaha haruslah bahasa yang baik dan menarik perhatian konsumen karena iklan yang baik dan pemasaran yang baik akan membantu keberhasilan suatu produk. Tujuan dari kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah untuk melatih komunikasi bahasa Inggris untuk keperluan pemasaran di sektor pariwisata khususnya di Kelompok Usaha Bersama (KUB) Batik Batu mangga di kabupaten Kediri. Pelatihan ini menggunakan metode project based learning yang diawali dengan kegiatan presenting dan modelling mengenai English taglines dan speking performance tentang produk yang dijual sesuai dengan gramatika ucapan bahasa Inggris dan juga teks dialog bahasa Inggris tentang transaksi jual beli produk. Peserta pelatihan menyimak dan kemudian mempraktekan bagaimana mendesain English taglines yang menarik dan berlatih menggunakan ungkapan bahasa Inggris mengenai produk yang di jual. Hasil dari kegiatan pelatihan ini diharapkan mampu membawa masyarakat di KUB Batik Mangga di kabupaten Kediri berani mempromosikan dan memasarkan produk batik mereka ke sektor pariwisata internasional baik dalam kegiatan pameran maupun transaksi jual beli secara online.
References
Crystal, D. (2000). The cambridge encyclopedia of language 3rd (third) edition. Cambridge University Press.
Ellis, Mark; Johnson, Christine, 1994, Teaching business english, Oxford
Mackenzie, Ian, 2010, English for Business Studies Student's Book: A Course for Business Studies and Economics Students, Cambridge University Press
Munawar. S, Juningsih. E, Maulana. D. (2016). Peran komunikasi pemasaran dalam sudut pandang UMKM. Seminar Naisonal 5th UNS SME SUMMIT & AWARDS 2016 Peningkatan Kapabilitas UMKM Dalam Mewujudkan “UMKM Naik Kelas” (pp.336)
Nickerson, Catherine, 2008, English as a lingua franca in international business contexts
Nikolaenko, E, B, 2012, Business English, Tomsk Polytechnic University Publishing House
Ojanperä, Miina, 2014, Effects of Using English in Business Communication
Retrieved from https://www.zenius.net/blog/sejarah-batik-di-indonesia
Retrieved from https://kh08m.com/2021/09/22/peran-pemasaran-dalam-bisnis