Penguatan Wawasan Kebangsaan sebagai Upaya Mencegah Radikalisasi dan Menumbuhkan Cinta Tanah Air untuk Masyarakat Pedesaan di Kabupaten Magelang

Authors

  • Kundharu Saddhono Univesitas Sebelas Maret
  • Budhi Setiawan Univesitas Sebelas Maret
  • Muhammad Rohmadi Univesitas Sebelas Maret
  • Ani Rakhmawati Univesitas Sebelas Maret
  • Raheni Suhita Univesitas Sebelas Maret
  • Sri Hastuti Univesitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.55606/nusantara.v2i4.512

Keywords:

Pancasila, radikalisasi, masyarat pedesaan, wawasan kebangsaan, nasionalisme.

Abstract

Dalam rangka mewujudkan perlindungan terhadap masyarakat pedesaan terhadap paham radikalisme maka pendidikan dan penguatan wawasan kebangsaan untuk masyarakat pedesaan diperlukan sebagai bentuk kepedulian dari setiap pihak, baik pemerintah, masyarakat, dan keluarga. Pendidikan dan penguatan wawasan kebangsaan untuk masyarakat pedesaan akan terbentuk jika semua pihak memiliki kesadaran akan pentingnya pendidikan nilai kebangsaan dimulai semenjak dini. Masyarakat saat ini sangat rentan disusupi oleh paham dan gerakan radikalisme. Hal ini dikarenakan belum ada satu pun kebijakan spesifik untuk melindungi atau memproteksi masyarakat dari penetrasi paham dan gerakan radikalisme. Untuk itu, perlu adanya langkah konkret dalam hal mencegah radikalisasi dan penanaman nilai-nilai kebangsaan. Pendidikan nilai kebangsaan pada masyarakat inilah yang menjadi dasar pembentukan awal karena meluruskan sebatang ranting jauh lebih mudah daripada meluruskan sebatang pohon, maka dari itu pendidikan nilai kebangsaan yang paling efektif adalah pendidikan pada masyarakat, terutama di pedesaan Pengembangan nilai-nilai budaya dan karakter bangsa di masyarakat harus dilakukan dengan tepat. Pengembangan nilai moral untuk masyarakat bisa dilakukan di dalam tiga tri pusat yang ada, yaitu, keluarga, lingkungan, dan masyarakat. Dalam pengembangan nilai moral untuk masyarakat perlu dilakukan dengan sangat hati-hati. Hal ini dikarenakan masyarakat adalah tempat berbagai macam karakter yang heterogen. Maka dari itu, tim pengabdi mengajukan kegiatan pengabdian berkaitan dengan penanaman nilai-nilai kebangsaan terhadap masyarakat pedesaan yang bertujuan untuk mengatasi perpecahbelahan masyarakat Indonesia ini dan mencegah radikalisme di masyarakat, mengingat banyaknya kelompok separatis lahir di Indonesia ini maka salah satu cara untuk memutuskan rantai gejolak yang bertujuan menghancurkan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Jadi, kegiatan pengabdian ini tidak hanya memberikan pembekalan tentang internalisasi nilai-nilai kebangsaan pada masyarakat tetapi juga akan diintegrasikan dengan aktivitas masyarakat dalam keseharian yang akan dibimbing secara komprehensif dengan mengambil tema penguatan wawasan kebangsaan Indonesia dan nasionalisme bagi masyarakat sebagai pilar bangsa.

 

References

Abror, M. (2020). Moderasi Beragama Dalam Bingkai Toleransi. Rusydiah: Jurnal Pemikiran Islam, 1(2), 143-155.

Akhmadi, A. (2019). Moderasi beragama dalam keragaman Indonesia. Inovasi-Jurnal Diklat Keagamaan, 13(2), 45-55.

Amaruli, R. J., Maulany, N. N., & Sulistiyono, S. T. (2018). Sumpah Pemuda Arab, 1934: Pergulatan Identitas Orang Arab-Hadrami di Indonesia. Jurnal Sejarah Citra Lekha, 3(2), 122-132.

Dewi, D. T. T., Al-Mubaraq, H. Z., & Salsabilla, S. (2022). Analisis Good Governance pada Reformasi Sektor Pertahanan dan Keamanan Indonesia dalam Menghadapi Dinamika Globalisasi. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 3673-3678.

Effendi, T. N. (2013). Budaya Gotong-Royong Masyarakat dalam Perubahan Sosial Saat Ini. Jurnal Pemikiran Sosiologi, 2(1), 30-43

Farida, E. A., & Kridaningsih, A. (2022). Pengaruh Media Sosial Terhadap Wawasan Kebangsaan Pada Generasi Muda. CIVICUS: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 9(2), 1-6.

Hadisaputra, P. (2020). Implementasi pendidikan toleransi di Indonesia. Dialog, 43(1), 75-88.

Hamid, A. A., Sujarwo, S., & Moenawar, A. (2022). Sistem Multipartai Dalam Pelaksanaan Pemilihan Umum Legislatif Di Indonesia Pasca Orde Baru. Jurnal de jure, 14(1).

Hidayat, N. A. S. N., & Dewi, D. A. (2021). Meningkatkan Kesadaran Generasi Muda Terhadap Implementasi Nlai-Nilai Pancasila di Era Globalisasi. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 50-57.

Hutabarat, D. T. H., Sari, S. N., Kamil, T., Ramadhan, W. S., Ambarwati, E. A., Alfathni, T. N., ... & Pangestu, I. (2021). Makna Demokrasi Pancasila. Journal of Humanities, Social Sciences And Business (JHSSB), 1(1), 59-64.

Isabella, I. (2019). Sosialisasi Wawasan Kebangsaan sebagai Upaya Penguatan Ketahanan Nasional Indonesia. Jurnal Pemerintahan dan Politik, 3(1).

Jamaluddin, J. (2022). Implementasi Moderasi Beragama Di Tengah Multikulturalitas Indonesia. As-Salam: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman, 7(1), 1-13.

Kurniawan, I. D. (2018). Bekerjanya Demokrasi Melalui Modal Sosial. Integralistik, 29(1), 12-24.

Muhtarom, H., & Erlangga, G. (2021). Peran nilai-nilai sumpah pemuda dalam membentuk karakter peserta didik di SMAN 18 Jakarta. Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah, 10(2), 114-128.

Nurcahyono, O. H. (2018). Pendidikan multikultural di Indonesia: Analisis sinkronis dan diakronis. Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, & Antropologi, 2(1), 105-115.

Rolitia, M., Achdiani, Y., & Eridiana, W. (2016). Nilai Gotong royong untuk memperkuat solidaritas dalam kehidupan masyarakat kampung naga. Sosietas, 6(1), 1-13

Rukman, A. A. (2018). Pemahaman tentang Nilai-Nilai Pancasila di Masyarakat Pedesaan Desa Gunung Perak Kecamatan Perak Kecamatan Sinjai Barat Kabupaten Sinjai. JED (Jurnal Etika Demokrasi), 3(2), 11-24

Weruin, U. U. (2019). Keadilan Sosial dan Demokrasi. Era Hukum-Jurnal Ilmiah Ilmu Hukum, 4(2) 1-12

Widihastuti, W., & Purwantoro, S. A. (2020). Mempersiapkan Sumber Daya Manusia Kritis, Kreatif, Dan Berwawasan Kebangsaan Untuk Mencapai Ketahanan Nasional Yang Tanguh Di Era Pandemik Covid-19. Jurnal Lemhannas Ri, 8(2).

Wulandari, W., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2021). Urgensi Rasa Nasionalisme pada Generasi Z di Tengah Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7255-7260.

Zulfikar, G., & Permady, G. C. (2021). Citra Wawasan Kebangsaan Generasi Muda: suatu kajian terhadap sikap anti radikalisme. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 419-424.

Downloads

Published

2022-11-08

How to Cite

Kundharu Saddhono, Budhi Setiawan, Muhammad Rohmadi, Ani Rakhmawati, Raheni Suhita, & Sri Hastuti. (2022). Penguatan Wawasan Kebangsaan sebagai Upaya Mencegah Radikalisasi dan Menumbuhkan Cinta Tanah Air untuk Masyarakat Pedesaan di Kabupaten Magelang. NUSANTARA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(4), 111–122. https://doi.org/10.55606/nusantara.v2i4.512

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.