PELATIHAN MEMBUAT BUSINESS PLAN BAGI SISWA-SISWI KELAS XII SMK PUTRA INDONESIA MALANG

Authors

  • Bernadeta Wahyu Astri Pratita Universitas Katolik Widya Karya

DOI:

https://doi.org/10.55606/nusantara.v3i1.828

Keywords:

Panti Asuhan, Orang tua asuh, Disiplin, Moral

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan Putra Indonesia Malang (SMK PIM) berlokasi di Jl. Barito No. 5, Bunulrejo. Sekolah ini memiliki 2 program keahlian yaitu Kimia Industri dan Farmasi Industri. Visi yang dimiliki oleh SMK ini adalah “Menjadi lembaga pendidikan vokasi yang berstandar nasional yang bersinergi dengan dunia industri dan dunia usaha sehingga mampu meluluskan insan berakhlak mulia, cerdas, unggul dalam prestasi, dan berjiwa entrepreneur”. Salah satu cara untuk membentuk jiwa entrepreneur adalah dengan belajar membuat rancangan bisnis/business plan.

Teknis/mekanisme awal pengabdian kepada masyarakat ini akan dilaksanakan secara luring, namun karena adanya pandemi covid-19 hal tersebut menjadi tidak mungkin dilakukan, sehingga pengabdian dilakukan secara daring (tatap muka dengan google meet). Selain dengan menggunakan google meet juga menggunakan google classroom sebagai wadah untuk konsultasi. Pelatihan diawali dengan pemaparan materi mengenai tipe-tipe wirausaha, karakteristik kewirausahaan, faktor-faktor penentu keberhasilan wirausaha dan dilanjut dengan pemaparan materi membuat proposal business plan/rancangan bisnis.

Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) kegiatan berupa pelatihan membuat business plan dapat berjalan dengan baik, (2) motivasi peserta cukup tinggi karena semua ingin mengikuti pelatihan tetapi terkendala dengan adanya program PKL (total jumlah 134 orang siswa, yang dapat mengikuti pelatihan hanya 70 orang siswa), (3) pelatihan membuat business plan mendukung tugas pembelajaran yang diberikan sekolah kepada peserta, (4) template/format business plan yang diberikan bagi peserta dapat digunakan sebagai alat bantu untuk membuat proposal bisnis, (5)  meningkatkan ketrampilan dan kemampuan peserta dalam membuat proposal business plan.

References

Alma. Buchari. 2017. Kewirausahaan. Alfabeta: Bandung.

Daxhelet, Olivier and Witmeur, Olivier. 2011. Business Planning and Beyond? Qualitative approaches in entrepreneurship. Turku, Finland. ISBN 978-952-249-184-8 Online.

Haag, Annette B. Writing A Successful Business Plan: An Overview. Journal Workplace Health & Safety Vol. 61 No.1. 2013.

Nun, Less and McGuire, Brian. The Importance of a Good Business Plan. Journal of Business & Economics Research Vol. 8 No. 2. 2010.

Rahmawan, Ari. 2016. Membuat Business Plan Sederhana Dengan Business Plan Canvas.

https://www.smkpim.sch.id/#

https://id.wikipedia.org/wiki/Rencana_bisnis

Downloads

Published

2023-01-23

How to Cite

Bernadeta Wahyu Astri Pratita. (2023). PELATIHAN MEMBUAT BUSINESS PLAN BAGI SISWA-SISWI KELAS XII SMK PUTRA INDONESIA MALANG. NUSANTARA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 109–113. https://doi.org/10.55606/nusantara.v3i1.828

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.