PERAN ORANG TUA ASUH DALAM MEMBINA DISIPLIN DAN MORAL ANAK DI PANTI ASUHAN AISYIYAH PUTRI DAERAH KOTA PAYAKUMBUH

Authors

  • Della Tri Utami Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Fadhilla Yusri Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.55606/nusantara.v3i1.672

Keywords:

Panti Asuhan, Orang tua asuh, Disiplin, Moral

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini yaitu bagaimana orang tua asuh membina disiplin dan moral anak-anak di panti asuhan. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembinaan disiplin dan moral anak panti asuhan dengan peran orang tua asuh di dalam panti asuhan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukan pembinaan disiplin dan moral anak dengan memberikan kasih sayang kepada anak panti, memberikan nasehat kepada anak untuk selalu menghormati dan menyayangi sesama, anak diajarkan untuk bertanggung jawab dengan tugasnya di dalam panti asuhan Aisyiyah putri daerah Kota Payakumbuh. Orang tua asuh juga menyekolahkan anak-anak asuh dari tingkat sekolah dasar (SD) sampai sekolah menengah atas (SMA). Upaya memberikan motivasi kepada anak, memberikan pendidikan keagamaan di dalam panti agar anak bisa bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan menuntun anak untuk rajin belajar baik baik di sekolah maupun di dalam panti asuhan. Dengan adanya pembinaan yang dilakukan oleh orang tua asuh di dalam panti asuhan Aisyiyah putri daerah Kota Payakumbuh dapat memberikan dampak yang baik untuk anak-anak asuh panti asuhan karena mereka sebagai pendorong yang  menuntun anak kepada hal-hal yang baik serta orang tua asuh harus mampu memberi contoh dan perilaku yang baik, agar anak-anak panti asuhan dapat meniru kebaikan ari orang tua asuh.

References

Anam, C., & Suharningsih. 2014. Model Pembinaan Disiplin Santri (Studi Kasus Pondok Pesantren Darul Fiqhi Kabupaten Lamongan ). Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 2(2), 469–483. Retrieved from https://jurnaledvokasi.files.wordpress.com/2012/02/11_98-104-vol-2-n0-2-2011-motivasi-dan hubungannya dengan-prestasi-belajar-mahasiswa-pada-mata-kuliah tata-hidang-di-jurusan-pkk-fakultas-teknik-universitas-negeri-manado kandoli.pdf

Angmalisang, H. 2012. Pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar mahasiswa fakultas teknik universitas negeri manado. jurnal pendidikan teknologi dan kejuruan, 3(1), 138–146. Retrieved from https://jurnaledvokasi.files.wordpress.com/2016/06/12_jurnal-maret-2012-angmalisang-oke.pdf)

Ardiyansyah, H., Hermuttaqien, B. P. F., & Wadu, L. B. 2019. Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Moral Siswa Sekolah Menengah Pertama. JurnalMoralKemasyarakatan,4(1),1–7. https://doi.org/10.21067/jmk

Azizah, N. 2016. Perilaku Moral dan Religiusitas Siswa Berlatar Belakang Pendidikan Umum dan agama. JurnalPsikologi,33(2),1–16. https://doi.org/10.22146/JPSI.7078

Dina, N., Amirullah, & Ruslan. 2010. Peran orang tua asuh dalam meningkatkan perkembangan anak usia dini di desa air pinang kecamatan simeulue timur. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan Unsyiah, 24(1), 14–22. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/187407-ID-peran-orangtua-dalammeningkatkan perkembangan. pdf

Fuadi, Hamid, A. S., & Suhaimi. 2013. Asuhan Menurut Hukum Islam Dan Peraturan Perundangan-Undangan Yang Berkaitan Dengan. Jurnal Ilmu Hukum, 2(1), 1–13. Retrieved from

http://prodipps.unsyiah.ac.id/Jurnalmih/images/Jurnal/2.2013/2.1.8.2013/1.1.13.fuadi.pdf

Gandaputra, A., & Wirausaha. 2009. Gambaran self esteem remaja yang tinggal di panti asuhan. Jurnal Psikologi, 7(2), 52–70. Retrieved from http://digilib.esaunggul.ac.id/public/UEU-Journal-4996-Androegandaputra.pdf

Gultom, A. F., Munir, M., & Ariani, I. 2019. Pemikiran Kierkegaard Tentang Manusia Agony dan Proses Penyembuhan Diri. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 4(2), 55-61.

Gultom, A. F. 2011. Guru Bukan Buruh. Malang: Servaminora.

Gultom, A. F. 2016. Iman dengan akal dan etika menurut Thomas Aquinas. JPAK: Jurnal Pendidikan Agama Katolik, 16(8), 44-54.

Gultom, A. F., Munir, M., & Ariani, I. 2019. Perubahan Identitas Diri Dalam Eksistensialisme Kierkegaard: Relevansinya Bagi Mental Warga Negara Indonesia. Jurnal Pendidikan

Kewarganegaraan, 9(2), 77-84. http://dx.doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v9i2.8052

Khoirunnisa, S., Ishartono, & Resnawaty, R. 2011. 13 Pemenuhan Kebutuhan Pendidikan Anak Asuh Di Panti Sosial Asuhan Anak. Jurnal Psikologi, 2(1), 69–73. Retrieved from

http://jurnal.unpad.ac.id/prosiding/article/viewFile/13258/6098

Komariah, K. St. 2011. Model Pendidikan Nilai Moral. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 9(1), 45–54. Retrieved from http://jurnal.upi.edu/file/04_Model_Pendidikan_Nilai_Moral-Kokom.Pdf

Muhammad, M., Mukmin, Z., & Ali, H. 2016. Peran Panti Sosial Asuhan Anak Darussa’adah Aceh Dalam Usaha Pembinaan Moral Anak-Anak Terlantar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan Unsyiah, 1(3), 71–79.

Nono, G. U., Hermuttaqien, B. P. F., & Wadu, L. B. 2018. Hubungan Mata Pelajaran PPKn Terhadap Peningkatan Karakter Siswa. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 3(2), 52–56. https://doi.org/10.21067/jmk

Prasasty, T. A. 2017. Pengaruh Disiplin Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X Smk Bina Karya Insan Tangerang Selatan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 1(1), 65–74. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/168579-ID-pengaruh-disiplin-dan-motivasi-belajar-t.pdf

Pujawati, Z. 2016. Tua Dan Perilaku Disiplin Pada Santri Di. Journal Psikologi, 4(2), 227–236. Retrieved from http://ejournal.psikologi.fisip-unmul.ac.id/site/wp/content/uploads/2016/02/Jurnal (02-23-16-06-25-08).pdf

Satriya Bambang. 2015. Filsafat Pancasila. Jakarta: Nirma Media

Wadu, L. B., Darma, I. P., & Ladamay, I. 2019. Pengintegrasian Nilai Moral Melalui Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Di SMP. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 9(1), 66–70. https://doi.org/10.21067/jip.v9i1.3067

Wadu, L. B., & Jaisa, Y. 2017. Pembinaan Moral Untuk Memantapkan Watak Kewarganegaraan Siswa Sekolah Dasar Kelas Tinggi. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 2(2), 131–139. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21067/jmk.v2i2.2256

Wadu, L. B., Ladamay, I., & Vemi, E. E. 2019. Pembinaan Moral Anak-Anak melalui Sekolah Minggu di Gereja Santo Andreas Tidar, Malang. Journal Of Moral And Civic Education, 3(2), 107–113. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/8851412322019204

Zuriah, N. 2011. Pendidikan Moral dan Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2023-01-04

How to Cite

Della Tri Utami, & Fadhilla Yusri. (2023). PERAN ORANG TUA ASUH DALAM MEMBINA DISIPLIN DAN MORAL ANAK DI PANTI ASUHAN AISYIYAH PUTRI DAERAH KOTA PAYAKUMBUH. NUSANTARA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 08–14. https://doi.org/10.55606/nusantara.v3i1.672

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.