PELATIHAN PEMBUATAN GOOGLE DRIVE UNTUK GURU - GURU TK AL-FATAH

Authors

  • Diah Harmawati Universitas Musamus, Merauke
  • Dian Mayasari Universitas Musamus, Merauke

DOI:

https://doi.org/10.55606/nusantara.v2i4.456

Keywords:

google drive, media penyimpanan, workshop.

Abstract

Keadaan saat ini yang terjadi dalam pembelajaran mendorong semua pihak untuk melakukan pembelajaran secara daring dalam pelaksanaan pembelajaran di dalam kelas melakukan penyimpanan data berupa tugas dan file materi. Semua kegiatan yang dilakukan oleh guru saat ini harus dilakukan secara online. Para guru di TK AL-Fatah terbebani dengan besarnya file penyimpanan data karena harus mengirim data satu-persatu ke siswa didiknya melalui Whatsapp sehingga media penyimpanan Smartphone penuh. Dengan adanya permasalahan tersebut tim melakukan pengabdian masyarakay untuk menyelesaikan maslaah tersebut.  Google Drive sebagai media penyimpanan dan berbagi bahan ajar bagi guru TK Al-Fatah yang berbasis cloud yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini yaitu berupa workshop. Tim pengabdian melakukan pelatihan secara langsung dengan 1 narasumber sebagai pemateri workshop dan 2 pendamping untuk mendampingi guru dalam pelaksanaan workshop. Pelatihan ini dapat menambah pengetahuan guru dalam memanfaatkan Google Drive sebagai media penyimpanan bahan ajar.

References

Fatria, Fita. 2018. “Penerapan Media Pembelajaran Google Drive Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia.” Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra 2, no. 1: 138–44. https://doi.org/10.32696/ojs.v2i1.158.

Ikhsan, Ali Nur, Jali Suhaman, and Muslimin Hidayat. 2020. “Pelatihan Penggunaan Google Drive Sebagai Media Penyimpanan Dan Berbagi Bahan Ajar Bagi Guru Smp Negeri 3 Kalimanah.” SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan 4, no. 1: 256. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.2906.

Ismawan, Fiqih, Puput Irfansyah, and Dwi Dani Apriyani. 2018. “Pengoptimalan Cloud Storage –Google Drive Sebagai Media Pembelajaran Untuk Guru SMP Dan SMA.” Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat 1, no. 01: 61. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v1i01.2362.

Reygita, H, M H Arifin, and Y Wahyuningsih. 2022. “Pemanfaatan Google Sebagai Sumber Belajar Daring Mata Pelajaran IPS Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Tambusai 6: 4346–50. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3543%0Ahttps://jptam.org/index.php/jptam/article/download/3543/3015.

Ukur Ginting, Riah, and Herdiana Gultom. 2021. “Pelatihangoogle Drivesebagaimediapenyimpanan Bagi Pendidik.” Jurnal Abdimas Mutiara 2, no. 1: 56–60. https://drive.google.com/drive/u/0/my-drive.

Warsito, Ary Budi, and Eka Yuliandini. 2017. “Penerapan Google Drive Sebagai Media Penyimpanan Bahan Perkuliahan Dalam Mendukung Aplikasi Mobile App Deployment of Google Drive as Storage Media Materials In Support of Mobile App Applications.” Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA 7, no. 2: 219–28.

Downloads

Published

2022-10-29

How to Cite

Diah Harmawati, & Dian Mayasari. (2022). PELATIHAN PEMBUATAN GOOGLE DRIVE UNTUK GURU - GURU TK AL-FATAH . NUSANTARA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(4), 68–73. https://doi.org/10.55606/nusantara.v2i4.456

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.