MENINGKATKAN MINAT BACA ANAK SD/MI DI DUSUN PRAJAKAN DENGAN MEMBERDAYAKAN PERPUSTAKAAN MASYARAKAT
DOI:
https://doi.org/10.55606/nusantara.v1i2.246Keywords:
Usaha, masalah, minat membacaAbstract
Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) upaya pustakawan dalam meningkatkan minat baca anak di Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumatera Barat; (2) kendala yang dihadapi pustakawan dalam meningkatkan minat baca anak di Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumatera Barat. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dengan petugas Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumatera Barat dan observasi. Berdasarkan penelitian ini, ada beberapa ringkasan. Diantaranya: (1) upaya pustakawan untuk meningkatkan minat baca anak di Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumatera Barat adalah, menyediakan sarana dan prasarana, memperbarui koleksi buku secara berkala, memberikan layanan khusus untuk anak, desain ruangan yang nyaman, kerjasama dengan sekolah, menambah pustakawan yang bekerja di bidang pelayanan anak; (2) Kendala yang dihadapi pustakawan untuk meningkatkan minat baca anak di Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumatera Barat adalah, meja dan kursi terbatas, tempat bermain anak belum tersedia, kurangnya minat baca anak, ruang kegiatan anak kurang memadai, warna cat kamar kurang menarik, kurangnya petugas perpustakaan pada pelayanan anak.
References
Bafadal, Ibrahim. 2008. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Askara.
Hurlock, Elizabeth B. 2012. Psikologi Perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Jakarta:Erlangga.
Santrock, John W. 2011. Masa Perkembangan Anak: Children. Jakarta: Salemba Humanika.
Sutarno. 2006. Gemar Membaca. Jakarta:Jala Permata.
Suwarno, Wiji. 2011. Perpustkaan dan Buku. Yogyakarta: Ar-ruzz Med 272