Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Laporan Keuangan UMKM di Dusun Karanglo Kabupaten Bantul

Authors

  • Enda Nawarisa Karina Br Sitepu Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Rochmad Bayu Utomo Universitas Mercu Buana Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.55606/nusantara.v3i2.1032

Keywords:

Laporan Keuangan, UMKM, Pengabdian Masyarakat.

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pengusaha UMKM di Dusun Karanglo Kabupaten Bantul dalam pembuatan laporan keuangan. Metode pelaksanan yang digunakan adalah pelatihan, pendampingan dan evaluasi dengan cara menyampaikan  materi secara langsung kepada pemilik UMKM. Objek pengabdian ini adalah pengusaha Bakpia Karunia.

Pada pertemuan pertama diketahui yang menjadi masalah dalam usaha bakpia tersebut adalah ketidakpahaman pengusaha mengenai laporan keuangan, yang mengakibatkan mereka tidak melakukan pembukuan di usahanya. Dengan adanya kegiatan pelatihan dan pendampingan ini diharapkan pengusaha UMKM mampu menyusun atau membuat laporan keuangan dengan baik dan benar. Respon dari pengusaha UMKM Bakpia Karunia pada kegiatan ini sangat baik dan positif, hal ini terlihat dari ketersediaan pengusaha dalam mengikuti awal sampai akhir kegiatan. Dari kegiatan evalusi yang dilakukan pengusaha UMKM sudah memahami materi mengenai pentingnya pembuatan laporan keuangan pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah sudah mencapai 70 persen, pemahaman pembuatan buku penerimaan dan pengeluaran kas sebesar 70persen, dan pemahaman mengenai pembuatan laporan laba/rugi mencapai 60 persen.

 

References

Setiyawati, Y., & Hermawan, S. (2018). Persepsi pemilik dan pengetahuan akuntansi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) atas penyusunan laporan keuangan. Riset Akuntansi dan Keuangan Indonesia, 3(2), 161-204.

Ramadhanti, G. M. (2022). Pembukuan: Pengertian, Fungsi dan Cara Membuatnya. Hashmicro. Com.

Shelly, S. (2020). Perancangan Pembukuan Keuangan Sederhana pada Dewi Laundry (Doctoral dissertation, Universitas Internasional Batam).

Pratami, S., Yeni, Y., Lazuarni, S., & Putri, A. U. (2022). SOSIALISASI CARA PEMBUKUAN LAPORAN KEUANGAN SEDERHANA BAGI PELAKU UMKM PADA TOKO SEMBAKO DI DESA ALAI SELATAN KECAMATAN LEMBAK, KABUPATEN MUARA ENIM. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(3), 1280-1286.

Wati, B. L. A., & Utomo, R. B. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Laporan Keuangan Sederhana pada Kelompok Usaha Penyedia Jasa Laundry RW 01 Dusun Kronggahan Kelurahan Trihanggo Gamping Sleman. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 3(1), 57–62. https://doi.org/10.54082/jamsi.576

Downloads

Published

2023-04-04

How to Cite

Enda Nawarisa Karina Br Sitepu, & Rochmad Bayu Utomo. (2023). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Laporan Keuangan UMKM di Dusun Karanglo Kabupaten Bantul. NUSANTARA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 33–40. https://doi.org/10.55606/nusantara.v3i2.1032

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.