UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI SISWA KELAS X MENGGUNAKAN METODE TANYA JAWAB DI SMK KARYA GUNA 1 BEKASI

Authors

  • Yasmin Auliani Universitas Islam 45 Bekasi
  • Laela Apri Liani Universitas Islam 45 Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.55606/nusantara.v3i1.688

Keywords:

tanya jawab, hasil belajar, PAI

Abstract

Keberhasilan pembelajaran tidak terlepas dari penggunaan metode yang tepat. Metode pengajaran salah satu cara seorang guru menjelaskan materi yang diajarkan untuk mencapai tujuan pengajaran. Masalah dalam penelitian ini adalah belum optimalnya hasil proses belajar siswa. Hal ini didukung oleh hasil evaluasi siswa yang tidak memenuhi syarat minimum perolehan nilai (KKM) di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami implikasi metode tanya jawab terhadap hasil belajar siswa. Tanya jawab adalah metode pengajaran yang meminta siswa untuk menuliskan pertanyaan mereka dalam bentuk rencana pelajaran. Hal ini juga akan berdampak buruk pada motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Pengamatan sementara penulis masih banyak siswa yang kurang berperan aktif, tidak berinisiatif, serta kurangnya rasa percaya diri, yang menjadikan kenyataan ini menjadikan aktifitas pembelajaran hanya didominasi oleh guru. Penelitian ini dilakukan pada mata pelajaran PAI. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodologi observasional dengan Teknik pengumpulan data melalui pengamatan disertai dengan pencatatan-pencatatan hasil pengamatan objek sasaran. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode pengajaran tanya jawab dapat meningkatkan nilai siswa PAI kelas X SMK Karya Guna 1 Bekasi dan menguatkan hipotesis. Kesimpulan penelitian ini dapat menjadi panduan untuk memilih dan menggunakan strategi instruksional yang ditujukan untuk meningkatkan standar pendidikan.

 

 

References

Abdika, Y., Arham, M. A., & Sudirman, S. (2019a). Pengaruh Metode Tanya Jawab Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jambura Economic Education Journal, 1(2). https://doi.org/10.37479/jeej.v1i2.2522

Abdika, Y., Arham, M. A., & Sudirman, S. (2019b). Pengaruh Metode Tanya Jawab Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jambura Economic Education Journal, 1(2). https://doi.org/10.37479/jeej.v1i2.2522

Ahmad, M. Y., & Tambak, S. (2017). Hubungan Metode Tanya Jawab dengan Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 2(1), 89–110. https://doi.org/10.25299/althariqah.2017.vol2(1).650

Ahyat, N. (2017). Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. EDUSIANA: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 4(1), 24–31. https://doi.org/10.30957/edusiana.v4i1.5

Amaliah, R. R., Fadhil, abdul, & Narulita, S. (2014). Penerapan Metode Ceramah dan Diskusi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI di SMA Negeri 44 Jakarta. 10(2).

Azis, R. (2019). Hakikat dan Prinsip Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. 9.

Dudung, A. (2018). KOMPETENSI PROFESIONAL GURU. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan Pendidikan), 5(1), 9–19. https://doi.org/10.21009/JKKP.051.02

Hasibuan, N. (2013). Kriteria Pemilihan Metode Mengajar Dalam Kegiatan Pembelajaran. 12.

Huda, N., & Krempyang, M. D. (2020). PENERAPAN METODE TANYA JAWAB SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS X IPA 3 MA DARUSSALAM KREMPYANG TANJUNGANOM NGANJUK. 1.

Maya, R., & Maulida, A. (n.d.). IMPLEMENTASI METODE TANYA JAWAB DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI SISWA KELAS V DI SDIT AL-AZHAR JAGAKARSA JAKARTA SELATAN.

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). MINAT BELAJAR SEBAGAI DETERMINAN HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 128. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264

Primadoniati, A. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pendidi- kan Agama Islam. 9(1), 21.

Rasyid, M. R. (2008). Optimalisasi Peran Guru Dalam Proses Transformasi Pengetahuan Dengan Menggunakan Media Pembelajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 11(1), 55–68. https://doi.org/10.24252/lp.2008v11n1a5

Shiddiq, N. (n.d.). EFEKTIFITAS PENERAPAN METODE TANYA JAWAB TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.

Suluwetang, M. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Materi Ajar Makanan Dan Minuman Halal Dan Haram Melaui Metode Pembelajaran Ceramah Bervariasi (Tanya Jawab, Diskusi, Penugasan) Di Kelas VIII UPTD SMP Negeri Tembilahan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 6, 7.

Downloads

Published

2023-01-06

How to Cite

Yasmin Auliani, & Laela Apri Liani. (2023). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI SISWA KELAS X MENGGUNAKAN METODE TANYA JAWAB DI SMK KARYA GUNA 1 BEKASI. NUSANTARA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 15–25. https://doi.org/10.55606/nusantara.v3i1.688

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.