SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT PADA IKAN KOI MENGGUNAKAN METODE BACKWARD CHAINING

Authors

  • Risni Stefani Institut Teknologi Alberth Foenay Kupang

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurrih.v1i2.526

Keywords:

Penyakit Ikan Koi, Sistem Pakar, Backward Chaining

Abstract

Penyakit ikan Koi merupakan suatu kendala atau faktor resiko bagi para peternak ikan Koi yang menyebabkan kerugian ekonomis dan menurunnya produksi ikan Koi yang dipelihara. Untuk itu diperlukan suatu perangkat lunak untuk membantu para peternak ikan Koi dalam menangani penyakit pada ikan koi. Saat ini para peternak ikan koi masih berkendala dalam penanganan gejala penyakit yang dilakukan secara manual dengan bertanya jawab bersama pakar ikan. Untuk itu tujuan dari penelitian ini merancang aplikasi sistem pakar diagnosa penyakit pada ikan koi menggunakan metode backward chaining dalam menangani penyakit pada ikan koi.

Metode yang dibangun untuk penelitian ini menggunakan beberapa tahapan penelitian dengan melakukan pengumpulan data, proses desain, proses pengkodean dan proses pengujian sistem, proses perancangan aplikasi menggunakan, Visual Studio 2010.net.

Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah suatu aplikasi sistem pakar diagnosa penyakit ikan koi dengan menggunakan metode backward chaining yang dapat menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh para peternak ikan koi dan sekaligus membantu para pakar untuk memberikan hasil solusi yang lebih singkat dan tidak memakan waktu.

 

 

References

Fadhilah, A.N., Dini Destiani, dan Dhami Johar. Perancangan Aplikasi Sistem Pakar Penyakit Kulit Pada Anak Dengan Metode Expert System Development Life Cycle. Jurnal Algoritma, ISSN. 2302-7339, Vol. 09, No.

2012.

Firdaus, R. Pembenihan Ikan Koi Cyprinus carpio Di Kelompok Tani Sumber Harapan, Kabupaten Blitar, Provinsi Jawa Timur. Laporan Praktek Lapangan Akuakultur. 2010.

Handajani, H. dan S, Samsundari. Parasit dan Penyakit Ikan. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang Press.

hal. 2005.

Hartati, Sri dan Sari Iswanti. Sistem Pakar dan Pengembangannya. Graha Ilmu: Yogyakarta. 2008.

Helida, A., Dyah, R, dan N, Kariada. Identifikasi Ektoparasit Pada Ikan Koi (Cyprinus carpio L) Di Pasar Ikan Hias Jurnatan Semarang. Unnes Journal of Life Science. 2013.

Hendriana, S dan Agus, R. Kiat Budidaya Ikan Mas Dilahan Kritis. Penebar Swadaya. Jakarta. 2010. Juanda. Solusi Tepat Bagi Penderita Torch. PT Wangsa Jatra Lestari. Solo. 2009.

Kendall, K.E., dan J.E. Kendall, Analisis dan Perancangan Sistem, Alih Bahasa oleh Thamir Abdul Hafedh AI -

Hamdany, Jilid Ke-1, Edisi Ke-5, PT. Prenhallindo, Jakarta. 2010

Kordi K dan Ghufron H. Penanggulangan Hama Penyakit Ikan. PT. Rineka Cipta dan PT. Bima Adiaksara.

Jakarta. 2004.

Kusumadewi, Sri Artificial Intellegence Teknik dan Aplikasinya. Graha Ilmu. Yogyakarta. 2003.

Maemunah, Nanan Rohman. Sistem Pakar Untuk Pegendalian Penyakit Ikan Mas. Jurnal Computech & Bisnis, Vol. 3, No. 2. ISSN 1978-9629. 2009.

Maradesa, Edar. Penerapan Metode Backward Chaining untuk Diagnosa Penyakit Katarak. Universitas Negeri Gorontalo. Gorontalo. 2012.

Minarni dan Rahmat Hidayat. Rancang Bangun Aplikasi Sistem Pakar untuk Kerusakan Komputer dengan Metode Backward Chaining. Institut Teknologi Padang: Padang. 2013.

Prasetya, N., Sri Subekti dan Kismiyati. Prevalensi Ektoparasit Yang Menyerang Benih Ikan Koi (Cyprinus carpio) Di Bursa Ikan Hias Surabaya. Jurnal Ilmiah Perikanan dan Kelautan Vol. 5 No. 1. 2013.

Pressman, Roger S. Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi, Buku Satu, Andi Offset, Yogyakarta. 2002. Ramadhan, Mukhlis. Sistem Pakar dalam Mengidentifikasi Penyakit Kanker pada Anak Sejak Dini dan Cara

Penanggulangannya. STMK Triguna Dharma. Medan. 2011.

Rusmawan, U. Koleksi Program VB.Net Untuk Tugas Akhir Dan Skripsi- Edisi Revisi. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, Jakarta. (2013).

Sadeli, M. Pemrograman Database Dengan Visual Basic 2010 untuk orang awam. Palembang: Maxikom. (2012).

Suwarsito dan Hindayati Mustafidah. Diagnosa Penyakit Ikan Menggunakan Sistem Pakar. JUITA ISSN : 2086- 9398 Vol. I Nomor 4. 2011.

Supran, Kusrini. Sistem Pakar Teori dan Aplikasi. Andi offset. Yogyakarta. 2006.

Turban, E., Aronson, J.E., and Liang, T.P. Decision support systems and intelligent systems, 7th ed., New Jersey: Pearson, Prentice Hall. 2005.

Yeni, M., Eri , B, dan M, Untung Kurnia, A. Peranan Senyawa Metabolit Sekunder Tumbuhan Mangrove Terhadap Infeksi Bakteri Aeromonas Hydrophita Pada Ikan Mas (Cyprinus carpio L). Jurnal Akuatika Vol. IV No. 1. 2013.

Downloads

Published

2022-10-29

How to Cite

Risni Stefani. (2022). SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT PADA IKAN KOI MENGGUNAKAN METODE BACKWARD CHAINING. JURNAL RISET RUMPUN ILMU HEWANI, 1(2), 16–30. https://doi.org/10.55606/jurrih.v1i2.526

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.