PERSEPSI POSITIF PESERTA DIDIK TERHADAP GURU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN PAI FITK UNSIQ DI SMK DARUNNAJAH BANJARNEGARA

Authors

  • Salis Irvan Fuadi Universitas Sains Al-Qur’an, Wonosobo, Indonesia
  • Feri Tulistiyono SMK Darunnajah Banjarnegara

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurrafi.v1i2.350

Keywords:

Persepsi, Pembelajaran, Personal Sosial, Guru PPL PAI

Abstract

Kualitas pendidikan yang baik dipengaruhi salah satunya standar pendidik dan tenaga kependidikan. Kualitas tenaga pendidik mempunyai peranan yang cukup penting dalam peningkatan kualitas pembelajaran, karena tenaga pendidiklah yang berhadapan langsung dengan peserta didik, mengelola kelas, membimbing siswa dan memberikan ilmu pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi positif peserta didik terhadap guru praktik pengalaman lapangan PAI FITK UNSIQ di SMK Darunnajah Banjarnegara. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa PPL PAI FITK UNSIQ tahun 2022. Metode peneliatian dengan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara . Hasil penelitian ini adalah 1). Dalam proses pembelajaran dikelas atau saat praktik mengajar, Guru PPL secara keseluruhan sudah sangat baik. Hal ini mencakup sikap, membuka dan menutup pembelajaran serta penguasaan materi yang cukup bagus. 2) Dalam Personal Sosial yang meliputi Kepemimpinan, Tanggungjawab, Sosialisasi, Kedisipilinan dan Kerapian Guru PPL PAI FITK sudah mendapat respon dan pengamatan yang baik dari peserta didik.

 

 

References

David, H. “Penelitian Tidakan Kelas”. Jakarta: Pustaka Pelajar. (2011).

Dewi, M. J, Jailani. “Pengembangan Model Asesmen Pembelajaran Matematika SMA Berdasarkan Kurikulum 2013”. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika. 12 (2), (2017): 135-148. https://doi.org/10.21831/pg.v12i2.17586

Firdausi Arif dan Barnawi. Profil Guru SMK Profesional. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA.( 2012)

Gerakan Literasi Nasional. “Panduan Gerakan Literasi Nasional”. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017).

Khori Hayyima. Jitu dan Mudah Lulus Sertifikasi. Jogyakarta: Bening. (2010)

Miles, B Matthe dan Huberman, A Michael. Analisis Data Kualitatif. Terjemahan Teecep Rohendi. Jakarta: UI Press.(1992)

Mulyasa. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. (2017).

Mulyatun. Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Calon Guru. Jurnal PHENOMENON (Volume 4 Nomor 1). Hlm. 81 dan 82.(2014)

Murni, Wahid, dkk. Keterampilan Dasar Mengajar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. (2010)

Musfah Jejen. 2011. Peningkatan kompetensi guru. Jakarta: Kencana

Sargas GLS Ditjen Dikdasmen. “Strategi Literasi Dalam Pembelajaran Di Sekolah Menegah Pertama”. Jakarta: Kemendikbud. (2018).

Syaiful, R., Wahid, M & E.T, Berman. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Website Pada Proses Pembelajaran Produktif Di SMK”. Journal of Mechanical Engineering Education. 1 (1), (2014): 137-145. https://doi.org/10.17509/jmee.v1i1.3746

Tim Penyusun . Pedoman Praktik Pengalaman Lapangan. Wonosobo: FITK UNSIQ. (2022)

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai pustaka. Ed 5, Get. 2, Hal. 23, 1098 dan 1447. (2008)

Usman, Uzer. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. (2006)

Wahyudi Imam. Mengejar Profesionalisme Guru. Jakarta: Prestasi Pustakaraya. (2013)

Widiyastutik, Dwi. “Persepsi Guru Dan Siswa Tentang Profil Mahasiswa PPL(Praktik Pengalaman Lapangan)”Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi. 1 (2), (2013):49-57.

Yusuf, A.M. “Asesmen Dan Evaluasi Pendidikan, Pilar Penyedia Informasi Dan Kegiatan Pengendalian Mutu Pendidikan”. Jakarta: Kencana. (2015)

Zainal Asril. Micro Teaching.Jakarta: Rajawali Pers. (2010)

Downloads

Published

2022-09-25

How to Cite

Fuadi, S. I. ., & Feri Tulistiyono. (2022). PERSEPSI POSITIF PESERTA DIDIK TERHADAP GURU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN PAI FITK UNSIQ DI SMK DARUNNAJAH BANJARNEGARA. Jurnal Riset Rumpun Agama Dan Filsafat, 1(2), 08–16. https://doi.org/10.55606/jurrafi.v1i2.350

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.