ETIKA BERINTERAKSI MENURUT PANDANGAN ISLAM

Authors

  • Shohibul Hidayah Universitas Islam 45 Bekasi
  • Rahmat Fadillah Universitas Islam 45 Bekasi
  • Shidiq Abdul Basith Universitas Islam 45 Bekasi
  • Yusuf Surya Fadillah Universitas Islam 45 Bekasi
  • Komarudin Komarudin Universitas Islam 45 Bekasi
  • Yayat Suharyat Universitas Islam 45 Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurrafi.v1i2.492

Keywords:

Etika berinteraksi, Pandangan Islam

Abstract

Dalam berkomunikasi diperlukan adanya interaksi. Interaksi merupakan sebuah bentuk timbal balik antar makhluk sosial untuk mengetahui pesan yang disampaikan. Berinteraksi tidak hanya saling berbicara saja melainkan bagaimana bisa menerapkannya dikehidupan sehari-hari. Didalam islam, setiap perilaku atau perbuatan harus berlandaskan dengan tauhid, sehingga akan tercipta suatu hubungan interaksi sosial yang baik dan bermoral sesuai dengan ajaran-ajaran islam. Interaksi bukan berarti dapat dilakukan dalam menyampaikan perkataan saja, tapi bagaimana bisa kita terapkan dalam kehidupan. Interaksi tidak akan terjadi apabila tanpa adanya pemicu atau sebab terjadinya interaksi sosial itu sendiri. Dalam berinteraksi tidak ada batasan baik itu suku, ras, agama, dan lain sebagainya. Karena pada dasarnya semua akan saling bernteraksi dan saling membutuhkan. Terlebih lagi berinteraksi bisa dengan menggunakan media sosial, tergantung bagaimana cara kita bisa memanfaatkan media sosial itu dengan sabaik-baiknya. Media sosial bisa menjadi bermanfaat apabila dipergunakan dengan baik dan tetap memperhatikan aturan-aturan yang ada sesuai dengan ajaran islam, namun media sosial juga bisa menjadi penghancur apabila tidak dipergunakan dengan sebaik-baiknya. Media sosial bisa kita gunakan untuk berinteraksi dari jarak jauh seperti menghubugi kerabat yang ada di kampung atau berinteraksi dengan orang-orang baru untuk menambah koneksi dan lain sebagainya.

 

References

Andi Zuchairiny. (2008). HUMAN RELATION DALAM PERSPEKTIF ISLAM. 5(2).

Faridah. (2019). KOMUNIKASI DALAM INTERAKSI SOSIAL (Analisis Etika Komunikasi Dalam Perspektif Islam). In Jurnal Retorika (Vol. 1).

Sahputra Napitupulu, D. (2019). PROSES PEMBELAJARAN MELALUI INTERAKSI EDUKATIF DALAM PENDIDIKAN ISLAM. 8(1).

Samsu. (2015). INTERAKSI SOSIAL MUSLIM KEPADA NONMUSLIM. 8.

Majlis Ulama’ Indonesia (2017). Fatwa MUI no 24 tahun 2017 tentang hukum dan pedoman berinteraksi melalui media social. Jakarta: Komisi Fatwa MUI.

Triastuti, Endah dkk (2017). Kajian Dampak Penggunaan Media Sosial Bagi Anak Dan Remaja. Depok: PUSKAKOM FISIP UI.

Halen Dwistia, Syaifuddin Latif, Ratna Widiastuti, “Hubungan Interaksi Sosial Peserta Didik dengan Prestasi Belajar”, dalam Jurnal Pendidikan FKIP Lampung, 2015, Vol. 4, No. 1, Tahun 2015.

Inah, Ety Nur. “Peran Komunikasi dalam Interaksi Guru dan Siswa”, dalam Jurnal Al-Ta’dib, Vol. 8, No. 2, Tahun 2015.

Dr.H.M Tata Taufik . ( 2012 ) . ETIKA KOMUNIKASI ISLAM . Bandung . Pustaka setia

Rachmat Kriantono.ph.D . PENGANTAR LENGKAP ILMU KOMUNIKASI FILSAFAT DAN ETEKA ILMUNYA SERTA PERFEKTIF ISLAM . ( 2019 ) . Prenadema Group.

Dr.Elvarino Avinaro Ardianto . M.SI , Dra.Lukiati Komala .M.S,Dr.Siti Karlinah.M.SI . ( 2007 ) . Bandung . Refika Offset .

Asrul Muslim . ( 2013 ) . Vol . 1 . No. 3,INTERASI SOSIAL DALAM MASYARAKAT MULTIENTNIS . Makassar

Masduki .( 2014 ) . Vol.6.No,1 FILOSOFI INTERAKSI SOSIAL LINTAS AGAMA : WAWASAN ISLAM . Riau

Muslimah .( 2019 ) . Vol.13.No.2. ETIKA KOMUNIKASI DALAM PERSFEKTIF ISLAM . Kuala Tungkal

Muh.Syawir Dahlan .( 2014 ) .Vol.15.No.1. ETIKA KOMUNIKATIF DALAM AL – QUR’AN HADIST . Bone.

Downloads

Published

2022-11-03

How to Cite

Shohibul Hidayah, Rahmat Fadillah, Shidiq Abdul Basith, Yusuf Surya Fadillah, Komarudin, K., & Yayat Suharyat. (2022). ETIKA BERINTERAKSI MENURUT PANDANGAN ISLAM . Jurnal Riset Rumpun Agama Dan Filsafat, 1(2), 83–94. https://doi.org/10.55606/jurrafi.v1i2.492

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)