TANTANGAN PENDIDIKAN ISLAM PADA ZONA COVID 19 DI INDONESIA

THE CHALLENGES OF ISLAMIC EDUCATION IN THE COVID-19 ZONE IN INDONESIA

Authors

  • Nurmila Nurmila Universitas Negeri Makassar
  • Muhammadong Muhammadong Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.55606/jurrafi.v1i1.158

Keywords:

Tantangan, Pendidikan Islam, Covid

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengindetifikasi dan menganalisis yang berkaitan dengan bagaimana tantangan pendidikan Islam di Masa Covid 19 di Indonesia pada umumnya dengan permasalahan apa tantangan pendidikan Isam di Masa Covid 19 dan bagaimana solusinya. Data diperoleh melalui studi kepustakaan kemudian di analisis berdasarkan fakta aktual yang terjadi di wilayah Indonesia p bahwa ada tiga hal yang menjadi tantangan pendidikan Islam pada masa Covid 19, yaitu kemajuan teknologi, dekadensi moral, dan kejenuhan dalam mengikuti pembelajaran. Pendidikan Agama Islam bertujuan untuk membentuk dan membina pribadi peserta didik  yang sesuai dengan nilai-nilai ajaran agama Islam. Seiring dengan tujuan tersebut maka dalam praktiknya pembelajaran Pendidikan Islam menekankan pada transmisi nilai dan moralitas agama ke dalam perilaku dan tindakan peserta didik. Bukan hanya menyampaikan pengetahuan agama Islam tetapi juga menumbuhkan perilaku pada peserta didik yang didasari nilai-nilai agama Islam. Namun dengan  adanya  pandemi  virus  Covid-19  pembelajaran  tatap  muka  di sekolah tidak dapat dilaksanakan. Kebijakan pemerintah mengharuskan pembelajaran dilakukan secara daring. Pembelajaran daring menimbulkan kendala  dalam   penekanan   dan   pembiasaan   nilai-nilai   ajaran Islam kedalam perilaku peserta didik.

 

References

Arif, Syamsudin. 2008, Orientalis dan Diabolisme Pemikiran. Jakarta: Gema Insani Press.

Arsyad,Azhar, 2017, Media Pembelajaran, Jakarta, Rajawali Press.

An-Nahlawi, Abdurraman, 1996, Pendidikan Islam di rumah, sekolah dan masyarakat, Bandung: Gema Insani Press.

Abdurrahman, Hafidz. 2007, Diskursus Islam Politik dan Spiritual. Bogor: Al Azhar Press.

Baiquni, Ahman, Al-Qur’an,1995, Ilmu pengetahuan dan Teknologi,Yokyakarta, Dana Bakti

Budiono,2005. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Surabaya: Karya Agung

Gauhar, Altar, 1995, Tantang Islam, B andung : Pustaka.

Kementrian Pendidikan dan Budaya,2020, Pembelajaran Daring, Jakarta

Kurnia, Rahmat, Muhammad, 2005, Menjadi Pembela Islam, Bogor: Al Azhar Press,

Mukarromah , O. ( (Juli-Desember) 2016 ). Peran Teknologi pendidikan Islam pada Era global . An-Nidhom (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam) Volume 1 No. 2, 91-104. A.

Nasr, Hossein, Sayyed, 1992, Sistem Syariat Islam, Mesir, Universitas Al-Azhar.

Noor, Farish, 2006, Islam Progresif: Peluang, Tantangan, dan Masa Depannya di Asia Tenggara, Yogjakarta: SAMHA

Rahman, Fazlur,2016, Konpep Pendidikan Islam,Jakarta, Samudra Biru.

Santika, Eka, I Wayang,2020, Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Daring,

Shihab, Quraisy,M, 1998,Membumikan Al-Qur’an Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat, Bandung, MIzan.

Susanti, Dewi, Relevankah Sekolah Menengah?, Kompas, edisi Kamis, 21 Agustus 2008.

Syuhud, A. Fatih, Tantangan Pendidikan Islam di Era Globalisasi,

Zainal A.1999, Islam Aqidah dan Syariah Jakarta: Raja Grafindo Persada

Kementrian pendidikan dan kebudayaan. Surat edaran sekretaris jendral no. 15

Abdurrahman An-Nahlawi (1986) Pendidikan Islam di rumah, sekolah dan masyarakat, Bandung: Gema Insani Press

Prof. Dr. Made Pidarta (1981). Landasan Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

DR. Ahmad Tafsir (2004). Metodologi Pengajaran Agama Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya

DR.M.I.Soelaeman. (1994).Pendidikan dalam Keluarga. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2022-07-12

How to Cite

Nurmila Nurmila, & Muhammadong Muhammadong. (2022). TANTANGAN PENDIDIKAN ISLAM PADA ZONA COVID 19 DI INDONESIA : THE CHALLENGES OF ISLAMIC EDUCATION IN THE COVID-19 ZONE IN INDONESIA. Jurnal Riset Rumpun Agama Dan Filsafat, 1(1), 57–72. https://doi.org/10.55606/jurrafi.v1i1.158

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.