TANTANGAN PENDIDIKAN ISLAM PADA ZONA COVID 19 DI INDONESIA
THE CHALLENGES OF ISLAMIC EDUCATION IN THE COVID-19 ZONE IN INDONESIA
DOI:
https://doi.org/10.55606/jurrafi.v1i1.158Keywords:
Tantangan, Pendidikan Islam, CovidAbstract
Studi ini bertujuan untuk mengindetifikasi dan menganalisis yang berkaitan dengan bagaimana tantangan pendidikan Islam di Masa Covid 19 di Indonesia pada umumnya dengan permasalahan apa tantangan pendidikan Isam di Masa Covid 19 dan bagaimana solusinya. Data diperoleh melalui studi kepustakaan kemudian di analisis berdasarkan fakta aktual yang terjadi di wilayah Indonesia p bahwa ada tiga hal yang menjadi tantangan pendidikan Islam pada masa Covid 19, yaitu kemajuan teknologi, dekadensi moral, dan kejenuhan dalam mengikuti pembelajaran. Pendidikan Agama Islam bertujuan untuk membentuk dan membina pribadi peserta didik yang sesuai dengan nilai-nilai ajaran agama Islam. Seiring dengan tujuan tersebut maka dalam praktiknya pembelajaran Pendidikan Islam menekankan pada transmisi nilai dan moralitas agama ke dalam perilaku dan tindakan peserta didik. Bukan hanya menyampaikan pengetahuan agama Islam tetapi juga menumbuhkan perilaku pada peserta didik yang didasari nilai-nilai agama Islam. Namun dengan adanya pandemi virus Covid-19 pembelajaran tatap muka di sekolah tidak dapat dilaksanakan. Kebijakan pemerintah mengharuskan pembelajaran dilakukan secara daring. Pembelajaran daring menimbulkan kendala dalam penekanan dan pembiasaan nilai-nilai ajaran Islam kedalam perilaku peserta didik.
References
Arif, Syamsudin. 2008, Orientalis dan Diabolisme Pemikiran. Jakarta: Gema Insani Press.
Arsyad,Azhar, 2017, Media Pembelajaran, Jakarta, Rajawali Press.
An-Nahlawi, Abdurraman, 1996, Pendidikan Islam di rumah, sekolah dan masyarakat, Bandung: Gema Insani Press.
Abdurrahman, Hafidz. 2007, Diskursus Islam Politik dan Spiritual. Bogor: Al Azhar Press.
Baiquni, Ahman, Al-Qur’an,1995, Ilmu pengetahuan dan Teknologi,Yokyakarta, Dana Bakti
Budiono,2005. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Surabaya: Karya Agung
Gauhar, Altar, 1995, Tantang Islam, B andung : Pustaka.
Kementrian Pendidikan dan Budaya,2020, Pembelajaran Daring, Jakarta
Kurnia, Rahmat, Muhammad, 2005, Menjadi Pembela Islam, Bogor: Al Azhar Press,
Mukarromah , O. ( (Juli-Desember) 2016 ). Peran Teknologi pendidikan Islam pada Era global . An-Nidhom (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam) Volume 1 No. 2, 91-104. A.
Nasr, Hossein, Sayyed, 1992, Sistem Syariat Islam, Mesir, Universitas Al-Azhar.
Noor, Farish, 2006, Islam Progresif: Peluang, Tantangan, dan Masa Depannya di Asia Tenggara, Yogjakarta: SAMHA
Rahman, Fazlur,2016, Konpep Pendidikan Islam,Jakarta, Samudra Biru.
Santika, Eka, I Wayang,2020, Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Daring,
Shihab, Quraisy,M, 1998,Membumikan Al-Qur’an Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat, Bandung, MIzan.
Susanti, Dewi, Relevankah Sekolah Menengah?, Kompas, edisi Kamis, 21 Agustus 2008.
Syuhud, A. Fatih, Tantangan Pendidikan Islam di Era Globalisasi,
Zainal A.1999, Islam Aqidah dan Syariah Jakarta: Raja Grafindo Persada
Kementrian pendidikan dan kebudayaan. Surat edaran sekretaris jendral no. 15
Abdurrahman An-Nahlawi (1986) Pendidikan Islam di rumah, sekolah dan masyarakat, Bandung: Gema Insani Press
Prof. Dr. Made Pidarta (1981). Landasan Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
DR. Ahmad Tafsir (2004). Metodologi Pengajaran Agama Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya
DR.M.I.Soelaeman. (1994).Pendidikan dalam Keluarga. Bandung: Alfabeta.