EVALUASI PENGENDALIAN LINTAS SEKTOR TERHADAP KUALITAS PRODUK AIR DEPOT ISI ULANG (Studi Kasus Depo Isi Ulang di Kabupaten Sumbawa)

Authors

  • Lily Mutmainnah Universitas Teknologi Sumbawa
  • Ahmad Yani Universitas Teknologi Sumbawa
  • Ryan Suarantalla Universitas Teknologi Sumbawa

DOI:

https://doi.org/10.55606/cemerlang.v3i1.704

Keywords:

DAMIU, evaluasi, pengendalian lintas sektor.

Abstract

Depot Air Minum Isi Ulang (DAMIU) hadir sebagai solusi praktis dan ekonomis untuk memenuhi kebutuhan air minum. Peran pengawasan kebijakan lintas sektor menjadi pintu utama bagi pemerintah dalam melindungi konsumen depot air minum. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan evaluasi pengendalian lintas sektoral dan mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat evaluasi pengendalian lintas sektoral dalam menjaga kualitas produk air depot isi ulang. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena apa yang dialami oleh subjek penelitian secara holistik. Hasil penelitian evaluasi yang dilakukan menunjukkan bahwa pengawasan yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan dan lintas sektor terkait depot air minum di Kabupaten Sumbawa sudah dilaksanakan namun belum optimal. Hal ini dipengaruhi oleh terbatasnya kendala dalam melakukan pengawasan, kurangnya ketersediaan data terkini dan kurangnya kesadaran pelaku usaha DAMIU dalam mematuhi ketentuan mengenai baku mutu air minum yang ditetapkan pemerintah. Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa sebagai otoritas bersama lintas sektor terkait diharapkan terus melakukan pengawasan untuk memberikan perhatian khusus terhadap sanitasi dan kualitas produk air minum isi ulang serta mendata kembali jumlah DAMIU di Kabupaten Sumbawa karena masih banyak DAMIU yang belum mengantongi izin atau melakukan pengujian produk air isi ulang (sertifikasi) secara berkala.

References

Yamit, Z. (2003). Manajemen Produksi dan Operasi, Edisi Pertama, Penerbit Ekonisia, Kampus Fakultas Ekonomi UII, Yogyakarta.

Assauri, S. (1993). Manajemen Produksi dan Operasi, Edisi Empat, LPFE UI, Jakarta.

Permenkes RI. (2010) Persyaratan Kualitas Air Minum, Nomor 492/Menkes/Per/IV, diakses dari http://mapurna.id/files/SK_Permenkes_492_ 2010.

Nurus, Z. (2020). Politik Hukum dalam Negara Kesatuan: Upaya Menciptakan Harmonisasi Pembangunan Hukum. Jakarta: Literasi Nusantara.

Draha. (2000). Ilmu Pemerintahan Jilid I , Institut Ilmu Pemerintahan. UGM.

Keman, S. (2005). Quality Of Refilled Drinking Water in Surabaya, Folia Medica Indonesiana, Vol.41, No.1, Diakses pada 29 Mei 2020 http://journal.unair.ac.id/filerPDF/SoeajadiE.pdf.

Permenkes RI. (2014). Higiene Sanitasi Depot Air Minum, Nomor 43 Qadri, ZME 1995, Pengantar Statistik Terapan untuk Ekonomi Edisi Dua (2), BPFE UII, Yogyakarta.

Widiyanti, NLPM, & Ristiati, NP. (2004). Analisis Kualitatif Bakteri Koliform pada Depo Air Minum Isi Ulang di Kota Singaraja Bali, Jurnal Ekologi Kesehatan, v3i1.

Siagian.P. Sondang. (2013). Manajemen Sumber Daya Manuasia. Jakarta: Bumi Aksara. Jakarta

Efendi, S, Pratiknyo, D, & Sugiono, E. (2019). Manajemen Operasional, Lembaga Penerbit Universitas UNAS, Universitas Nasional Jakarta.

Program Pascasarjana Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (PPSFE UII). (2017). Pedoman Penulisan Tesis 2017. Yogyakarta, PPSFE UII.

Bungin, B. (2003). Analisis Data Penelitian Kualitatif. “Pemahaman. Filosofis dan Metodologis ke Arah Penguasaan Model Aplikasi”. Jakarta

Downloads

Published

2023-01-07

How to Cite

Lily Mutmainnah, Ahmad Yani, & Ryan Suarantalla. (2023). EVALUASI PENGENDALIAN LINTAS SEKTOR TERHADAP KUALITAS PRODUK AIR DEPOT ISI ULANG (Studi Kasus Depo Isi Ulang di Kabupaten Sumbawa). CEMERLANG : Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Bisnis, 3(1), 99–107. https://doi.org/10.55606/cemerlang.v3i1.704

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.